Cara Memunculkan Pop-Up Pemberitahuan “New Windows Updates Available” di Taskbar Windows 8

1
1061

Bagi pengguna Windows 7 sering mendapati pemberitahuan bahwa update baru telah tersedia untuk di download. Pemberitahuan ini sedikit banyak menghemat waktu kita karena kita tidak perlu memeriksa secara manual apakah telah ada update yang tersedia atau belum.

Sayangnya fitur ini sudah dihapus dari Windows 8. Memang Microsoft sengaja menghilangkan fitur ini karena umpan balik dari pengguna juga. Bagi pengguna ini pemberitahuan Windows update cukup menganggu dan kadang mengagetkan. Saat asyik melakukan tugas-tugas penting penuh konsentrasi atau sekedar bersenang-senang main game dan menonton film pemberitahuan ini muncul, jadi menjengkelkan. Tapi setelah fitur ini dihapus rupanya kita merindukannya. Adakah cara mengembalikannya?

Meskipun Microsoft tidak menyediakan solusi untuk hal ini untung masih ada pengembang pihak ketiga bisa mengatasi masalah ini.

Ada dua tool sampai saat ini bisa kita gunakan untuk mengembalikan fitur nofikasi Windows Update untuk memunculkan pop-up pemberitahuan “New Windows Updates Available”:

  1. Windows Update Notification Tool, program kecil dan gratis untuk mengembalikan fungsi notikasi Windows update yang hilang di Windows 8. Tersedia versi installer dan portable.
  2. Windows (8) Update Notifier, tool ini juga berukuran kecil, gratis, dan portabel. Tentu kamu tidak mau pusing menjalankan tool ini secara manual setiap saat karena ini jelas merepotkan. Jangan khawatir, jika kamu mau tool ini dijalankan secara otomatis maka tambahkan ke daftar Windows Startup. Ketik shell:startup pada RUN kemudian tekan Enter. Akan terbuka folder Startup yang berisi shortcut program yang diatur otomatis berjalan saat Windows dijalankan. Buat sebuah shortcut untuk WindowsUpdateNotifier.exe dan paste ke dalam folder Startup tadi. Itu saja. Sekarang program tersebut akan berjalan otomatis saat Windows dimulai.

    Tool ini akan memberitahu Anda bila update terbaru tersedia dengan tampilan seperti gambar di atas. Kedua tool ini dapat dijalankan pada versi 32bit dan 64bit.

Itu saja.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY