Cara Disable Javascript di Firefox 23 dan versi di atasnya

6
1710

Browser Firefox 23 dan di atasnya tidak lagi menyertakan pilihan untuk men-disable (menonaktifkan) JavaScript seperti versi-versi sebelumnya. Enable dan Disable Javascript Firefox versi-versi sebelumnya dapat dilakukan dengan mudah dengan cara mencentang pilihan tersebut, namun versi 23 Mozilla menghapus menu pilihan tersebut. Mozilla meng-klaim bahwa website modern hampir tidak berfungsi sama sekali tanpa JavaScript, oleh karena itu orang mungkin tidak akan menggunakan menu enable/disable JavaScript tadi. Klaim Mozilla tentang JavaScript memang benar. Namun saya rasa masih banyak pengguna yang membutuhkan menu tersebut. Untungnya, meskipun menu tersebut hilang dari antarmuka (interface) Mozilla Firefox namun pengaturan JavaScript masih ada dalam “jeroan” Mozilla Firefox.

Bagaimana cara menonaktifkan/mendisable javascript di Firefox 23 ke atas?

Bila karena satu dan lain hal Anda ingin menonaktifkan javascript maka ada baiknya mengetahui caranya. Cara mematikan fitur Javascript pada Firefox adalah sebagai berikut:

  1. Ketik “about:config” (tanpa tanda petik) di address bar, kemudian tekan Enter. Selanjutnya klik I’ll be careful, I promise!
  2. Akan tampil semua daftar setting-an (preference) Firefox. Pada kolom pencarian ketik “javascript” tanpa tanda petik, akan langsung tampil pengaturan-pengaturan javascript. Temukan javascript.enabled, atau Anda dapat juga langsung mengetikkan javascript.enabled. Perhatikan value-nya, Anda akan melihat “true”, artinya JavaScript aktif. Klik dua kali javascript.enabled untuk mengubah nilainya menjadi “false” yang berarti javascript dinonaktifkan (disable).
    javascript-enable-firefox-23

Fitur Enable – Disable JavaScript pada Firefox versi dibawahnya dapat ditmukan pada menu Options > Content.
enable-javascript-firefoxSemoga bermanfaat.

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY