Rilis Android 7.0 Nougat: Hadirkan 250 Fitur Utama

0
976

Android 7 NougatHari ini Android 7.0 Nougat resmi diluncurkan. Siapa yang beruntung mendapat update pertama? Tidak lain dan tidak bukan, perangkat yang beruntung mendapatkannya pertama adalah Nexus.

Permulaannya pada bulan Maret ketika Google mengundang para pengembang untuk menguji Android N pada platform baru. Akhirnya pada bulan Agustus tahun ini Android Nougat pun dirilis. Tidak hanya pengembang, perusahaan juga meminta masukan dari penggemar tentang ide-ide besar yang akan diterapkan pada OS terbaru ini.

Android Nougat mencerminkan masukan dari ribuan penggemar dan pengembang di seluruh dunia. Hasilnya, ada 250 fitur baru yang utama dalam Android Nougat. Namun kami hanya akan menyebut beberapa fitur yang paling menarik dan menggairahkan berdasarkan blog resmi Android.

Jadi, inilah beberapa fitur baru Android 7.0 Nougat.

Lebih Pribadi

Android Nougat menyediakan lebih banyak cara untuk menyesuaikan telepon Anda agar sesuai dengan kepribadian Anda. Tentang ini Android telah memulainya sejak awal (widget Homescreen, dll.). Dengan Android Nougat Anda akan memiliki lebih banyak cara membuat ponsel sesuai keinginan Anda sendiri, termasuk:

  • Emoji semakin banyak: Sekarang ada lebih dari 1.500 emoji termasuk 72 yang baru. Apakah ni belum cukup untuk Anda berekspresi?
  • Kontrol Pengaturan Cepat (Quick Setting): Pengaturan Cepat menyediakan akses mudah ke hal-hal seperti Bluetooth, WiFi, dan hal penting lainnya. Dengan Android Nougat Anda benar-benar dapat mengontrol ubin apa akan kemana dan memindahkannya sesuai keinginan Anda.
  • Dukungan Multi Lokal: Maksudnya bahwa aplikasi dapat menyesuaikan konten mereka berdasarkan pengaturan lokal Anda. Jadi jika Anda berbica beberapa bahasa, misalnya, maka mesin pencari dapat menunjukkan hasil dalam setiap bahasa.

Lebih Produktif

Apakah Anda rutin menanggapi email atau membuat rencana dengan teman-teman, Android Nougat membantu Anda multitask dengan mudah dengan fitur baru seperti multi-window, balasan langsung (Quick replay), dan beralih cepat (Quick Switch).

  • Multi-window: Jalankan dua aplikasi bersebelahan, side-by-side. Jendela resizable, hanya dengan menyeret pemisah.
  • Quick Reply: Balas langsung ke pemberitahuan tanpa harus membuka aplikasi apapun.
  • Beralih Cepat: Beralih di antara dua aplikasi yang terakhir digunakan dengan hanya dua kali menekan tombol ikhtisar (Overview).

Baterai Lebih Cerdas

Dimulai dengan rilis Android Marshmallow tahun lalu, baterai sudah dibuat lebih cerdas. Dan kini Google membuat fitur Doze bahkan Dozier dengan Android Nougat. Perangkat Anda sekarang bisa masuk ke dalam mode penggunaan daya yang rendah ketika berada di dalam saku atau tas saat bepergian. Seperti fitur Sleep atau Hibernate pada laptop Anda.

Lebih Immersive

Android Nougat dirancang lebih immersive-termasuk dukungan untuk VulkanTM (lanjutan render 3D API) dan Daydream (platform Google untuk virtual reality mobile).

  • VulkanTM: Permainan sekarang lebih hidup berkat grafis berkecepatan tinggi, grafis generasi selanjutnya – semua didukung oleh prosesor multi-core perangkat Anda.
  • Daydream: Android Nougat siap untuk mengangkut Anda ke dunia maya dengan ponsel Daydream-ready, headset dan pengendali – semua hadir akhir tahun ini.

Lebih aman

Seperti biasa, Android membangun keamanan dan enkripsi yang kuat dan berlapis untuk menjaga data pribadi Anda. Untuk perangkat baru datang musim gugur ini, perusahaan juga telah menambahkan fitur baru seperti update Seamless, enkripsi berbasis file dan dan Direct Boot.

  • Seamless update: perangkat Android baru dengan Nougat dapat menginstal pembaruan perangkat lunak di latar belakang yang berarti Anda tidak perlu menunggu saat perangkat Anda menginstal update dan mengoptimalkan semua aplikasi Anda untuk versi baru. Dan untuk pengguna Nexus saat ini, pembaruan perangkat lunak sekarang menginstal lebih cepat, sehingga Anda tidak harus menunggu sementara perangkat Anda reboot.
  • File-based encryption: Android Nougat dapat lebih mengisolasi dan melindungi file untuk pengguna individu pada perangkat Anda.
  • Direct Boot: Langsung Boot membantu startup perangkat Anda lebih cepat, dan aplikasi berjalan aman bahkan sebelum Anda membuka kunci perangkat bila perangkat Anda reboot.

Itulah beberapa fitur utama yang hadir pada Android 7.0 Nougat.

Perangkat yang Mendapat Update Android 7.0 Nougat

Apakah Anda berharap perangkat Anda mendapat update Android Nougat? Hari ini dan beberapa minggu ke depan, Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C dan General Mobile 4G (Android One) akan mendapatkan update OTA (over the air) Android 7.0 Nougat. Perangkat yang terdaftar dalam Android Beta Program juga akan menerima versi final ini.

LEAVE A REPLY