Antivirus Apa yang Kompatibel dengan Windows 8.1?

Antivirus apa yang cocok/kompatibel dengan Windows 8.1? Ini tentu pertanyaan yang relevan jika anda mulai menggunakan Windows 8.1. Seperti awal kemunculan Windows 8 tidak ada antivirus favorit saya yang dapat dipasang di Windows 8, begitu juga Windows 8.1 ini. Sebut saja misalnya Kaspersky, Bitdefender, dan AVG. Tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali anti virus yang dapat dipasang. Ada satu anti virus yang dapat saya pasang pada saat Windows 8 dan Windows 8.1 pertama kali diluncurkan ketika anti virus lain gagal. Mau tahu anti virus apa itu? Mari kita periksa.
Setelah kemarin berhasil mengunduh Windows 8.1 Preview x64 kemudian memasangnya di laptop saya hal utama yang menjadi prioritas adalah driver dan antivirus. Tanpa kedua hal ini saya seperti tidak sedang menggunakan komputer. Perlu dicatat Windows 8.1 tidak menyertakan driver "display" sehingga saya harus mendownloadnya melalui "windows update". Demi keamanan Microsoft sudah "menanam" Windows Defender di dalam Windows 8.1. Pengguna seperti saya tetap merasa tidak cukup dengan itu sehingga saya harus memasang alat keamanan pihak ketiga yaitu anti virus.

Saya mencoba Kaspersky, AVG dan MSE (Microsoft Security Essential) , ketiganya gagal terpasang di Windows 8.1. Kemudian saya mencoba memasang ESET Smart Security 6 ternyata langsung berhasil.

Seperti yang saya singgung di awal, ada satu anti virus yang berhasil saya pasang ketika anti virus lain gagal. Yaitu ESET, satu-satunya anti virus yang kompatibel dengan Windows 8 dan Windows 8.1 sejak pertama kali di release bahkan pada versi Preview. Kalau anda tanya mengapa, saya jawab tidak tahu. Semoga ada "expert" yang mau menjelaskan kepada kita.

BACA JUGA:  Solusi Communication with driver failed HIPS is inactive di Windows 10

Update 25/10/2014: Judul artikel ini kurang tepat, seharusnya: Antivirus Apa yang Kompatibel dengan Windows 8.1 Preview?

8 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.