10 Hal yang dapat Meningkatkan Kinerja Smartphone Anda

Sync settings(Gadget-gadget keluaran mutakhir sudah memiliki processor yang jauh lebih cepat. Meskipun demikian masih dimungkinkan untuk membuatnya lebih cepat dari keadaan standar. Ingin gadget Anda lebih cepat atau lebih responsif? Lakukanlah 10 hal berikut.

  1. Hentikan sinkronisasi (syncing)
    Sinkronisasi Email, media sosial atau pencadangan foto, menggunakan lumayan banyak sumber daya RAM dan baterai. Selektiflah dan Anda akan melihat peningkatan besar-besaran di hampir semua bidang kinerja ponsel Anda. Baterai lebih hemat, paket data lebih hemat, dll. Lakukan sinkronisasi manual agar Anda tahu mana yang benar-benar harus up-to-date dan mana yang tidak. Bagi saya email tidak perlu syncing.
  2. Hapus kekacauan/kesemrawutan
    Gunakan aplikasi file explorer, seperti ES File Explorer File Manager, untuk membersihkan dokumen tak bertuan dan melihat beberapa file nakal yang menghambat perangkat Anda. Aplikasi ini bagus untuk menghilangkan mereka atau tahu apa yang mereka lakukan. Misalnya, meskipun Anda telah menghapus sebuah aplikasi tetapi folder nya kadang-kadang masih ada.
  3. Tambah Kartu Memori
    Memiliki kartu memori yang kompatibel pada perangkat Anda dapat membantu mengambil alih penyimpanan internal dengan beberapa cara. Aplikasi-aplikasi yang berjejal dalam ruang penyimpanan internal dapat membuat perangkat menjadi lesu, tidak responsif dan umumnya tidak menyenangkan untuk digunakan. Misalnya game sebaiknya dipindahkan ke kartu memori eksternal.
  4. Matikan animasi
    Animasi adalah hiasan bagi gadget Anda. Dengannya transisi jadi nampak lebih menakjubkan. Coba matikan animasinya, Anda akan melihat bahwa menu dan transisi akan muncul lebih cepat tetapi konsekuensinya akan mengurangi keindahannya.
  5. Mengapa tidak di-root? Rooting adalah cara yang bagus untuk mengeksplorasi pilihan yang berbeda untuk meningkatkan kinerja. Lebih mudah untuk merampingkan fungsi latar belakang dan meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan. Ada banyak ROM kustom yang tersedia, tetapi CyanogenMod tetap yang terbaik di luar sana.
  6. Efisienkan Baterai
    Download aplikasi penguat (booster) baterai dari Google Play Store dan lakukan scan untuk menemukan mana saja yang dapat ditingkatkan. Pilih aplikasi yang rating-nya 4,5 ke atas.
  7. Matikan Update Aplikasi
    Jika Anda memiliki opsi update otomatis Google Play, matikan sekarang! Smartphone Android Anda terus-menerus memperbarui aplikasi dan pasti akan menyebabkan lambat.
  8. Kelola latar belakang
    Anda akan terkejut dengan banyak hal yang berdampak pada kinerja ponsel Anda jika Anda melihat pada apa yang terjadi di latar belakang (background). Buka tab penggunaan data dalam menu Pengaturan untuk melihat lebih detil. Anda bisa menghentikan service-service yang tidak penting saat itu.
  9. Waspada Malware
    Tidak peduli apa pun jenis virus yang merasuk ke dalam telepon, akan berdampak serius pada fungsi telepon Anda. Meskipun ini jarang terjadi karena Android adalah versi 'lite' Linux. Lakukan scan virus secara teratur perangkat Anda dan download aplikasi dan media lainnya hanya dari sumber terpercaya.
  10. Lakukan Defrag
    "Defragging" adalah cara cepat menghilangkan file sampah yang memonopoli beberapa ruang berharga RAM perangkat Anda. Ada banyak aplikasi defragging di Google Play Store yang benar-benar akan memindai telepon Anda dan menghapus file-file sampah untuk Anda.
BACA JUGA:  Agar Baterai Android Cepat Penuh Saat di Charge

Semoga bermanfaat 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.