Cara Melihat Password Instagram yang Tersimpan di Android

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang paling populer saat ini. Instagram memungkinkan Anda untuk berbagi foto dan video dengan pengikut Anda, serta melihat konten dari orang-orang yang Anda ikuti. Instagram juga memiliki fitur pesan, cerita, IGTV, dan Reels yang dapat meningkatkan interaksi Anda dengan pengguna lain.

Namun, untuk dapat menggunakan Instagram, Anda harus memiliki akun dan password yang valid. Password adalah kunci untuk mengakses akun Anda dan melindungi privasi Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga password Anda dengan baik dan tidak memberikannya kepada orang lain.

Namun, terkadang Anda mungkin lupa password Anda atau ingin menggantinya dengan yang baru. Apakah Anda pernah mengalami hal ini? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android.

Jawabannya adalah, tergantung. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android, tetapi tidak ada yang menjamin 100% berhasil. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

Cara 1: Menggunakan Pengelola Sandi

Pengelola sandi adalah fitur yang disediakan oleh beberapa aplikasi atau browser untuk menyimpan dan mengelola password Anda secara aman. Pengelola sandi dapat membantu Anda mengingat password Anda tanpa harus menuliskannya di tempat yang tidak aman. Anda dapat menggunakan pengelola sandi untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android.

Ada banyak pengelola sandi yang tersedia di pasar, baik gratis maupun berbayar. Beberapa contoh pengelola sandi yang populer adalah:

  • Google Password Manager – Google Password Manager adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk menyimpan dan mengelola password Anda secara aman di akun Google Anda. Anda dapat menggunakan Google Password Manager untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android dengan cara berikut:
    1. Buka aplikasi Pengaturan di Android Anda, lalu pilih “Google”.
    2. Pilih “Kelola akun Google Anda”, lalu pilih “Keamanan”.
    3. Pilih “Pengelola sandi”, lalu masukkan password akun Google Anda jika diminta.
    4. Anda akan melihat daftar password yang tersimpan di akun Google Anda. Cari dan pilih “Instagram”.
    5. Anda akan melihat detail akun Instagram Anda, termasuk username dan password. Anda dapat mengetuk ikon mata untuk menampilkan password Anda.
  • LastPass – LastPass adalah aplikasi yang dapat membantu Anda menyimpan dan mengelola password Anda secara aman di cloud. Anda dapat menggunakan LastPass untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android dengan cara berikut:
    1. Buka aplikasi LastPass di Android Anda, lalu masukkan password utama Anda untuk membuka brankas Anda.
    2. Anda akan melihat daftar password yang tersimpan di brankas Anda. Cari dan pilih “Instagram”.
    3. Anda akan melihat detail akun Instagram Anda, termasuk username dan password. Anda dapat mengetuk ikon mata untuk menampilkan password Anda.
  • Dashlane – Dashlane adalah aplikasi yang dapat membantu Anda menyimpan dan mengelola password Anda secara aman di cloud. Anda dapat menggunakan Dashlane untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android dengan cara berikut:
    1. Buka aplikasi Dashlane di Android Anda, lalu masukkan password utama Anda untuk membuka brankas Anda.
    2. Anda akan melihat daftar password yang tersimpan di brankas Anda. Cari dan pilih “Instagram”.
    3. Anda akan melihat detail akun Instagram Anda, termasuk username dan password. Anda dapat mengetuk ikon mata untuk menampilkan password Anda.
BACA JUGA:  Cara Scan Tanda Tangan di HP dengan Mudah dan Cepat

Namun, cara ini hanya berlaku jika Anda sebelumnya menyimpan password Instagram Anda di pengelola sandi yang Anda gunakan. Jika Anda tidak pernah menyimpan password Instagram Anda di pengelola sandi, maka Anda tidak dapat melihatnya dengan cara ini.

Cara 2: Menggunakan Fitur Lupa Password

Fitur lupa password adalah fitur yang disediakan oleh Instagram untuk membantu Anda mengatur ulang password Anda jika Anda lupa. Fitur lupa password dapat membantu Anda mendapatkan password baru untuk akun Instagram Anda. Anda dapat menggunakan fitur lupa password untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android.

Anda dapat menggunakan fitur lupa password dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram di Android Anda, lalu ketuk “Lupa kata sandi?” di bawah tombol masuk.
  2. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, email, atau username yang terkait dengan akun Instagram Anda. Masukkan salah satu dari ketiga opsi tersebut, lalu ketuk “Kirim Tautan Masuk”.
  3. Anda akan menerima tautan untuk mengatur ulang password Anda melalui SMS, email, atau notifikasi, tergantung pada opsi yang Anda pilih. Buka tautan tersebut, lalu masukkan password baru untuk akun Instagram Anda.
  4. Setelah Anda mengatur ulang password Anda, Anda dapat masuk ke akun Instagram Anda dengan password baru tersebut. Anda juga dapat melihat password baru Anda di pengaturan akun Anda.

Namun, cara ini tidak benar-benar melihat password Instagram yang tersimpan di Android, tetapi lebih kepada mengganti password Anda dengan yang baru. Anda juga harus memastikan bahwa Anda masih memiliki akses ke nomor telepon, email, atau username yang terkait dengan akun Instagram Anda, karena jika tidak, Anda tidak dapat menggunakan fitur lupa password.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang yang tidak berafiliasi dengan Instagram atau Facebook. Aplikasi pihak ketiga dapat menawarkan fitur tambahan atau alternatif yang tidak disediakan oleh Instagram atau Facebook. Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat membantu Anda melihat password Instagram yang tersimpan di Android.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di pasar, baik gratis maupun berbayar. Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang populer adalah:

  • InstaRecover – InstaRecover adalah aplikasi yang dapat membantu Anda memulihkan password Instagram yang hilang atau terhapus dari perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan InstaRecover untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android dengan cara berikut:
    1. Buka aplikasi InstaRecover di Android Anda, lalu masukkan username akun Instagram Anda.
    2. Aplikasi akan memindai perangkat Anda dan mencari password Instagram yang tersimpan di cache atau file sementara.
    3. Jika aplikasi menemukan password Instagram Anda, Anda dapat mengetuk “Tampilkan” untuk melihat password Anda.
  • InstaPassword – InstaPassword adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mengetahui password Instagram yang tersimpan di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan InstaPassword untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android dengan cara berikut:
    1. Buka aplikasi InstaPassword di Android Anda, lalu masukkan username akun Instagram Anda.
    2. Aplikasi akan meminta Anda untuk memberikan izin untuk mengakses data perangkat Anda.
    3. Jika Anda memberikan izin, aplikasi akan mencari password Instagram yang tersimpan di database atau file konfigurasi.
    4. Jika aplikasi menemukan password Instagram Anda, Anda dapat mengetuk “Tampilkan” untuk melihat password Anda.
  • InstaSpy – InstaSpy adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mengintip password Instagram yang tersimpan di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan InstaSpy untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android dengan cara berikut:
    1. Buka aplikasi InstaSpy di Android Anda, lalu masukkan username akun Instagram Anda.
    2. Aplikasi akan meminta Anda untuk memberikan izin untuk mengakses data perangkat Anda.
    3. Jika Anda memberikan izin, aplikasi akan mencari password Instagram yang tersimpan di log atau file riwayat.
    4. Jika aplikasi menemukan password Instagram Anda, Anda dapat mengetuk “Tampilkan” untuk melihat password Anda.
BACA JUGA:  Rilis Android 7.0 Nougat: Hadirkan 250 Fitur Utama

Namun, cara ini juga memiliki beberapa risiko dan tantangan. Pertama, Anda harus memercayai aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan, karena mereka mungkin mengakses data pribadi Anda tanpa izin Anda. Kedua, Anda harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga dengan hati-hati, karena mereka mungkin membutuhkan Anda untuk melakukan beberapa langkah yang rumit atau berbahaya, seperti meng-root atau jailbreak perangkat Anda. Ketiga, Anda harus memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan kompatibel dengan perangkat dan versi Instagram Anda, karena jika tidak, Anda mungkin tidak dapat melihat password yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melihat password Instagram yang tersimpan di Android. Tidak ada cara yang pasti untuk melakukannya, tetapi Anda dapat mencoba beberapa cara yang telah kami jelaskan di atas. Namun, Anda harus berhati-hati dengan risiko dan keterbatasan yang mungkin ada. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.