Mengubah status paused pada printer

Jika ada pernah mengalami kesulitan melakukan pencetakan data menggunakan printer dengan keterangan PAUSED , dimana sebelumnya masih bisa berfungsi lancar maka anda dapat melakukan langkah-langkah mengubah status Paused pada Printer berikut.

Printer merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mencetak data yang berupa softfile menjadi dokumen hardfile pada umumnya berupa kertas. Akan tetapi untuk beberapa kondisi, printer tidak dapat melakukan fungsinya dengan lancar. Hal ini  bisa dikarenakan tinta tidak mencukupi, printer offline, ataupun terhenti sementara atau “Paused Printing”.

Pernahkan anda mengalami kondisi dimana printer tidak dapat berfungsi melakukan pengeprinan padahal beberapa saat sebelumnya masih dapat bekerja seperti biasa? Ketika hal tersebut terjadi pada umumnya kita akan melakukan beberapa langkah umum seperti:

  1. Mencopot dan memasang kembali kabel printer.
  2. Mematikan dan menghidupkan kembali printer,
  3. Serta mematikan dan menghidupkan kembali PC/laptop.
BACA JUGA:  Membuat Efek Lensa Fokus Gambar Menggunakan Photos Windows 10

Akan tetapi printer belum juga dapat berfungsi dengan normal, dan ketika melihat status printer, masih terdapat keterangan “Paused”.

Apabila anda mengalami kondisi demikian anda tidak perlu khawatir dan panik. Anda juga tidak perlu memanggil tukang service komputer dan printer. Anda dapat memeperbaiki keadaan tersebut dengan kemampuan sendiri.

Ada beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan fungsi printer menajdi normal dari kondisi “Paused”. Berikut beberapa langkah mudah mengubah status Paused pada printer:

  • Pada bagian kanan bawah layar, ambil menu “Show Hidden Icon” lalu pilih menu printer.
BACA JUGA:  Aplikasi Edit Video di Android untuk Youtuber Mudah Digunakan

  • Setelah keluar jendela printer maka kita bisa lihat keterangan pada printer yang kita gunakan. (Pada kasus ini saya menggunakan printer HP 1510).

  • Ambil menu printer dan lihat keterangan pada sub menu. Llihatlah anda akan melihat sub menu “Pause Printing” ter ceklist (√)

  • Hilangkan tanda ceklist (√) pada sub menu “Pause Printing” dengan cara menklik bagian kirinya.

  • Printer anda pun akan langsung bekerja normal kembali malakukan fungsinya. Pastikan kertas dan tinta printer dalam kondisi yang cukup.

Demikian cara mengubah status Paused pada Priter. Selamat mencoba semoga berhasil.

One Response

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.