Cara Previous Windows 10 Upgrade: Kembali ke Versi Sebelumnya

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang menawarkan berbagai fitur dan keamanan yang canggih. Namun, tidak semua pengguna merasa nyaman dengan Windows 10, terutama jika mereka telah melakukan upgrade dari versi sebelumnya seperti Windows 7 atau Windows 8.1. Ada beberapa alasan mengapa pengguna mungkin ingin kembali ke versi Windows sebelumnya, seperti:

  • Kompatibilitas perangkat keras atau perangkat lunak yang kurang.
  • Performa yang menurun atau masalah stabilitas.
  • Preferensi pribadi atau kebiasaan penggunaan.
  • Kebutuhan bisnis atau profesional.

Apapun alasan Anda, Anda dapat melakukan previous Windows 10 upgrade dengan mudah dan cepat. Ada dua cara untuk melakukan hal ini, yaitu:

  • Menggunakan fitur Go back to the previous version of Windows 10 yang tersedia di Settings.
  • Menggunakan media instalasi Windows 7 atau Windows 8.1 yang asli.

Berikut adalah langkah-langkah detail untuk masing-masing cara tersebut.

Menggunakan Fitur Go back to the previous version of Windows 10

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan sistem operasi Anda ke versi sebelumnya tanpa menghapus data atau aplikasi Anda. Namun, fitur ini hanya tersedia selama 10 hari setelah Anda melakukan upgrade ke Windows 10. Jika Anda telah melewati batas waktu tersebut, Anda harus menggunakan cara kedua. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

  1. Buka Settings dengan menekan tombol Windows + I di keyboard Anda.
  2. Pilih Update & Security.
  3. Pilih Recovery di menu sebelah kiri.
  4. Di bawah bagian Go back to the previous version of Windows 10, klik Get started.
  5. Anda akan diminta untuk memilih alasan mengapa Anda ingin kembali ke versi sebelumnya. Pilih salah satu dari opsi yang tersedia, lalu klik Next.
  6. Anda akan mendapatkan beberapa tips dan peringatan sebelum melanjutkan proses. Baca dengan seksama, lalu klik Next.
  7. Anda akan diminta untuk memasukkan password akun Anda. Masukkan password Anda, lalu klik Next.
  8. Anda akan melihat layar terakhir yang menunjukkan bahwa sistem Anda siap untuk kembali ke versi sebelumnya. Klik Go back to earlier build untuk memulai proses.
  9. Tunggu hingga proses selesai. Komputer Anda akan restart beberapa kali selama proses ini. Setelah selesai, Anda akan melihat layar login Windows 7 atau Windows 8.1 Anda.
BACA JUGA:  Cara Mengaktifkan Kalender Islam di Windows 10

Selamat, Anda telah berhasil melakukan previous Windows 10 upgrade dengan menggunakan fitur Go back to the previous version of Windows 10.

Menggunakan Media Instalasi Windows 7 atau Windows 8.1

Cara ini membutuhkan media instalasi Windows 7 atau Windows 8.1 yang asli, seperti DVD atau USB. Anda juga harus memiliki kunci produk (product key) yang valid untuk mengaktifkan Windows Anda. Cara ini akan menghapus semua data dan aplikasi Anda di drive C, jadi pastikan Anda telah membackup data penting Anda sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan cara ini:

  1. Masukkan media instalasi Windows 7 atau Windows 8.1 ke komputer Anda.
  2. Restart komputer Anda, lalu tekan tombol yang sesuai untuk membuka menu boot. Biasanya, tombol ini adalah F12, F10, F9, atau Esc, tergantung pada merek dan model komputer Anda. Anda dapat melihat petunjuknya di layar saat komputer Anda mulai menyala.
  3. Pilih media instalasi Windows 7 atau Windows 8.1 dari menu boot, lalu tekan Enter.
  4. Anda akan melihat layar setup Windows 7 atau Windows 8.1. Pilih bahasa, waktu, dan keyboard yang Anda inginkan, lalu klik Next.
  5. Klik Install now untuk memulai proses instalasi.
  6. Anda akan diminta untuk memasukkan kunci produk Anda. Masukkan kunci produk Anda, lalu klik Next.
  7. Anda akan diminta untuk menerima persyaratan lisensi. Centang kotak I accept the license terms, lalu klik Next.
  8. Anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi yang Anda inginkan. Pilih Custom (advanced).
  9. Anda akan melihat daftar partisi yang tersedia di hard drive Anda. Pilih partisi yang berisi Windows 10, biasanya partisi terbesar. Klik Drive options (advanced).
  10. Klik Format untuk menghapus semua data di partisi tersebut. Klik OK untuk mengkonfirmasi.
  11. Klik Next untuk melanjutkan instalasi Windows 7 atau Windows 8.1 di partisi tersebut.
  12. Tunggu hingga proses selesai. Komputer Anda akan restart beberapa kali selama proses ini. Setelah selesai, Anda akan melihat layar pengaturan awal Windows 7 atau Windows 8.1 Anda.
BACA JUGA:  Cara Menghentikan Aplikasi Windows 10 yang Berjalan di Latar Belakang

Selamat, Anda telah berhasil melakukan previous Windows 10 upgrade dengan menggunakan media instalasi Windows 7 atau Windows 8.1.

Kesimpulan

Previous Windows 10 upgrade adalah cara untuk kembali ke versi Windows sebelumnya jika Anda tidak puas dengan Windows 10. Ada dua cara untuk melakukan hal ini, yaitu menggunakan fitur Go back to the previous version of Windows 10 yang tersedia di Settings, atau menggunakan media instalasi Windows 7 atau Windows 8.1 yang asli. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Jangan lupa untuk membackup data penting Anda sebelum melakukan previous Windows 10 upgrade, karena proses ini akan menghapus data dan aplikasi Anda di drive C.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara previous Windows 10 upgrade. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Check Also

Cara Pin Aplikasi Softwae Windows 10/11 di Menu Start

Untuk Anda penguna komputer atau laptop baru dengan windows 10/11 dan masih bingung untuk mencari …

close