Cek Sertifikat Tanah Gratis Dengan Aplikasi Sentuh Tanahku

Cara Cek Sertifikat Tanah Online di aplikasi sentuh tanahku – Bila Anda ingin mengecek status sertifikasi tanah atau bangunan dengan gratis dan mudah, maka silahkan simak artikel ini.

Tidak dapat dipungkiri, di Indonesia masih banyak tanah yang memiliki sertifikat ganda. Hal ini biasanya dikarenakan adanya aksi curang dari beberapa pimpinan desa, lurah atau daerah. Sehingga tanah yang sudah lama tidak diperhatikan oleh pemilik direbut dengan tidak baik oleh pihak-pihak tertentu.

Hal ini mengakibatkan terkadang ketika ingin melakukan peminjaman atau penggadaian biasanya pihak bank tidak dapat melanjutkan proses. Oleh karena itu sebaiknya sebelum Anda membeli suatu tanah, Anda harus mengecek keaslian dan kepemilikan dari sertifikat tersebut terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Cara Cek Harga Tanah per Meter Online Lewat HP

Saat ini terdapat aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kepemilikan sertifikat yaitu Sentuh Tanahku. Aplikasi yang diluncurkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) bertujuan untuk mempermudah mengecek posisi tanah apakah sudah terdaftar atau belum.

Berikut cara menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku untuk mengecek sertifikat tanah:

Cara Cek Sertifikat Tanah Dengan Sentuh Tanahku

Download dan install aplikasi Sentuh Tanahku di Handphone Anda.

Buka aplikasi dan lakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat  mengakses aplikasi.

Selanjutnya, buka email yang Anda daftarkan sebelumnya untuk lakukan konfirmasi akun.

Kemudian, silahkan login dengan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

Untuk mengecek sertifikat tanah, pilih menu Lokasi Bidang.

BACA JUGA:  Membuat Efek Lensa Fokus Gambar Menggunakan Photos Windows 10

Masukkan data yang dibutuhkan sesuai dengan sertifikat yang akan di cek. Untuk nomor hak sertifikat, isikan dengan 5 angka. Contohnya: Nomor sertifikat SHM015, maka pada bagian nomor hak sertifikat diisikan 00015.

Pilih Setuju pada Disclaimer yang muncul.

Maka akan muncul sebuah kotak berwarna merah dalam sebuah peta lokasi. Titik tersebut merupakan posisi tanah pada sertifikat yang dimiliki.

Untuk mengecek harga tanah, maka Anda dapat klik menu ZNT pada bagian bawah layar. Untuk melihat range harga tanah, Anda dapat mengklik tanda (i) dipojok kiri atas.

Dengan mengikuti tutorial ini Anda dapat menghemat waktu untuk mengecek sebuah sertifikat tanah dan bangunan. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.