Andai Bulan Berukuran 1 Piksel

andai-bulan-berukuran-1-pikselPernahkan Anda membayangkan berapa waktu yang Anda butuhkan untuk berjalan dari Matahari ke Bumi atau sebaliknya? Atau berjalan dari satu planet ke planet lain di galaksi Bima Sakti yang kita tinggali? Mari, saya ajak Anda menikmati sensasi perjalanan dari Bumi ke Matahari melalui browser.

Kunjungi laman berikut.

http://joshworth.com/dev/pixelspace/pixelspace_solarsystem.html

Laman tersebut adalah peta angkasa raya (tata surya dengan skala yang tepat), Matahari dan planet-planet yang mengorbit padanya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan seterusnya. Dalam map tersebut, Bulan berukuran 1 piksel saja, maksudnya, ukuran Bulan yang sebenarnya diperkecil hingga 1 piksel. Besar 1 piksel itu kira-kira sebesar titik pada huruf "i" dalam artikel yang sedang Anda baca ini.

BACA JUGA:  Cara Restart Mozilla Firefox Semua Tab Tetap Terbuka

Mulailah menikmati sensasinya dengan menggulung layar (scroll). Klik tombol scroll untuk memulai perjalanan.

Mulailah perjalanan Anda dari Matahari ke planet berikutnya yaitu Merkurius, dan selanjutnya ke Bumi. Anda jangan kaget, karena dilayar hanya nampak layar hitam, teruskan saja. Perjalanan Anda akan terasa sangat-sangat jauh. Tapi jangan khawatir, di tengah perjalan ada petunjuk yang datang, misalnya "Sekarang sudah sejauh 10 juta kilometer", dalam bahasa Inggris tentunya. Jadi Anda tidak akan tersesat, Anda pasti sampai di planet Merkurius. Setelah sampai di Merkurius, lanjutkan ke Venus, lalu Bumi. Setelah sampai di Bumi mungkin Anda perlu beristirahat, hehehe.

Teruskan perjalanan Anda, petunjuk-petunjuk lain akan Anda temui nanti. Kadang-kadang petunjuk tersebut terasa lucu tapi itu keadaan yang sebenarnya :). Misalnya, setelah Anda melewati Bumi dan meneruskan perjalanan, sampai di suatu titik, Anda akan mendapat petunjuk "If you were on a road trip, driving at 75mi/hr, it would have taken you over 500 years to get here from earth." Artinya, kurang lebih, "Jika Anda dalam sebuah perjalanan, menyetir dengan kecepatan 75mil/jam, ini sudah membawa Anda sejauh 500 tahun dari Bumi." Wow...! 🙂

BACA JUGA:  Cara Disable/Mematikan Thumbnail Riwayat Firefox

Setelah saya mencoba perjalanan virtual tersebut, saya berpikir, entah kapan manusia bisa menikmati perjalanan demikian itu dan bagaimana caranya? Mungkinkah kita jalan-jalan dari satu planet ke planet lain?

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.