Aplikasi untuk Mengetahui Nomor Kita Diblokir

Blokir nomor adalah fitur yang memungkinkan pengguna ponsel untuk mencegah panggilan atau pesan masuk dari nomor tertentu. Fitur ini biasanya tersedia di pengaturan ponsel atau aplikasi telepon. Tujuan dari fitur ini adalah untuk menghindari gangguan, spam, atau kontak yang tidak diinginkan dari nomor yang diblokir.

Namun, bagaimana jika kita ingin mengetahui apakah nomor kita diblokir oleh seseorang? Apakah ada cara untuk mengetahuinya? Apakah ada aplikasi yang bisa membantu kita untuk mengetahui nomor kita diblokir?

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Kita Diblokir?

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah nomor kita diblokir oleh seseorang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita coba:

    • Melakukan panggilan telepon. Jika kita melakukan panggilan telepon ke nomor yang diblokir, biasanya kita akan mendengar suara nada sibuk, panggilan langsung terputus, atau panggilan tidak tersambung. Namun, cara ini tidak selalu akurat, karena bisa saja nomor yang kita tuju sedang sibuk, tidak ada sinyal, atau mati.
    • Mengirim pesan singkat (SMS). Jika kita mengirim pesan singkat ke nomor yang diblokir, biasanya kita tidak akan mendapatkan laporan pengiriman (delivery report) atau laporan terbaca (read report). Namun, cara ini juga tidak selalu akurat, karena bisa saja nomor yang kita tuju tidak memiliki pulsa, tidak ada sinyal, atau mati.
    • Menggunakan aplikasi pesan instan. Jika kita menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, atau LINE, kita bisa melihat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa nomor kita diblokir. Beberapa tanda tersebut adalah:
      • Tidak bisa melihat foto profil, status, atau info terakhir kali online dari nomor yang diblokir.
      • Tidak bisa mengirim pesan, panggilan, atau media ke nomor yang diblokir. Pesan yang kita kirim hanya akan memiliki satu tanda centang (sent), tapi tidak akan memiliki dua tanda centang (delivered) atau dua tanda centang biru (read).
      • Tidak bisa menambahkan nomor yang diblokir ke grup. Jika kita mencoba menambahkan nomor yang diblokir ke grup, kita akan mendapatkan pesan error bahwa nomor tersebut tidak ada di kontak kita atau tidak bisa bergabung ke grup.
BACA JUGA:  Cara Menggabungkan Foto Menjadi Video Melalui Ponsel Android

Namun, cara ini juga tidak selalu akurat, karena bisa saja nomor yang kita tuju mengubah pengaturan privasi, tidak ada sinyal, atau mati.

Aplikasi untuk Mengetahui Nomor Kita Diblokir

Selain cara-cara di atas, ada juga beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengetahui nomor kita diblokir. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kita coba:

  • Truecaller. Aplikasi ini adalah aplikasi identifikasi panggilan yang bisa menampilkan nama dan lokasi dari nomor yang menelepon kita. Aplikasi ini juga bisa menampilkan status online dari nomor yang kita tuju, sehingga kita bisa mengetahui apakah nomor tersebut sedang aktif atau tidak. Jika status online tidak muncul atau tidak berubah, kemungkinan besar nomor kita diblokir.
  • TrapCall. Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa mengungkap nomor yang diblokir atau disembunyikan. Aplikasi ini bisa menampilkan nomor asli dari nomor yang menelepon kita dengan fitur unmasking. Aplikasi ini juga bisa menampilkan pesan yang dikirim oleh nomor yang diblokir atau disembunyikan dengan fitur reveal. Jika kita menerima panggilan atau pesan dari nomor yang diblokir, aplikasi ini akan memberi tahu kita bahwa nomor tersebut telah memblokir kita.
  • CallApp. Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa menampilkan informasi lengkap dari nomor yang menelepon kita, seperti nama, foto, alamat, media sosial, dan lain-lain. Aplikasi ini juga bisa menampilkan status online dari nomor yang kita tuju, sehingga kita bisa mengetahui apakah nomor tersebut sedang aktif atau tidak. Jika status online tidak muncul atau tidak berubah, kemungkinan besar nomor kita diblokir.
BACA JUGA:  Cara Merubah Tema Xiaomi Menjadi iPhone Gratis

Kesimpulan

Blokir nomor adalah fitur yang memungkinkan pengguna ponsel untuk mencegah panggilan atau pesan masuk dari nomor tertentu. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah nomor kita diblokir oleh seseorang, seperti melakukan panggilan telepon, mengirim pesan singkat, atau menggunakan aplikasi pesan instan. Namun, cara-cara ini tidak selalu akurat, karena bisa saja nomor yang kita tuju sedang sibuk, tidak ada sinyal, atau mati.

Untuk lebih memastikan apakah nomor kita diblokir, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa menampilkan informasi atau status dari nomor yang kita tuju, seperti Truecaller, TrapCall, atau CallApp. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu kita untuk mengetahui nomor kita diblokir dengan lebih mudah dan cepat.

Demikian artikel yang saya buat tentang aplikasi untuk mengetahui nomor kita diblokir. Semoga artikel ini bermanfaat dan menarik bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan informasi ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.