Cara Disable Bing di Start Menu Windows 10

Ada si asisten pribadi bernama Cortana di Windows 10. Salah satu fitur baru yang menjadi andalan Microsoft menjual Windows 10. Secara default, Windows 10 mengirimkan semua yang Anda cari di Start Menu ke server mereka untuk memberikan hasil pencarian dari Bing. Inilah alasan yang dikemukakan oleh pemerhati kemanan - sehingga pastikan lebih baik Anda tidak mengetik apa-apa yang sifatnya pribadi di pencarian Start Menu. Atau, Anda bisa menonaktifkan integrasi Bing di Start Menu.

Serupa dengan pencarian default pada smartphone Android dan bahkan iOS juga akan mengirimkan hasil pencarian Anda ke server mereka untuk mencoba dan mendapatkan hasil yang lebih relevan - tapi entah bagaimana tampaknya berbeda ketika Anda berada di komputer pribadi Anda di rumah Anda mencoba untuk mencari melalui file pribadi Anda.

BACA JUGA:  Cara Disable Update Otomatis Aplikasi Windows 10

Untungnya Cortana menyertakan pengaturan yang mudah untuk menonaktifkan integrasi web - perlu dicatat bahwa ini hanya jika Anda menggunakan Cortana. Anda tidak punya pilihan selain menggunakan Bing, jika Anda tidak ingin menggunakan Bing maka Anda harus menonaktifkan Cortana untuk menonaktifkan integrasi web.

Cara Disable/Nonaktifkan Integrasi Bing di Start Menu

Untungnya Bing benar-benar mudah di-nonaktifkan, dan Anda hanya perlu menampilkan layar pengaturan Cortana - cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengetik "cortana settings" di Start Menu dan pilih item "Cortana & Search settings".

cortana settings

Atau klik dalam kotak pencarian (Search Windows) di Taskbar, ini akan menampilkan jendela pencarian, dan kemudian klik ikon Settings (gambar roda gigi). Baca juga artikel Cara Enable/Disable Cortana di Windows 10.

BACA JUGA:  Mengatasi Masalah Windows Store dengan WSReset

Jika Anda ingin menonaktifkan integrasi Bing, maka Anda harus menonaktifkan Cortana - caranya pindahkan tombol On ke Off. Perhatikan screenshot dibawah ini.

cortana settings on

Sekarang Anda telah menonaktifkan Cortana, sisa dialog juga akan berubah dan Anda akan melihat pilihan untuk "Search online and include web results", dinonaktifkan juga - hal ini benar-benar menonaktifkan Bing dari Start Menu.

cortana nonaktif

Dan kini pencarian Anda hanya terbatas dalam lokal PC Anda saja, tidak ada lagi pencarian melalui online. Itu artinya tidak ada pengiriman riwayat pencarian ke server Bing.

pencarian lokal pc windows 10

Semoga bermanfaat.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.