Cara Menemukan atau Melihat Default Gateway

Artikel ini adalah panduan dasar bagaimana cara menemukan Default Gateway jaringan (network) Anda. Anda perlu mengetahui Default Gateway Anda guna mengakses pengaturan jejaring (networking) dan administratur (administration) router Anda.

Jika Anda menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, Anda hanya perlu mengakses Command Prompt untuk melihat atau menemukan berapa Default Gateway. Untuk mengakses Command Prompt, klik pada tombol menu "Start" dan carilah "CMD". Klik untuk membuka.

Jika Anda kesulitan menemukan lokasi Command Prompt menggunakan menu start Anda dapat menekan tombol "Windows + R" di keyboard. Ini akan menampilkan kotak dialog Run. Dan kemudian cukup ketik "CMD" dan klik "OK".

BACA JUGA:  Cara Disable One-Click Search Bar Baru Firefox

Setelah membuka Command Prompt Anda akan melihat jendela hitam seperti di bawah.

Dalam jendela Command Prompt, ketik "ipconfig" dan tekan "Enter" pada keyboard Anda. Anda akan melihat banyak informasi yang ditampilkan dalam jendela ini. Jika Anda Anda gulir ke atas Anda dapat melihat "Default Gateway" dan alamat IP perangkat di sebelah kanannya.

Default Getaway

Setelah Anda menemukan alamat IP Default Gateway, buka peramban web apa saja dan masukkan alamat IP ke dalam Address Bar dan kemudian tekan "Enter" pada keyboard Anda. Anda seharusnya melihat sebuah kotak muncul dimana Anda dapat memasukkan username dan password routernya.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui atau Melihat Build Number Windows 10

Informasi ini kadang-kadang dapat ditemukan pada router Anda, atau dalam informasi panduan yang ada. Jika Anda tidak dapat menemukannya pada keduanya, Anda dapat mencari di Internet dengan mengetik model dan pembuat router dan "Default
Administrator Password" ke mesin pencari. Ini hanya akan bekerja jika Anda belum mengubah password pada router Anda. Umumnya router menggunakan username default "admin" dan password defaultnya juga "admin". Jika Anda telah mengubah password default dan melupakannya, Anda perlu untuk me-reset router Anda.

Setelah berhasil login (masuk) ke dalam lingkungan pengaturan router, Anda dapat melihat banyak sekali pengaturan.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.