Cara Membuat File Kosong dengan Ukuran 1 Giga Byte atau Terserah Kamu!

Saya akan memberitahu Anda cara membuat file kosong dengan ukuran 1 GB. Aneh ya? Tidak juga. File kosong tapi ukurannya 1 GB? Jangankan 1 GB bahkan 100 GB pun bisa di buat yang penting Disk Anda muat hehe... Format filenya terserah Anda. Misalnya format file dalam kategori dokumen ( DOC – dokumen Microsoft Word, DOCM - dokumen Microsoft Word untuk Mac, DOCX – dokumen Office Open XML, DOTX – templat dokumen teks Office Open XML, INFO, TXT, VIA, WRD, XHTML, dll) atau format file dalam kategori video (3GP, GIF, ASF, AVI, CAM, DAT FLV, SOL, MPEG, MNG,AVCHD, SWF, WMV, dll), atau format file dalam kategori audio (ROQ, NSV, FLAC, APE, RKA, SHN, TTA, WMA, AST, AMR, MP2, MP3, MPC, VOC, dll).

BACA JUGA:  Cara Reset Game Get Rich, Main dari Awal Lagi

Apa maksudnya file kosong sedangkan ukurannya (size) 1 GB? File kosong maksudnya file yang "tidak ada". Jelasnya begini, misalnya kita akan membuat file mp3 dengan cara ini, setelah file ini selesai dibuat, kita tidak akan mendengar suara file yang kita buat ini bila kita mainkan. Tetapi file ini tetap dapat dijalankan/dibuka oleh aplikasi yang dapat memainkan file mp3. Begitupun jika kita membuat sebuah file AVI, kita tidak akan melihat tayangan video bila file ini dimainkan melainkan hanya layar hitam saja. Sampai di sini saya rasa Anda sudah bisa membayangkannya.

Bingung? Daripada bingung silahkan simak langkah-langkah membuatnya. Tapi tunggu dulu, untuk apa membuat file kosong dengan size besar? Sebagai file dummy mungkin, atau terserah Anda, misalnya memenuhi hard disk teman dalam sekejap, tapi sebaiknya Anda jangan melakukannya 🙂

BACA JUGA:  Cara Install Windows 7 dan Windows 8 dari Flash Disk

Yuk, langsung saja kita jajal triknya!

  1. Jalankan command prompt (ketik cmd.exe pada kotak dialog RUN lalu Enter).
  2. Buatlah nama file serta ukurannya dengan perintah fsutil file createnew <nama file> <ukuran dalam bytes>
    Contoh: saya akan membuat file mp3 dengan nama testdulu, dengan besar file 1 GB maka ketik perintah berikut :
    fsutil file createnew testdulu.mp3 1000000000

    file-kosong

    Membuat file kosong melalui CMD.

  3. akhiri dengan menekan tombol Enter
  4. Selesai, file Anda sudah jadi. File yang dibuat tadi ada di C:usersnama Anda

Catatan: ukuran file dalam byte.

Selamat mencoba 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.