Cara Mengetahui Password Wifi yang Sudah Tersambung di Laptop

Wifi adalah salah satu teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses internet tanpa kabel. Wifi sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, bermain game, streaming, dan lain-lain. Namun, terkadang kita lupa password wifi yang sudah tersambung di laptop kita. Hal ini bisa menyulitkan kita jika ingin menghubungkan perangkat lain ke wifi tersebut, atau jika ingin mengganti password wifi.

Lalu, bagaimana cara mengetahui password wifi yang sudah tersambung di laptop? Apakah ada cara mudah untuk melakukannya? Jawabannya adalah ya, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui password wifi yang sudah tersambung di laptop. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

Cara 1: Menggunakan Command Prompt

Command Prompt adalah sebuah program yang memungkinkan kita untuk menjalankan perintah-perintah tertentu di komputer. Salah satu perintah yang bisa kita gunakan untuk mengetahui password wifi yang sudah tersambung di laptop adalah netsh wlan show profile. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik cmd dan tekan Enter.
  2. Ketik perintah netsh wlan show profile dan tekan Enter. Anda akan melihat daftar nama wifi yang pernah tersambung di laptop Anda.
  3. Pilih nama wifi yang ingin Anda ketahui passwordnya, lalu ketik perintah netsh wlan show profile name=”nama wifi” key=clear dan tekan Enter. Ganti nama wifi dengan nama wifi yang Anda pilih.
  4. Anda akan melihat beberapa informasi tentang wifi tersebut, termasuk passwordnya. Password wifi akan ditampilkan di bagian Key Content.

Berikut adalah contoh tampilan Command Prompt saat menjalankan perintah tersebut:

Cara ini cukup mudah dan cepat, namun Anda harus berhati-hati saat mengetik perintahnya. Jika Anda salah mengetik nama wifi atau perintahnya, Anda tidak akan mendapatkan password wifi yang Anda inginkan.

Cara 2: Menggunakan Control Panel

Control Panel adalah sebuah program yang memungkinkan kita untuk mengatur berbagai pengaturan di komputer. Salah satu pengaturan yang bisa kita ubah adalah password wifi yang sudah tersambung di laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik control panel dan tekan Enter.
  2. Pilih kategori Network and Internet, lalu pilih Network and Sharing Center.
  3. Anda akan melihat daftar jaringan yang tersedia, termasuk wifi yang sedang tersambung di laptop Anda. Klik pada nama wifi tersebut.
  4. Anda akan melihat detail wifi tersebut, termasuk status, kecepatan, tipe, dan lain-lain. Klik pada link Wireless Properties.
  5. Anda akan melihat dua tab, yaitu Connection dan Security. Pilih tab Security.
  6. Anda akan melihat password wifi yang sudah tersambung di laptop Anda di bagian Network security key. Centang pada kotak Show characters untuk melihat passwordnya.

Berikut adalah contoh tampilan Control Panel saat mengubah password wifi:

Cara ini cukup mudah dan tidak memerlukan perintah apapun, namun Anda harus mengikuti beberapa langkah untuk mencapai pengaturan wifi tersebut. Jika Anda tidak terbiasa dengan Control Panel, Anda mungkin akan kesulitan menemukan pengaturan yang Anda cari.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Command Prompt dan Control Panel, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui password wifi yang sudah tersambung di laptop. Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang selain Microsoft, yang bisa Anda unduh dari internet. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan adalah WirelessKeyView. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi WirelessKeyView dari situs resminya, yaitu https://www.nirsoft.net/utils/wireless_key.html.
  2. Ekstrak file yang Anda unduh, lalu jalankan aplikasi WirelessKeyView.exe.
  3. Anda akan melihat daftar wifi yang pernah tersambung di laptop Anda, termasuk passwordnya. Password wifi akan ditampilkan di kolom Key (Hex) atau Key (Ascii).

Berikut adalah contoh tampilan aplikasi WirelessKeyView saat menampilkan password wifi:

Cara ini cukup mudah dan praktis, namun Anda harus berhati-hati saat mengunduh dan menjalankan aplikasi pihak ketiga. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari situs resmi dan terpercaya, dan scan aplikasi dengan antivirus sebelum menjalankannya. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin mengandung virus atau malware yang bisa merusak laptop Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui password wifi yang sudah tersambung di laptop. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Namun, ingatlah untuk tidak menyalahgunakan password wifi yang Anda ketahui. Jangan menggunakannya untuk mengakses wifi tanpa izin pemiliknya, atau untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum atau etika. Gunakan password wifi dengan bijak dan bertanggung jawab.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.