Cara Merubah Titik Menjadi Koma di Excel untuk Angka Pecahan dan Ribuan

Jika anda menggunakan Microsoft Excel 2007, 2010, dan 2016 memiliki angka berupa angka pecahan tanda pemisahnya berupa titik(.) sebaliknya angka ribuan dipisahkan tanda koma (,) maka anda bisa merubah kedua tanda tersebut sesuai dengan yang biasa anda gunakan.

Apabila anda mengetikkan secara manual angka pecahan menggunakan tanda koma (,) maka angka tersebut apabila dilakukan penjumlahan dengan menggunakan rumus maka tidak menghasilkan output (error), lihat gambar berikut:
Untuk merubah tanda titik menjadi koma di Ms Excel sangatlah mudah, tanpa anda menggunakan rumus hanya perlu melakukan pengaturan pada Excelnya, simak tutorialnya berikut ini.

BACA JUGA:  Cara Membuat Titik pada Angka di Excel

Di bawah ini saya berikan contoh gambar yang saya praktekkan menggunakan Excel 2010, jika anda menggunakan Excel 2007 atau 2016 bisa menyesuaikan langkah-langkahnya karena memiliki menu yang sama.

1. Pilih menu FILE -> OPTIONS.

2. Lalu pilih ADVANCED, HAPUS tanda ceklis pada "Use System Separators". Masukkan tanda KOMA pada kolom "Decimal Separator", dan masukkan tanda TITIK pada "Thousands Separator" Lalu OK.

Cara Ganti titik ke koma Excel

Maka setelah itu angka yang tadinya memakai tanda titik di angka pecahan maka akan langsung berubah menggunakan tanda komas. Sedangkan untuk angka ribuan menggunakan angka titik.

BACA JUGA:  Mengatasi Tidak Bisa Copy Sheet di Excel (Name Conflict)

Demikian cara mudah mengganti angka titik menjadi koma di Excel, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One Response

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.