Cara Uninstall / Menghilangkan Tema Windows XP, Vista, dan 7

Pingtung County TaiwanTema Windows adalah kombinasi gambar-gambar latar belakang desktop, warna jendela, dan suara-suara. Tema akan menjadikan desktop lebih dinamis, misalnya gambar yang berganti dalam waktu tertentu. Ini akan menghilangkan rasa bosan pada gambar desktop yang monoton.

Ada banyak sekali tema Windows, baik tema dari pihak ketiga maupun dari Microsoft Windows sendiri. Tema-tema buatan Microsoft dapat diunduh gratis melalui link berikut.

Download Tema Windows

Di sana Anda dapat men-download tema Windows sebanyak apapun yang Anda mau. Anda dapat menelusuri tema-tema itu dalam kategori-kategori. Setelah tema berhasil Anda download (file tema dapat berekstensi themepack atau exe), selanjutnya Anda hanya perlu klik ganda tema tersebut untuk menerapkannya di Windows.

Mungkin kita telah menginstall tema pihak ketiga pada Windows kita, satu, dua, bahkan sampai tiga atau lebih. Pada akhirnya kita ingin membuangnya karena bosan setelah beberapa lama menikmatinya atau karena ingin menginstal lagi tema yang lain.

BACA JUGA:  Mematikan Fitur Pergantian Otomatis Warna Bingkai dan Taskbar Windows 8 dan 8.1

Cara umum yang kita lakukan untuk meng-uninstal sebuah program di Windows adalah melalui Control Panel > Uninstall a program. Tetapi tidak bisa uninstal tema dari menu Uninstall a program. Lalu bagaimana cara uninstal tema Windows XP, Vista, dan 7?

Uninstal/membuang tema dari sistem tidaklah sulit, bahkan seorang pemulapun dapat melakukannya dengan baik. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama yang harus kita lakukan adalah mengatur Windows kembali ke tema default-nya. Klik kanan di desktop kemudian pilih Properties (Windows XP) atau Personalize (Windows Vista dan 7). Di sana kita dapat memilih tema default Windows.
  2. Setelah kembali ke tema default, buka My Computer dan pergi ke folder Themes, yang beralamat di
    C:Windows/Resources/Themes

    atau mengetik perintah berikut pada jendela RUN atau Start Menu :

    %windir%/resources/themes
  3. Anda akan melihat beberapa tema dalam folder Themes. Pilih folder tema atau file tema yang akan kita hapus, kemudian hapus seperti biasa menghapus file atau folder.
  4. Selesai.
Cara lain adalah menghapus tema langsung dari jendela Personalization. Langkah-langkah menghapus tema dari jendela Personalization adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan tema yang ingin Anda hapus tidak sedang digunakan.
  2. Klik kanan Desktop, kemudian pilih Personalize. Anda akan melihat daftar tema.
  3. Klik kanan tema yang akan dihapus, pilih opsi Delete theme.
Itu saja.

9 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.