Google Panda 4.0 Update. Siapa yang Terdampak?

Algoritma Google Panda  4.0 Update sudah beraksi. Informasi ini ditweet lansung oleh Matt Cutts beberapa hari yang lalu.mutt cutts-google panda 4 announceUntuk orang-orang yang dekat dengan dunia SEO atau online marketing atau mencari uang di internet tentu berita ini merupakan suatu hal yang serius. Seperti kita ketahui bersama Google Panda sejak kemunculannya yang pertama memang di tujukan untuk menghalau situs-situs berkualitas rendah muncul di hasil pencarian. Untuk tetap menjaga hasil pencarian agar tetap memuaskan pengunjung Google Panda di update hampir setiap bulan.

Algoritma Google Panda 4.0 kali ini fokus pada situs penyedia jasa Press Release (Searchengineland.com, May 29, 2014). Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa situs press release yang menjadi sasaran? Jawabannya adalah adalah situs-situs tersebut menurut google sudah banyak yang menyimpang dan bahkan terkesan sebagai spam di sisi lain google tetap ingin memuaskan para pengunjung (konsumen) agar apa yg di cari oleh mereka benar-benar sesuai harapan. Contoh, jika kita melakukan pencarian dengan kata kunci “resep diet herbal”, apa iya hasil yang kita harapkan adalah press release tentang diet, saya kira akan lebih cocok jika yang muncul itu adalah daftar resep-resep herbal untuk diet bukan? Ini adalah link salah satu contoh situs press release yang saya jelaskan di atas. Di bagian bawah halaman ada iframe iklan nampak sangat mencolok dan kesannya tidak biasa, iklan sih oke-oke saja tapi yang tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh google. Coba saja setelah anda buka anda close window tersebut langsung muncul popup “pemaksaan” yang banyak dijumpai pada situs-situs bisnis online spammy.

Selama ini situs press release adalah situs yang dianggap situs yang dapat menaikkan derajat situs lain bila kita mendapatkan backlinknya. Untuk kali ini anggapan ini perlu dipertimbangkan kembali jika ingin tetap eksis berbisnis di dunia online:)

BACA JUGA:  Cara Termudah Membuka Reddit di Google Chrome di Indonesia

Berkut ini adalah screenshot beberapa situs press release yang menunjukkan penurunan trafik.

sbwire

sbwire.com

prlog

prlog.org

prweb

prweb.com

prnewswire

prnewswire.com

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.