herdProtect - Seperti Memasang 68 Antivirus dalam 1 PC

Pernah dengar herdProtect? Sebuah program scanner Anti-Malware gratis (pemindai malware) yang berfungsi mendeteksi malicious threats, spyware dan adware dengan cepat.  Program ini bekerja di awan menggunakan 68 engine  antivirus. Wow, luar biasa bukan? Perhatikan diagram di bawah ini yang menggambarkan PC tanpa herdProtect (sebelah kiri - 2 gajah) dan PC dengan herdProtect (sebelah kanan - banyak gajah).

Bagaimana cara kerja herdProtect?

herdProtect bekerja dengan mengambil snapshot dari semua file 'aktif' pada PC pengguna. Kita umumnya mendefinisikan file 'aktif' sebagai file yang saat ini sedang berjalan pada sistem atau memiliki kemampuan untuk secara otomatis berjalan melalui prosedur auto-start (seperti extension, task, dll ). Snapshot ini, dilucuti secara rinci setiap bagiannya untuk memastikan bahwa laporan tersebut adalah 100% anonim dan aman dikirim ke server herdProtect untuk dianalisis. Setelah tiba, sistem segera memilah file menjadi dua kelompok yaitu sebagai entitas yang dikenal atau tidak dikenal. Entitas yang dikenal dikategorikan berdasarkan penemuan pada pendeteksian ketika dipindai oleh 68 engine anti-malware. Untuk infeksi yang diketahui, dikategorikan kembali berdasarkan jumlah deteksi oleh masing-masing scanner tadi-yang 68 engine itu- dan melaporkan kembali ke pengguna. Sedangkan file yang tidak diketahui yang ada pada PC pengguna kemudian dilucuti dan dikirim ke server herdProtect, dianalisis secara real-time oleh masing-masing scanner anti-malware. Setelah selesai (yang memakan waktu 5 sampai 30 menit), laporan tersebut kemudian dikirim kembali ke pengguna dan ditampilkan sebagai laporan akhir (Baca di http://www.herdprotect.com/downloads.aspx).

Ringkasnya, herdProtect akan mengambil snapshot file 'aktif' (bukan seluruh file) dari PC kita lalu dikirim ke server herdProtect. Mereka telah memiliki data hasil pemindaian berbagai macam file menggunakan 68 engine anti-malware. Snapshot tersebut lalu dibandingkan dengan data tersebut. Setelah proses pembandingan maka akan dihasilkan dua kelompok file yaitu yang dikenal dan tidak dikenal. Yang 'dikenal' berarti telah diketahui apakah file tersebut bersih atau terinfeksi. Sedangkan yang tidak 'dikenal' akan dianalisis secara real-time oleh 68 engine anti-malware.

BACA JUGA:  Windows 10 RTM akan Final minggu ini

herdProtect dapat diunduh melalui link http://www.herdprotect.com/downloads.aspx. Ada dua pilihan, Download Scanner (Full) dan Download Scanner (Portable).

Penggunaan herdProtect sangat mudah, setelah terpasang, jalankan. Klik tombol Scan, dan tunggulah hingga selesai.

Hasilnya akan seperti berikut.

herdprotect-scanner-result-1-Klik nama fike untuk melihat detail.

Pertanyaan besarnya adalah perlukah memasang herdProtect?

Secara pribadi saya menjawab perlu dan tidak perlu. Perlu, alasannya: mungkin Anda sudah mengetahui bahwa tidak disarankan memasang lebih dari satu anti-virus dalam satu PC karena tidak efektif (keduanya mungkin saling scan) dan boros sumber daya. Di sisi lain, tidak ada anti-virus yang benar-benar sempurna. Masing-masing memiliki kelebihan. Nah, herdProtect menjadi jawaban atas kebutuhan orang-orang yang menginginkan sebuah program anti-virus yang benar-benar lengkap. Hanya dengan satu program ini, Anda bisa memanfaatkan 68 anti-virus top untuk melakukan pemindaian.

Contoh hasil pemindaian oleh herProtect.

Jika ada sebuah program dicurigai atau berpotensi sebagai malware maka akan ditampilkan engine anti-virus mana yang mendeteksinya. Ini menjadi referensi bagi pengguna untuk mengambil tindakan cepat dan tepat. Sebagai contoh, saya cenderung mengabaikan hasil pemindaian di atas bahwa idman.exe (Internet Download Manager) terdeteksi malware karena engine anti-virus yang mendeteksinya bukanlah (belum) anti-virus kelas atas (Bitdefender, Kaspersky, ESET, AVG, dll.). Meskipun begitu, sikap hati-hati tentu jauh lebih baik.

Aplikasi ini mengharuskan Anda terhubung dengan internet karena saat melakukan pemindaian (scanning) aplikasi akan terhubung ke herdProtect Cloud. Oleh karena itu jika Anda tidak memiliki koneksi internet maka Anda tidak perlu memasang aplikasi ini.

Tidak ada ruginya kita menggunakan herdProtect ini sebagai sikap berhati-hati, sebagai pertahanan lapis kedua. Apalagi program ini gratis dan hanya menggunakan sedikit sekali resources saat program ini dijalankan. Anda dapat memilih herdProtect portable jika Anda tidak ingin menginstalnya di sistem.

BACA JUGA:  Enkripsi Teks Hanya Dapat Dibuka oleh Kombinasi yang Dibagikan

herdProtect kini masih dalam versi beta untuk fitur Scan and Remove sedangkan Scanner-nya sudah rilis lengkap (Completed).

Release Timeline

Scanner
Scan your PC for malware with all 68-engines in the cloud.
(Release completed)

Scan and Remove
Scan and remove malware from your PC based on detections from all 68-engines.
(Available today in beta)

68 Antimalware engineyang digunakan oleh herdProtect

Berikut adalah daftar 68 mesin antimalware yang digunakan:

herdProtect Scanner bukanlah solusi anti virus yang lengkap dan lebih dari scanner pendapat kedua pada rilis ini (saat ini real-time perlindungan tidak diaktifkan). Mengandalkannya sebagai satu-satunya perlindungan bagi PC Anda tidaklah bijaksana. Menggunakan platform anti-malware komersial lengkap sangat dianjurkan.

🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.