Ini Penyebab Mengapa Situs Tidak di-index oleh mbah Google

Penyebab-Mengapa-Situs-Tidak-di-index-oleh-mbah-GoogleSudah dapat dipastikan hampir semua pemilik situs ingin situsnyadiindex oleh Google atau situs pencari lainnya. Salah satu keuntungan jika situs kita terindex adalah kemungkinan untuk dikenal oleh calon konsumen menjadi jauh lebih besar. Akan tetapi masih banyak situs-situs yang tidak terindex oleh situs pencari yang disebabkan oleh berbagai faktor. Kali ini saya mencoba menguraikan hal-hal yang menjadi penyebab utama mengapa situs kita tidak diindex oleh Google maupun situs pencari lainnya yang mungkin saja luput dari perhatian kita.

  • Usia Situs masih Terlalu Muda
    Google dan situs pencari lainnya membutuhkan waktu untuk mengindex situs, jadi mungkin situs anda masih baru sehingga memang masih menunggu untuk diindex
  • Situs anda terindex menggunakan www atau tanpa www
    Perlu diingat bahwa Google membaca www sebagai sub domain bukan hanya sekedar "alias" karena memang secara teknis www itu sub damain. Gunakan Google Webmaster Tools untuk memberi tahu Google apakah situs anda berada di www.namadomain.com atau namadoain.com saja. Ini sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Google di sini.
  • Tidak adanya sitemap.xml
    Sitemap.xml adalah bagian penting dari sebuah situs untuk dapat diindex oleh situs pencari termasuk juga oleh Google. Khusus untuk Google anda bisa membaca ini untuk mengetahui  lebih banyak bagaimana pentingnya sitemap.xml bagi Google.
  • Kesalahan pada robots.txt, .htaccess, dan <META NAME=”ROBOTS” CONTENT=”NOINDEX, NOFOLLOW”>
    Berhati-hatilah dengan ketiga hal tersebut pastikan anda tidak melakukan salah ketik atau konfigurasi. Bagi para pengguna WordPress pastikan Privacy setting dalam posisi off.
  • Hosting anda sering mengalami Down Time atau Outage
    Google tidak akan mengindex situs yang servernya sering mati atau lambat. Hati-dati dengan yang satu ini. Carilah hosting yang benar reliable dan memiliki downtime yang kecil, pastikan pula hosting yang anda gunakan mencantumkan downtime sekecil mungkin dalam SLA-nya. Cara  lain untuk mengontrolnya anda parhatikan apakah hosting anda memberikan link untuk memantau kondisi uptime server. Untuk yang satu ini jika anda kesulitan silahkan hubungi kami melalui form kontak.
  • Situs anda memang di-deIndex atau di-Ban (banned)
    Jika anda mengalami yang satu ini saran saya lebih baik anda menggantinya dengan domain baru dan sebelum di-online-kan kembali pastikan anda tidak melanggar ketentuan-ketentuan Google ini.
BACA JUGA:  Menjadi Kaya dari Internet? Bisa! Tapi Tidak Mudah

Video berikut ini mungkin bisa menjadi informasi tabahan untuk mengetahui bagaimana sebuah situs pencari (Google) mengindeks situs di Internet.

3 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.