Inilah Cara Aman Beli Komputer Berkualitas dan Bagus

komputer berkualitas

Membeli komputer berkualitas memang menjadi salah satu indikator bagi seseorang. Meskipun sebagian orang memilih komputer untuk dibeli pasti melihat harga yang murah dan tetap bagus. Namun kenyataannya kita harus memahami dahulu spesifikasi yang dihadirkan oleh setiap produk komputer. Begitu pula pada saat Anda membeli jenis laptop dengan merek dan model apapun.

Pada dasarnya membeli komputer atau laptop terbilang gampang-gampang susah. Jika Anda tidak cerdas dalam memilih perangkat komputer, maka bisa saja kena tipu oleh penjual. Setidaknya Anda memilih penjual yang selektif, misal harus membeli di galeri resmi merek komputer bukan di toko elektronik biasa. Nah, begini tips aman beli komputer berkualitas yang harus diperhatikan.

Tips Aman Membeli Laptop Berkualitas

1.Cek Harga Barang

Sebelum membeli sebuah komputer/laptop, sebaiknya kenali harga pasaran yang sebenarnya. Pada umumnya harga barang tersebut tergantung dari spesifikasi komputer itu sendiri. Cobalah melakukan survey secara kecil-kecilan dengan search di Google. Paling tidak telah mengetahui seberapa patokan harga yang ditawarkan penjual, sehingga Anda dengan mudah melakukan penawaran kepada penjual tersebut.

BACA JUGA:  Merubah Ukuran Foto Menjadi 200 kb Tanpa Mengurangi Kualitas

2. Lihat Spesifikasi Komputer

Tips membeli komputer berkualitas adalah Anda harus memeriksa spesifikasi komputer. Cobalah periksa secara langsung, yakni dengan melakukan dua hal penting. Pertama tekan tombol start + R, kemudian ketikkan dxdiag << enter dan muncul kotak dialog. Barulah cek kembali secara seksama. Cara kedua adalah dengan klik start << pilih computer << klik kanan dan pilih properties << muncul kotak dialog, dan cek spesifikasi dengan seksama.

3. Periksa Sistem Operasi Windows

Sistem operasi Windows sangat perlu dilakukan pengecekan karena akan mempengaruhi kinerja komputer. Jika Anda membeli komputer model terbaru, cobalah cek sistem operasinya. Apakah menggunakan Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Selain itu, kenali juga keadaan software/aplikasi komputer untuk beberapa menit. Paling tidak aplikasi berjalan lancar tanpa mengalami lag sedikitpun.

BACA JUGA:  Tips Membersihkan Layar Komputer yang Jarang Diketahui Orang

4. Memeriksa Layar Monitor

Layar monitor LCD merupakan bagian penting dari perangkat komputer. Anda harus memeriksa bagian tersebut dengan detail. Jika komputer/laptop dalam keadaan hidup, silahkan cek dengan software Pixel Repairer karena Anda bisa melihat secara jelas kondisi layar monitor. Kemudian jika dalam kondisi mati, maka harus memastikan tidak ada bintik, garis, atau warna yang berbeda di setiap sudut layar komputer. Anda juga harus mengeceknya dengan melakukan restart berulang kali.

Itulah cara aman beli komputer berkualitas dan bagus yang wajib Anda ketahui sebelum bertandang ke toko komputer. Tak hanya itu, Anda juga harus mengecek garansi, label, dan merek komputer/laptop yang akan Anda beli. Jangan terlalu memikirkan harga murah karena belum tentu berkualitas tangguh.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.