Tips Membersihkan Layar Komputer yang Jarang Diketahui Orang

Tips membersihkan layar komputer memang termasuk hal sepele dan tidak begitu diperhatikan oleh penggunanya. Padahal membersihkan layar sangat penting, karena apapun yang terjadi layar monitor adalah tempat untuk melihat hasil tampilan pekerjaan. Apalagi komputer merupakan barang atau peralatan elektronik. Setidaknya harus senantiasa dirawat setiap hari, agar terhindar dari debu dan kotoran lain.

Bukan hanya itu, jika layar komputer yang Anda miliki termasuk jenis layar sentuh. Pasti sangat rawan akan noda dan debu untuk menempel di layar tersebut. Setiap jari Anda mengetik di layar komputer, maka jari-jari tangan mulai mentrasfer noda dan kuman pada layar. Pastikan Anda perhatikan cara membersihkan layar komputer, seperti ulasan berikut ini.

Tips Membersihkan Layar Komputer yang Kotor

1. Gunakan dengan Lap Kering

 Anda dapat memanfaatkan lap kering pada pembersihan layar komputer atau laptop. Sebaiknya menggunakan kain bebas serat non abrasif saat mengelap bagian layar. Beberapa jenis kain nonabrasif yang disarankan, yaitu kaus oblong katun, serbet katun, sapu tangan katun, dan microfiber. Hindari menggunakan jenis kain seperti lap piring, tisu wajah, serta handuk kertas.  Cara membersihkannya dengan melakukan gerakan lambar dan melingkar.

BACA JUGA:  Cara Menambahkan Stempel di PDF Menggunakan Laptop Komputer Tanpa Hapus Background

2. Bersihkan dengan Air yang Tepat

Menggunakan air yang tepat dalam membersihkan bagian layar monitor penting dilakukan. Jangan gunakan air keran pada saat membuat larutan pembersih untuk layar komputer. Pasalnya air keran seringkali mempunyai kandungan air mineral yang mampu merusak monitor. Ada baiknya jika Anda menggunakan air suling yang bisa dibeli toko-toko atau pasaran  tertentu.

3. Berikan Unsur Larutan Pembersih

Ada kalanya Anda menggunakan unsur larutan pembersih buatan sendiri, misalnya cuka putih atau isopropil. Kedua unsur larutan pembersih tersebut sangat efektif digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada layar komputer. Akan tetapi, jangan gunakan campuran kedua larutan secara bersamaan, karena akan membuatnya tidak efektif. Jadi pilihlah salah satu saja.

BACA JUGA:  Cara Menjadikan 1 File PDF Online

Selain itu, hindari memanfaatkan bahan pembersih dengan kandungan amonia yang biasa digunakan untuk pembersih jendela. Hal semacam ini hanya akan menimbulkan hitam pada layar monitor. Nah, jika Anda menggunakan larutan isopropil alkohol juga jangan gunakan campuran secara berlebihan. Sedangkan untuk cuka cobalah dengan campuran air 50/50 dalam perbandingannya

4. Manfaatkan Kit Pembersih

Cobalah sesekali gunakan kit pembersih yang berkalitas baik untuk bersihkan layar monitor. Biasanya kit pembersih dilengkapi juga dengan kain microfiber, yang pastinya cocok untuk menghilangkan noda atau kuman pada layar LCD laptop. Jika perlu manfaatkan pula tisu pembersih khusus yang sekali pakai untuk monitor, sehingga layar komputer tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

Demikian kiat membersihkan layar komputer yang jarang diketahui para penggunanya. Jika Anda menggunakan jenis larutan pembersih jangan sampai mengenai bagian lain pada komputer. Pastinya saat membersihkan layar monitor komputer dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber listrik.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.