Cara Memilih Sistem Operasi Komputer agar Lancar dan Nyaman

memilih OS komputer yang bagus

Saat memilih dan menentukan sistem operasi komputer seharusnya diperhatikan betul. Mengingat begitu banyak OS atau sistem operasi yang dirilis oleh pihak Microsoft sejak dulu. Tentu saja, setiap OS yang ditawarkan Windows memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal semacam inilah yang tidak dapat diaplikasikan untuk berbagai tipe komputer maupun piranti laptop.

Beberapa OS yang sering digunakan saat ini, misalnya Windows XP, Windows 7, hingga Windows 8. Sebagian pengguna komputer mungkin tak paham akan sistem operasi tersebut. Pasalnya tidak bisa dirasakan secara fisik tetapi dapat dilihat dan diterapkan pada perangkat software komputer. Nah, berikut adalah cara memilih sistem operasi komputer agar lancar dan nyaman saat digunakan.

Cara Memilih Sistem Operasi Komputer atau Laptop

1.Pastikan Windows Komputer Stabil

Jangan asal install sistem operasi windows, karena belum tentu perangkat komputer atau laptop Anda support dengan OS tersebut. Pasalnya jika salah memasang OS windows akan membuat komputer tidak bisa bekerja secara maksimal. Pastikan komputer Anda sesuai dengan versi windows yang akan diaplikasikan. Biasanya versi Windows 7 paling banyak digunakan untuk komputer dan laptop, karena dirasa sudah stabil dan tak ada pengembangan lagi.

BACA JUGA:  Tips Membersihkan Layar Komputer yang Jarang Diketahui Orang

2. Gunakan Windows XP pada Komputer Lambat

Seperti yang kita tahu bahwa Windows XP adalah keluaran pertama dari Microsoft. Bahkan sampai kini penggunaan OS tersebut masih dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Namun sayangnya, Windows XP paling cocok diaplikasikan pada komputer lambat atau komputer zaman dulu. Hal ini karena komputer model dulu tidak akan mendukung penggunaan OS dari Windows 7 ke atas.

3. Pilih Windows yang Berperforma Cepat

Hampir semua orang menginginkan performa komputer dengan performa cepat dan stabil. Pastinya kecepatan proses booting juga memicu keunggulan dari windows. Jika komputer atau laptop Anda mensupport kecepatan booting yang maksimal, cobalah aplikasikan Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Tanyakan saja pada operator komputer atau programmer untuk mengecek kestabilan sistem operasi Windows tersebut setelah diterapkan pada komputer.

BACA JUGA:  Cara Merubah Ukuran Foto Menjadi 3x4 atau 4x6 Menggunakan Office Picture Manager

4. Tentukan Windows Sesuai Kebutuhan

Sebaknya Anda pilih windows sesuai kebutuhan dalam melakukan kegiatan multitasking pada komputer. Jika komputer/laptop hanya digunakan aktivitas sehari-hari yang bersifat ringan, maka aplikasikan Windows 7. Windows 7 ini paling tepat diterapkan untuk mengolah data, bermain game, sistem multimedia, dan akses internet. Sedangkan bila komputer dimanfaatkan untuk soal bisnis atau bekerja maka harus gunakan Windows 8 atau Windows 10.

Itu dia cara memilih sistem operasi komputer agar terasa lebih lancar dan nyaman. Sebetulnya setiap OS Windows mempunyai fungsi sama saja, hanya saja setiap versi windows terbaru memiliki fitur up to date daripada versi sebelumnya.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.