Mengatasi Tidak Bisa Copy Sheet di Excel (Name Conflict)

Cara mengatasi tidak bisa move or copy pada sheet Excel 2007, 2010, 2013, 2016 sangatlah mudah. Biasanya pengguna menyebutnya Error Name Conflict. Mungkin diantara kalian ketika ingin copy sheet namun yang muncul adalah The name "\nn" Already Exists. Klik Yes that version of the name, or Click No to rename the version of "\nn" you’re moving or copying. Hal ini umumnya terjadi pada file Excel yang banyak sheet dan banyak rumus yang berkaitan antar sheet.

Ketika anda akan mengcopy sheet dan error muncul tulisan peringatan "A formula or sheet you want to move or copy contains the name '\CC', which already exists on the destination worksheet..." Lalu jika diklik YES maka akan muncul terus menerus.

Tidak Bisa Move or Copy Sheet Excel

Dan jika di klik NO maka akan muncul peringatan Name already exists on destination sheet.

Mengatasi Tidak Bisa Copy Sheet Excel

Setelah itu anda tidak dapat kembali ke halaman sheet secara normal seperti sebelumnya, karena baik diklik YES atau NO hasilnya tidak berubah. Berdasarkan informasi di forum penyebabnya diakrenakan banyak sheet yang tersembunyi (hiden) dan banyak sheet yang neglink ke sheet lainnya, lalu bagaimana cara mengatasinya?

BACA JUGA:  Apa yang Baru di Office 2016?

Cara Menghilangkan Name Conflict di Excel

Tahap 1 - Setelah muncul dialog Name already exists on destination sheet anda tidak bisa berbuat apa-apa. Oleh karena itu anda harus menutup Excel dengan cara paksa yaitu: Klik KANAN pada Taskbar -> Pilih START TASK MANAGER.

Lalu klik pada program Excel kemudian klik tombol END TASK.

Selanjutnya akan muncul peringatan, silahkan klik END NOW saja.

Setelah anda menutup file excel dengan cara di atas selanjutnya buka file excelnya kembali.

 

BACA JUGA:  Cara Membuat Titik pada Angka di Excel

Tahap 2 - Setelah program excel tertutup dengan cara di atas selanjutnya buka lagi file excelnya. Kemudian buka sheet yang error ketika di copy. Pilih menu FORMULAS -> NAME MANAGER.

Tahap 3 - Kemudian akan muncul kotak Name Manager. Pada menu FILTER pilih Named Scoped to Worksheet dan Names with Errors.

Tahap 4 - Kemudian klik pada dalam kotak di baris pertama lalu di keyboard anda tekan tombol CTRL SHIFT END agar semua link dalam kotak terpilih semua, kemudian tekan tombol DELETE di keyboard. Lalu OK.

Hapus name conflict sheet excel

Langkah sudah selesai, silahkan anda coba kembali copy sheet yang error tadi, mungkin akan muncul name conflict lagi, silahkan anda klik YES lagi namun tidak sebanyak sebelum kita lakukan trik di atas. Selamat mencoba.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.