Penjelasan Tentang Apa Mbps, Kbps, MB/s, kB/s

Penjelasan Tentang Apa Mbps, Kbps, MB/s, kB/sIstilah-istilah ini mungkin membingungkan Anda, bahkan jika Anda sangat melek komputer. Apa perbedaan bit dengan byte. Kapan dan di mana istilah itu digunakan? Kami akan mencoba yang terbaik untuk menjelaskan hal ini agar semua orang bisa mengerti. Artikel ini sekaligus sebagai jawaban atas pernyataan Jakaaria. "Kenapa orang lebih suka menggunakan Megabit daripada Mega Byte untuk parameter kecepatan internet, karena bagi saya yang awam ini, menggunakan Mega Byte lebih tepat".

Penjelasan Tentang Apa Mbps, Kbps, MB/s, kB/s

Skala bit digunakan ketika Anda menggambarkan kecepatan koneksi Anda. Jika Anda menggambarkan seberapa cepat file ditransfer, menggunakan istilah byte.

Perhatikan, penulisan singkatan adalah case sensitive. Yaitu, membedakan huruf kapital dan bukan kapital (huruf besar dan huruf kecil). Contoh, Mbps berarti megabit per second, MB/s berarti megabyte per second.

Skala bit - Kecepatan Koneksi / Throughput

Bit adalah jumlah terkecil dari informasi pada komputer. Satu (1) Kilobit (Kbit) adalah 1000 bit, kata "kilo" berarti 1000. Satu (1) Megabit (Mbit) adalah 1000 kilobit atau 1.000.000 bit. Dan satu (1) Gigabit (Gbit) adalah 1000 Megabit. Jika Anda teruskan skala yang sama Anda akan sampai di Terabit (Tbit). Lanjut ke petabit (Pbit), Exabit (Ebit), Zettabita (Zbit) dan Yottabita (Ybit). Misalnya ketika sebuah alat penguji kecepatan mengatakan koneksi Anda adalah 512 Kbps, itu 512 kilobit per detik. Bila Anda melihat 52 Mbps, itu 52 Megabits per detik. Perhatikan, skala bit digunakan untuk mengatakan kecepatan koneksi.

BACA JUGA:  Seberapa Kuat Password Anda? Periksa di Kaspersky Password Secure Check

Skala Byte - Kecepatan Transfer File Binary

Skala lain adalah skala byte. Apa perbedaan "bit" dan "byte"? Byte digunakan ketika berbicara tentang data biner, seperti file. Alasan ada perbedaan karena data biner informasi yang disimpan menggunakan simbol kode, masing-masing terdiri dari 8 bit informasi. Sistem komputer awal menggunakan representasi desimalĀ  kode biner 4-bit, 6-bit dan bahkan 7-bit.

Perbedaan bit dengan Byte

Skala bit digunakan ketika Anda menggambarkan kecepatan koneksi. Skala byte menggambarkan seberapa cepat file ditransfer. Perbedaan lainnya adalah skala byte menggunakan faktor kelipatan 1024 bukan 1000. Kesalahpahaman umum adalah bahwa ini juga berlaku untuk jaringan, itu tidak. Dalam konteks jaringan kecepatan menggunakan faktor kelipatan 1000 bukan 1024.

Manufaktur menjual produk mereka menggunakan faktor 1000 karena lebih mudah bagi konsumen untuk memahami. Misalnya, bisa sangat membingungkan untuk orang awam ketika Anda memberitahu mereka bahwa dua kali lipat 32K hasilnya 65K. Untuk meringankan kebingungan singkatan baru diciptakan untuk mewakili konversi dengan faktor 1024 (mis KiB, MiB, GiB). Tapi ini belum diadopsi oleh semua orang. Jadi 1 kB bisa berarti 1000 byte atau 1024 bytes tergantung pada siapa Anda bertanya.

BACA JUGA:  Jual Beli Akun Let's Get Rich, Tip Aman dan Harga

Aturan praktis yang baik adalah bahwa jika Anda sedang berbicara tentang alokasi memori atau penyimpanan maka menggunakan faktor 1024. Sedangkan dalam konteks jaringan menggunakan faktor 1000, ini adalah standar industri.

Jadi sekarang Anda harus tahu bahwa 1 byte sama dengan 8 bit. 1 kilobyte (kB) adalah 1024 bytes. 1 Megabyte (MB) adalah 1024 kilobyte. 1 Gigabyte (GB) adalah 1024 Megabyte. Tapi itu 1 kB/s adalah sama dengan 1000 bps. 1 MB/s adalah 1000 kB/ s. 1 GB/s adalah 1000 MB/s. Bila Anda melihat 2,8 MB / s, itu 2,8 Megabyte per detik. Karena dalam konteks jaringan, konversi menggunakan faktor 1000 byte per kilobyte digunakan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Penjelasan Tentang Apa Mbps, Kbps, MB/s, kB/s semoga bermanfaat. Sumber: TMN.

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.