Tidak Perlu Modem Kalau Ada Tablet atau Smartphone

modem flash
Modem Flash

Modem flash saya sudah lama parkir setelah saya memiliki smartphone. Saya lebih sering menggunakan smartphone sebagai modem untuk mengakses internet di laptop dibandingkan menggunakan modem flash. Tetapi tidak semua pemilik smartphone melakukan hal yang sama.

Saya tergerak untuk menulis artikel ini karena melihat orang yang memegang smartphone koq membeli modem flash. Semoga karena ketidaktahuannya bahwa smartphone yang ia pegang bisa berfungsi sebagai modem.

Sambungan smartphone ke laptop dapat dilakukan dengan tethering, tethering kabel atau tethering WiFi. Saat baterai smartphone penuh saya menggunakan tethering WiFi, sebaliknya, saat baterai di bawah 30% saya menggunakan tethering kabel (USB tethering). USB tethering selain bekerja sebagai sambungan juga sekaligus charging (pengecasan). Selain kedua jenis tethering tersebut masih ada satu jenis lagi, yaitu Bluetooth tehthering.

BACA JUGA:  9 Hal Tentang Kamera Android yang Perlu Anda Ketahui

Ponsel sebagai modem bukanlah hal baru yang hanya bisa dilakukan oleh smartphone kini. Ponsel generasi lebih awal sudah bisa berfungsi sebagai modem, misalnya Sony Ericsson seri K550i, C702, W980, Nokia 7610, dan selainnya. Tetapi jauh lebih mudah menggunakan smartphone sebagai modem dibandingkan ponsel jaman dulu. Silahkan baca artikel Cara Mengatasi Masalah Tethering USB dan Wi-Fi HP Android sebagai Modem untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan tablet atau smartphone sebagai modem dan cara mengatasi masalah terkait dengannya.

BACA JUGA:  Cari Tahu Aplikasi yang Menguras Baterai di Windows 10

Kecepatan internet smartphone sangat baik, tidak kalah dengan modem yang memang dirancang khusus hanya untuk akses internet. Itu dimungkinkan karena internet seluler built-in pada smartphone menggunakan teknologi 3G bahkan ada yang 4G.

Akankah kehadiran smartphone membunuh modem flash? Mungkin dua tahun ke depan kita akan jarang melihat modem flash seperti jarangnya kita melihat telepon kabel.

Terimakasih smartphone 🙂

Tip. Saat menggunakan tablet sebagai modem pada mode USB tethering Anda tidak dapat menjelajahi file dalam tablet/smartphone Anda. Beralihlah ke WiFi tethering tanpa melepas kabel agar Anda dapat menjelajahi file.

3 comments

  1. Terima kasih artikelnya sangat berperan dalam aktivitas pemakaian PC. Sekalian tanya fungsi antena omni apa untuk penguat sinyal? Bisa tidak ya kalau disambungkan ke tablet?

    1. Iya untuk memperluas jangkauan nirkabel. Antena omni kompatibel dengan sebagian besar perangkat wireless (Access Poin, Router, Bridges dan Network Adapters) di pasaran dengan antena eksternal yang yang dapat dilepas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.