Cara yang Benar Mengisi Tinta Warna Merah, Kuning, dan Biru pada Cartridge Warna Printer HP dan Canon

Mengisi tinta printer terlihat mudah tapi cukup sulit saat Anda melakukannya sendiri. Bila tidak berpengalaman bisa shock sendiri. Contoh kasus, seorang teman mengisi ulang (refill) tinta warna pada cartridge printer-nya. Merah, kuning, dan biru disuntikkan masing-masing ke lubang cartridge yang tersedia. Ternyata, hasil print out tidak sesuai dengan harapan, biru semua. Shock sendiri akhirnya. Saya katakan padanya, itu salah suntik. Tinta warna yang disuntikkan pasti tertukar. Kesalahan seperti ini sering saya temui bahkan saya sendiri mengalaminya saat pertama kali mengisi ulang tinta warna printer HP.

Tahukah Anda bahwa penunjuk warna pada cartridge printer HP itu “menipu”. Warna biru dan kuningnya tertukar. Jadi, indikator tinta warna biru sebenarnya isinya kuning dan sebaliknya indikator tinta warna kuning sebenarnya isinya kuning.

Bagaimana solusinya jika ini terjadi? Bagaimana cara menentukan lubang yang benar untuk warna merah, biru, dan kuning? Perhatikan gambar berikut ini:

Cara yang Benar Mengisi Tinta Warna Merah, Kuning, dan Biru pada Cartridge Warna Printer HP dan CanonJika pertama kali Anda mengisi tinta warna maka Anda pasti akan menyuntikkan warna biru di lubang sebelah kiri, merah di lubang tengah, dan kuning di lubang kanan, mengikuti gambar tersebut. Padahal urutan yang benar adalah kuning di lubang sebelah kiri, merah di tengah, dan biru di kanan. Jadi, warna merah sudah tepat ditengah sesuai gambar, sedangkan dua warna lainnya adalah kebalikan.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Tombol Burn Windows 7

Nah, bagaimana dengan printer Canon? Cartridge warna untuk printer Canon tidak memiliki penunjuk warna seperti cartridge warna printer HP. Jadi bagaimana cara menyuntik warna merah, kuning, dan biru? Coba Anda buka label yang ada, akan terlihat tiga bulatan kecil yang menunjukkan tempat tinta warna. Anda bisa menggunakan paku atau alat yang lebih baik misalnya bor besi untuk melubanginya. Perhatikan gambar berikut.

Anda lakukan hal-hal berikut:

  1. Setelah lubang selesai Anda buat, ambillah selembar tissue kemudian lipat seperti yang tampak dalam gambar.
  2. Pegang cartridge menggunakan satu tangan dengan arah yang sesuai seperti saat cartridge terpasang di printer, kemudian usap bagian bawah cartdrige (mulut semprot) menggunakan tangan satunya.  
  3. Tadaaa….warna biru, merah, dan kuning akan terlihat. Urutan warna pada usapan tissue tersebut adalah urutan yang sama dengan lubang warna pada cartdridge.
  4. Isi tinta pada lubang yang tersedia dengan melihat urutan warna pada tissue.
BACA JUGA:  Cara Menjalankan Firefox dalam Mode Aman

Kesimpulannya, cara paling mudah untuk menentukan lubang warna merah, biru, dan kuning pada cartridge warna printer HP dan Canon adalah mengusap mulut semprot menggunakan tissue. Sederhana bukan? Ngomong-ngomong ini trik rahasia lho hehehe… yang diajarkan oleh adik saya Lalu Fathul Hidayat. Saya mengira semua orang tahu trik sederhana ini tapi kenyataanya masih banyak yang tidak tahu. Oleh karena itu saya buat tutorial ini.

Bagaimana jika terlanjur salah?

  • Jangan shock dulu, jangan beli cartridge baru 🙂
  • Ambil tissue, tempelkan pada mulut semprot cartridge, atau letakkan cartridge di atas tissue yang dilipat. Tujuannya agar tinta terserap semua. Lakukan hingga tinta benar-benar habis.
  • Isi kembali tinta warna dengan cara yang benar.
  • Lakukan penyetakan (print out). Hasil cetakan pada awalnya mungkin tidak akan sesuai tetapi lama-kelamaan pasti normal kembali.

Semoga membantu.:)

70 comments

    1. Hehe..lucu 🙂
      Yakin tinta hitamnya jadi hijau, rasanya gak mungkin? Kecuali salah isi. Untuk memastikannya coba habiskan tinta pake tissue kemudian isi ulang trus coba print lagi.

    2. Bro klo sdh terlanjur salah isi warna, cara cepat mengisongkan isi cartridge, letakkan cartridge d atas tissue dg posisi yg datar. Atau klo nekat buka aja penutup cartridge kemudian cuci dengan air spons yg ada d dalam. Hati-hati jangan sampai headnya rusak

  1. Kalo saya sih sudah benar mas urutan warnanya, tapi saya salah isi tinta. Cartdrige saya no 22, terus saya isi tinta 28.
    Warnanya jadi aneh mas, warna hijau, kuning, dan orange sudah benar. tapi war na merah = kuning, biru = hijau. Ini cuma diawal ngeprint atau bakal terus seperti itu ya mas ?

    1. Pengalaman saya, tidak terlalu masalah dengan kode tinta asalkan warna tintanya sesuai. Kalau memang mengisi warnanya sudah benar, nanti setelah beberapa kali print akan normal lagi.

  2. kang…sy pertama kali pake printer hp 1050,utk pertama kali sy refil sndiri,sy ikuti sesuai petunjuk,tp knp ya lmpu indikator masih nyala terus????tp ngeprin normal2 aja…..apa ada mslh???…mhn pencerahannya…tks

    1. udah kang…salah isi di lubangnya kayaknya…pas saya tekan pake paku ternyata itu lubang udaranya…trus sy lubangin yg bagian kerasnya pake paku trus tintanya sy masukin sampe cukup,alhamdulillah udah normal lagi trus hasilnya jg bagus…lmpu indikator juga mati menandakan tinta udah penuh….makasih kang….

    2. Boleh dikit koreksi kang, tentang pernyataan yang ini “Tahukah Anda bahwa penunjuk warna pada cartridge printer HP itu menipu. Warna biru dan kuningnya tertukar.” mmhh.. nampaknya tidak sepenuhnya menipu hanya saja posisi ketika memegang catridgenya mungkin yang tertukar 😀 kalau cara memegangnya kita balik dengan memposisikan head catridge yang ada aluminiumnya itu maka pernyataan ini benar adanya “Padahal urutan yang benar adalah kuning di lubang sebelah kiri, merah di tengah, dan biru di kanan. Jadi, warna merah sudah tepat ditengah sesuai gambar, sedangkan dua warna lainnya adalah kebalikan.”

      dan..

      penjelasan berikut ini ” Nah, bagaimana dengan printer Canon? Cartridge warna untuk printer Canon tidak memiliki penunjuk warna seperti cartridge warna printer HP.” sejauh yang saya ketahui saat refill tinta warna catridge canon penjelasan tentang lubang warna sudah ada di bungkusan kotak refill canon, misalnya seperti pada bungkusan tinta data Print (maaf bukan promosi) hehe. tapi memang betul sih di catridge warna canon tidak menampilkan gambar anmun sudah ada di bungkusan tinta warna seperti yang disebutkan di atas.

      walaupun begitu saya masih mendapatkan kebingungan saat setelah mengisi tinta catridge pada printer canon. kan biasanya tiap akan habis tinta. akan timbul pemberitahuan melalui gambar misalnya untuk catridge warna sudah menipis, namun setelah di isi kok indicator gambar catridge warna tersebut masih saja menunjukkan seperti belum di isi, padahal sudah di isi penuh???? itu solusinya gimana ya kang…

  3. thax gan wat info’y, bnr” brmnfaat trutama wat sy yg shock krn slh ngrefill tinta ^-^
    skaLi lg thax gan, artikel’y kereN!!! !! !

    1. Gabriel, Itu hal biasa terjadi kalau kita salah isi 🙂
      Solusi kalau warna kuning jadi orange: habiskan tinta yang ada dalam cartridge (caranya sudah saya jelaskan di artikel), setelah tintanya benar-benar habis segera isi kembali dengan benar.

  4. gan ane dah isi warna sesuai dengan lubang tapi indikator tinta nya kok low pas mau print padahal dah 3 buah suntikan gan masing” 1 merah kuning biru mohon penjelasannya

  5. Salam kenal kang, saya memakai printer canon pixma seri mg2470. Saya masih ragu2 untuk melubangi cartridgenya. Kalau yg saya baca dr postingan akang di atas, berarti urutan warna berdasarkan lubangnya, pertama biru (lubang 1 dr kiri foto di bawah) kedua merah (lubang 2 dr kiri d atas) terakhir kuning (lubang ke 3 dr kiri d bawah)?

  6. cara pake tinta ny kayak mana kang saya baru belajar memegang canon atau menjepret canon? kalo mau masukin foto ke handpone dari canon kayak mana kang?? salam kenal ya kang

  7. gan sya pkai hp 1515
    sya coba refill suntik
    awalnya wrna yg kluar merah aja
    trus yg kuning & biru sya tmbah
    skrg mlh yg merah g mau keluar
    tlg dbantu dong
    terima kasih

  8. Tanya nih, type printer HP , kayanya pas ngisi ulang urutannya sudah benar, ngeprint warna kuning sama warna biru normal, tapi kenapa pas ngeprint warna merah jadi warna oranye ya ? Ada yg tau knp dan solusinya ?

  9. saya pakai canon E400, cartridge nya kalau di injek kok tintanya keluar lagi ya? injek dari mulut semprot, terus keluar lagi dari bagian belakang

    1. Isi dari atas bukan dari bawah (mulut semprot), coba perhatikan gambar dalam artikel.

  10. Mau tanya saya pakai HP deskjet 2135 kan pakai cartridge 680 itu bisa ga kalo saya refill pakai data print? Terima kasib

  11. bang…saya pengguna printer hp 678; tinta warna saya isi sesuai petunjuk di atas.. awalny mungkin karena kebanyakan isinya warnanya jd cenderung kayak nyampur gt..apa memang gt ya??
    tp berikutny saya pakai print terus malah warna merahny jadi kayak tintany mau habis gt; selanjutnya coba saya isi lg merahny sampe meluber…ehh,,,terjadi lg tp pada tinta biru; selanjutny yg biru saya isi…ehh..gantian warna merah n kuningny jd kayak gt..
    itu kenapa ya bang…

    trims sebelumny…

    1. Coba dihabiskan dulu semuanya. Setelah itu isi lagi pelan-pelan dan jangan sampai meluber, cukup setengah spoit kecil.

  12. Mau tanya gan kalo saya pakai HP 2135 catridge 680 itu sudah dilubangi atau harus melubangi sendiri, kemudian apakah bisa di isi pakai data print?

  13. Mohon bntuan mas ..
    Saya pakai printer canon mx397 degan infus ..
    Saat saya print foto, warna hitam nya menjadi kehijauan mas ..
    Tapi saat print Ms word , hitam nya normal ..
    Sudah saya cleaning berkalikali tetap sama ..
    Padahal infus dan tinta nya baru ..
    Kira-kira solusinya apa ya?

  14. Kang sy pake print hp 2135, sudah sy suntik. Tapi kenapa indikator warna masih kosong, dan lampu nya masih kedip2, dan printer jg tidak mau jalan. Ada yg salah kah dlm pengisian?

  15. Mau tanya,, Saya udah isi tinta warna, awal nya warna merah yang habis, warna lain ada, nah saya isi semua warna, setelah saya isi semua dengan ukuran 3 ml, tapi warna gambar pas diprint kadang benar dan kadang warna merah nya tidak ada, tidak bener lah poko’ nya, dan di status catride warna nya Tanda seru.. mohon solusi nya

  16. Maaf mas. Setelah saya isi ulang koq jadi tidak bisa ya? Malah yang black nya juga jadi tidak jalan. Solusinya bagaimana. Lampu 3 yang warna kedip-kedip mulu.

  17. saya pakai printer canon pixma E400, ada masalah pada tinta berwarna, untuk warna kuning tinta nya tidak keluar, hasil print yang keluar berwarna ungu. sudah di cleaning beberapa kali tapi tidak ada perubahan.
    Belum lagi lampu nya kedip kedip terus, padahal kan tinta nya sudah diisi penuh.
    minta solusi nya mas biar saya nggak galau

  18. Berarti semua catrige itu cara mengisi tintanya sama? Kanan biru dan kiri kuning? Apa cuma printer merk HP yang begitu?? Soalnya ini sudah terlanjur saya isi jadi tidak bisa cek, terus tiap print out warna hasilnya hitam.

    1. Saya tidak pastikan semua. Tetapi saya sudah sampaikan cara mengetahuinya, seperti dijelaskan dalam artikel. Jika hasil cetakan hitam maka kemungkinan cartridge warna bermasalah.

  19. Bagaimana tandanya kalau tinta warna pada printer hp habis kang?(maklum awam kang)
    Kalau refill atau ganti cartridge apa harus bareng sekaligus antara hitam dan warna?

    1. – Hasil cetak warna sudah mulai kabur.
      – Tidak harus ganti semua/sekaligus, cukup ganti yang rusak saja.

  20. assalamualaikum kang, maaf mau tanya klo bersihin cartridge warna yg udah salah isi pake air panas di mangkok itu ada dampak buruknya tidak?
    dan satu lagi, kalo cartridge warna salah isinya cuma yg warna kuning, di keluarin semua warna nya pake tissu apa warna kuningnya aja?

    temakasih sebelumnya kang 🙂

    1. Tidak apa-apa, karena cartridge tipe begitu biasa basah dan panas. Tapi jangan air mendidih. Lebih bagus semprot pakai cairan pembersih LCD.
      Iya, keluarkan yang warna yang salah isi saja asal ketiganya belum tercampur.

  21. Mas, saya udh coba seperti yang disarankan pada artikel di atas. Tapi warnanya malah enggk karuan. Jd ini sbnarnya rusak catrigtnya atau gimana?

    1. Kalau masih bisa ngeprint, meskipun warna gak karuan berarti belum rusak. Yang perlu dilakukan adalah kosongkan lagi tintanya, isi sesuai prosedur yg sy jelaskan, kemudian kosongkan lagi, begitu terus sampai normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.