Cara yang Benar Mengisi Tinta Warna Merah, Kuning, dan Biru pada Cartridge Warna Printer HP dan Canon

Mengisi tinta printer terlihat mudah tapi cukup sulit saat Anda melakukannya sendiri. Bila tidak berpengalaman bisa shock sendiri. Contoh kasus, seorang teman mengisi ulang (refill) tinta warna pada cartridge printer-nya. Merah, kuning, dan biru disuntikkan masing-masing ke lubang cartridge yang tersedia. Ternyata, hasil print out tidak sesuai dengan harapan, biru semua. Shock sendiri akhirnya. Saya katakan padanya, itu salah suntik. Tinta warna yang disuntikkan pasti tertukar. Kesalahan seperti ini sering saya temui bahkan saya sendiri mengalaminya saat pertama kali mengisi ulang tinta warna printer HP.

Tahukah Anda bahwa penunjuk warna pada cartridge printer HP itu "menipu". Warna biru dan kuningnya tertukar. Jadi, indikator tinta warna biru sebenarnya isinya kuning dan sebaliknya indikator tinta warna kuning sebenarnya isinya kuning.

Bagaimana solusinya jika ini terjadi? Bagaimana cara menentukan lubang yang benar untuk warna merah, biru, dan kuning? Perhatikan gambar berikut ini:

Cara yang Benar Mengisi Tinta Warna Merah, Kuning, dan Biru pada Cartridge Warna Printer HP dan CanonJika pertama kali Anda mengisi tinta warna maka Anda pasti akan menyuntikkan warna biru di lubang sebelah kiri, merah di lubang tengah, dan kuning di lubang kanan, mengikuti gambar tersebut. Padahal urutan yang benar adalah kuning di lubang sebelah kiri, merah di tengah, dan biru di kanan. Jadi, warna merah sudah tepat ditengah sesuai gambar, sedangkan dua warna lainnya adalah kebalikan.

BACA JUGA:  Cara Menjalankan Control Panel Tools dari DOS

Nah, bagaimana dengan printer Canon? Cartridge warna untuk printer Canon tidak memiliki penunjuk warna seperti cartridge warna printer HP. Jadi bagaimana cara menyuntik warna merah, kuning, dan biru? Coba Anda buka label yang ada, akan terlihat tiga bulatan kecil yang menunjukkan tempat tinta warna. Anda bisa menggunakan paku atau alat yang lebih baik misalnya bor besi untuk melubanginya. Perhatikan gambar berikut.

Anda lakukan hal-hal berikut:

  1. Setelah lubang selesai Anda buat, ambillah selembar tissue kemudian lipat seperti yang tampak dalam gambar.
  2. Pegang cartridge menggunakan satu tangan dengan arah yang sesuai seperti saat cartridge terpasang di printer, kemudian usap bagian bawah cartdrige (mulut semprot) menggunakan tangan satunya.  
  3. Tadaaa....warna biru, merah, dan kuning akan terlihat. Urutan warna pada usapan tissue tersebut adalah urutan yang sama dengan lubang warna pada cartdridge.
  4. Isi tinta pada lubang yang tersedia dengan melihat urutan warna pada tissue.
BACA JUGA:  Cara Download Official ISO Windows 10

Kesimpulannya, cara paling mudah untuk menentukan lubang warna merah, biru, dan kuning pada cartridge warna printer HP dan Canon adalah mengusap mulut semprot menggunakan tissue. Sederhana bukan? Ngomong-ngomong ini trik rahasia lho hehehe... yang diajarkan oleh adik saya Lalu Fathul Hidayat. Saya mengira semua orang tahu trik sederhana ini tapi kenyataanya masih banyak yang tidak tahu. Oleh karena itu saya buat tutorial ini.

Bagaimana jika terlanjur salah?

  • Jangan shock dulu, jangan beli cartridge baru 🙂
  • Ambil tissue, tempelkan pada mulut semprot cartridge, atau letakkan cartridge di atas tissue yang dilipat. Tujuannya agar tinta terserap semua. Lakukan hingga tinta benar-benar habis.
  • Isi kembali tinta warna dengan cara yang benar.
  • Lakukan penyetakan (print out). Hasil cetakan pada awalnya mungkin tidak akan sesuai tetapi lama-kelamaan pasti normal kembali.

Semoga membantu.:)

70 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.