Font Notepad Tidak Bisa Kembali ke Default karena Firefox?

default font notepad berubah jadi arialEntah bagaimana tiba-tiba font Notepad Windows 8.1 saya berubah menjadi Arial. Ganjil sekali melihat tulisan dalam Notepad menggunakan font Arial. Dan anehnya lagi meskipin sudah saya ganti dengan font default-nya tetapi tetap saja kembali lagi menjadi Arial sewaktu membuka Notepad baru. Saya mencurigai teman saya yang menggantinya karena sebelum itu laptop saya dipinjam teman. Tetapi kemudian dugaan tersebut terpatahkan karena yang saya ketahui teman saya itu masih pemula, lagipula dia menggunakan laptop saya hanya untuk membuka Facebook.

default font notepad berubahBagaimana cara mengembalikan jenis font Notepad ke defaultnya? Hal ini sangatlah mudah, dan agar benar-benar mudah haruslah diketahui terlebih dahulu apa font default Notepad dan berapa ukuran font-nya. Ada beberapa cara mengembalikan font Notepad ke default-nya, melalui registry hingga menghapus peramban Firefox terbaru.

Font Default Notepad Windows 2000, XP, Vista, 7, dan Windows 8

Windows 2000, XP, Vista, dan 7 menggunakan font Lucida Console, Font Style Regular, dan Size 10.
Windows 8 (termasuk Windows 8.1) mengunakan font Consolas, Font Style Regular, dan Size 11.

BACA JUGA:  Cara Menyimpan Halaman Situs sebagai PDF di Ponsel

Kembali ke masalah saya. Saya telah mencoba mengembalikan font default Notepad dengan beberapa cara berikut:

  1. Cara pertama. Saya buka Notepad, klik Format pada menubar lalu memilih Font, memilih Font Style, dan memilih Size, saya akhiri dengan mengelik tombol OK. Pada titik ini font Notepad telah kembali ke defaultnya. Tetapi apa yang terjadi setelah Windows restart? Font Notepad kembali lagi ke Arial!
    font_default_notepad_windows_8
  2. Cara pertama gagal. Lalu saya coba cara kedua. Saya ke Registry, tepatnya ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Notepad. Saya ganti value data IfFaceName dari Arial menjadi Consolas. Cara ini gagal.
  3. Cara ketiga. Mengganti value IfFaceName ternyata tidak cukup, lalu saya nekad menghapus key Notepad dan ini sekaligus menghapus semua string di dalamnya, sekitar 20 string lebih termasuk IfFaceName. Catatan: Jangan khawatir jika Anda juga melakukan hal ini. Windows Anda tidak akan error, karena key Notepad akan diinstal lagi oleh Windows, otomatis. Dan itu artinya mengembalikan Notepad ke setelan defaultnya. Tapi sayang cara ini masih gagal dalam kasus saya.
    default font notepad reg
  4. Saya belum putus asa. Setelah semua cara di atas gagal, saya mulai mencurigai aplikasi/software yang bermasalah. Saya mulai menghitung aplikasi yang saya instal setelah masalah ini terjadi lalu saya lepas/buang (uninstall). Tetapi tetap font Notepad tidak bisa kembali ke defaultnya, masih Arial.
BACA JUGA:  Cara Disable Lock Screen Windows 8.1 dan Windows 8

Akhirnya saya benar-benar mencurigai Firefox, karena peramban ini saya setel otomotis update. Saya menginstal Firefox 32.0 stabil. Setelah update otomatis, Firefox saya sampai pada Firefox 32.0.3 saat masalah ini terjadi (katanya stabil tapi belum sebulan sudah update tiga kali hehe....

Setelah Firefox saya uninstal ternyata font Notepad masih Arial! Aaarrrggggghhhhh.......!!! Benar-benar pening dibuatnya.

Dalam keadaan nyaris putus asa saya unduh versi terbaru, Firefox 32.0.3 dan saya instal, akhirnya masalah saya terpecahkan. Font Notepad kembali ke dafaultnya, yaitu Consolas, tanpa saya utak-atik 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.