Cara Upgrade Windows 7 dan 8 ke Windows 10

Kabar baik untuk Anda, Anda bisa upgrade langsung Windows 7 dan Windows 8 (termasuk Windows 8.1) ke Windows 10. Ada dua pilihan yang bisa Anda gunakan untuk meng-upgrade Windows 7 dan 8 ke Windows 10. Pertama, upgrade menggunakan Windows Update; kedua upgrade menggunakan file ISO (bisa menggunakan Flash Disk).

Windows 10 RTM dengan nomor build 10240 rilis tanggal 29 Juli 2015.

Cara pertama, Upgrade Windows 7 dan 8 ke Windows 10 melalui Windows Update

Cara ini agak berat karena Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat.

  1. Buka Windows Update. Tekan tombol Windows di keyboard, lalu ketik “Windows Update” (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter.
  2. Klik tombol Check for updates. Tunggu hingga proses pemeriksaan update selesai, ini membutuhkan waktu, tunggu saja.
  3. Setelah selesai, update Windows 10 seharusnya ada. Klik tombol Install untuk mulai upgrade (atau Get Started).
    Upgrade ke Windows 10 melalui Windows Update
  4. Prosesnya mungkin lama karena file yang di download sangat besar: 2,5 Gigabyte lebih.
  5. Selanjutnya update berjalan sama dengan proses upgrade menggunakan file ISO.

Jika Windows Anda disetel selalu update otomatis maka Anda akan mendapat notifikasi upgrade ke Windows 10. Notifikasi terlihat di Taskbar.

Untuk memulai proses upgrade, klik ikon notifikasi tersebut kemudian klik tombol Upgrade now atau Start download, upgrade later.

upgrade dari windows 7 ke Windows 10 notifJika Anda tidak mendapati update Windows 10 setelah langkah-langkah di atas maka lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Download program kecil dari Microsoft untuk mempersiapkan upgrade Windows 7 dan Windows 8. Ukuran file hanya 10,6 MB. Download melalui link resmi berikut:
    http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=522367
  2. Jalankan program tersebut.
  3. Setelah proses selesai Anda akan diminta untuk me-restart PC. Lakukan restart.
  4. Windows Update akan langsung dijalankan saat PC hidup. Proses pemeriksaan update Windows 10 berjalan.
  5. Setelah siap klik tombol Install.
BACA JUGA:  Daftar Perubahan dan Fitur Windows 10 Creators Update (RS2)

Cara kedua, Upgrade Windows 7 dan 8 ke Windows 10 menggunakan file ISO

Saya menyarankan Anda menggunakan cara ini karena lebih mudah dan relatif lebih aman.

  1. Download file ISO Windows 10 yang sesuai dengan arsitektur Windows Anda, apakah 32-bit atau 64-bit perhatikan juga edisi Windows yang Anda miliki (baca: Edisi Windows 7 dan 8 yang bisa Upgrade ke Windows 10).
  2. Buat intaller menggunakan USB Flash Disk, lihat caranya di SINI. Jika PC/Laptop mendukung UEFI baca artikel: Solusi Windows canโ€™t be installed on drive 0 partition.
  3. Setelah USB installer selesai Anda buat, colok ke PC atau Laptop. Klik ganda setup.exe.
    upgrade windows 7 dan 8 ke indows 10 - 1
  4. Windows mempersiapkan proses ugrade.
    upgrade windows 7 dan 8 ke indows 10 - 2
  5. Selanjutnya akan muncul jendela License terms, centang I accept the license terms kemudian klik tombol Accept.
    upgrade windows 7 dan 8 ke Windows 10 - lic
  6. Tunggulah, Anda akan melihat jendela We’re getting a few things ready, lalu Making sure you’re ready to install.
    upgrade windows 7 dan 8 ke Windows 10 - ready
  7. Kini Anda sampai pada jendela Choose what to keep. Di sini Anda harus berhati-hati. Ada tiga pilihan tersedia: Keep Windows settings, personal files, and apps; Keep personal files only; dan Nothing. Default-nya yang terpilih adalah opsi “Keep Windows settings, personal files, and apps”. Pilihan ini disarankan agar setting-an, file, dan aplikasi yang terinstal di Windows yang sekarang tidak terhapus. Setelah siap klik Next.
    upgrade windows 7 dan 8 ke Windows 10 - choose
  8. Memulai proses menginstal Windows 10, tunggulah. PC akan restart beberapa kali.
  9. Setelah ugrade sukses selanjutnya Anda akan mendapat pesan “Hi there, welcome back!”, masukkan password (jika sebelumnya Anda sudah membuat password log-in). Klik Next.
  10. Jika ada jaringan Wifi tersedia Anda akan mendapat pesan “Lets get connected”. Pilih Wi-Fi atau klik “Skip this step” jika Anda tidak ingin terhubung dengan internet.
  11. Muncul jendela “Set up for you, so you can get going fast”, klik saja “Use express settings”, tunggulah prosesnya.
  12. Selesai. Kini Windows 7 dan 8 sudah diupgrade ke Windows 10.
BACA JUGA:  Instal Windows 10 Menggunakan Media Creation Tool

Penting:

  • Kapanpun Anda bisa kembali lagi ke Windows 7 atau Windows 8 dengan mudah.
  • Untuk kembali ke Windows 7 atau Windows 8, saat login pilih opsi Windows Rollback (Restoring your previous version of Windows…).
  • Meskipun saya tidak mengalami masalah sedikitpun saat proses rollback tetapi membackup data Anda yang di C: adalah bijaksana sebelum melakukan upgrade.
  • Jika Anda menggunakan Windows versi 32-bit Anda tidak dapat upgrade ke Windows versi 64-bit, lakukan upgrade dengan arsitektur sama.
  • Tidak ada opsi mengubah bahasa saat proses upgrade.

Cara Kembali (downgrade) dari Windows 10 ke Windows 7 atau Windows 8

Kapanpun Anda mau Anda bisa kembali ke Windows 7 atau Windows 8. Prosesnya lebih mudah dan lebih cepat dibanding proses upgrade. Di laptop yang saya uji hanya butuh waktu 4 menit. Saat log-in pilih Windows Rollback. Proses akan berjalan otomatis. Anda tidak perlu melakukan apapun.

Penawaran upgrade gratis ini hanya berlaku satu tahun sejak tanggal rilis Windows 10, 29 Juli. Setelah setahun tidak ada lagi upgrade gratis.

Tidak dibutuhkan key saat instalasi dan Windows 10 hasil upgrade akan teraktivasi (activated) setelah terhubung ke internet.

112 comments

    1. Windows 10 Technical Preview build 9926 adalah versi terbaru. Versi ini belum final/stabil. bug tentu ada, contohnya Menu Start lama membuka pada saat pertama kali Anda klik tombol Menu Start. Adapun Windows 10 versi final (RTM) akan rilis paling cepat sekitar bulan Juni 2015, tetapi bisa jadi akhir tahun.

  1. gan punya ane kok waktu login itu gak ada pilihan rollback nya? mohon pencerahannya VRAM saya jd bermasalah ๐Ÿ™

    1. klo roll back gak keluar bisa pake system restore, Troubleshoot -> Advanced Options kemudian pilih atau uninstall secara manual updatenya melalui control panel untuk mengetahui yg mana update yg terinstall sortir saja berdasarkan tanggalnya (Installed On).

  2. Saya instal windows 10 preview pakai cara 2 melalui windows 8.1, namun kenapa saat masuk ke pilihan “choose what to keep” kok nggak ada pilihan ‘Keep windows settings, personal files, and apps’? Yang ada malah yang pilihan kedua sama ketiga aja.

    gmn gan biar caranya ada pilihan yg pertama? karena saya nggak mau apps saya hilangan karena udah banyak apps saya. Terimakasih..

    1. Mungkin agan Adi memindahkan folder User atau ProgramData (My Documents, My Music, My Pictures, dan sejenisnya) ke drive selain “C”, misalnya “D”. Jika ya, coba kembalikan ke drive “C”.

    1. gak kok bro spek berikut ini udah cukup bro
      Processor: 1 gigahertz (GHz) atau faster processor or SoC
      RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit atau 2 GB for 64-bit
      Hard disk space: 16 GB untuk 32-bit OS 20 GB untuk 64-bit OS
      Graphics card: DirectX 9 atau lebih baru dg WDDM 1.0 driver
      Display: 1024×600

  3. Saat instalasi windows 10, ketika saya klik instal muncul pesan error yg tulisannya kira-kira begini ” the key you entered is doesnt match…” apakah ada solusinya. Trims

  4. mau tanya, kalau mau kembali ke windows 8.1, langkah-langkah riilnya bagimana Mas Lalu Abd. Rahman? saya belum paham benar, soalnya log innya kok gak muncul. Terima kasih

    1. Wasidi, kalau upgrade dari Windows 8.1 ke Windows 10 menggunakan cara dalam artikel ini maka seharusnya pilihan rollback itu ada.

      Atau coba via setting di charms (tekan Windows+C lalu klik Settings) > update and recovery > Recovery, di advanced start up pilih Restart now.

  5. Windows laptop sy Windows 8 bukan windows 8.1 . Saya sudah mengikuti prosedur anda, ttp tdk ada tawaran upgrade…..Padahal saya sudah update semuanya. Tidak ada lagi yg diupdate lagi. Terus mengenai simbol Windows itu saya tdk ada di kanan tetapi di kiri, dan klo saya mengclicknya muncul ke gambar aplikasi (yg gambar simbol2 windows 8, yg jadi ciri khasnya)….bagaimana supaya simbol windowsnya bisa di kanan dan bisa lanjut prosedurnya spt yg anda tuliskan? Tolong bantuannya. Terima kasih banyak, TUHAN memberkati.

  6. Kalau tawaran upgrade tidak ada silahkan download file ISO atau ESD-nya kemudian lakukan clean install. Saran saya tunggu saja Windows 10 RTM (dulu disebut versi final) yang akan rilis 29 Juli 2015.

  7. Saya cek pake windows update lama amat gan keluar updatenya. padahal udah pakai app windows10insidepreview yang dikasih microsoft. kenapa ya gan?

    1. Lebih mudah download file ISO-nya saja atau yang ESD (size-nya lebih kecil) [http://itpoin.com/download-windows-10-10130-iso-image-esd/] kemudian upgrade atau clean instal. Upgrade menggunakan file ISO lebih aman yaitu tidak berhenti di tengah jalan seperti upgrade online.

  8. gan, mau tanya. Apa setelah di upgrade data dan driver nya masih sama seperti sebelumnya ?

  9. gan mau tanya kan sekarang saya pake wn 8.1 ori,, kalo di update pake cara kedua cuma dapet percobaan az,, kra kra nant bisa dapet win 10 pro gak gan?? kalo enga gmna cara ilangn upgrade pake cara ke dua it,,, biar win update normal lagi, gak minta get wn 10

  10. Gan, ane kan mau downgrade. Kalo lewat start- setting – recovery – get started bisakah? Karena masih banyak yang ga support aplikasi ane

  11. Ooowh, ternyata juga enak windows 10, jadi ane kaga jadi downgrade.. makasih infonya gan

    1. maksudnya bug apa nih
      klo windows 10 sampai saat ini yg sudah di release oleh microsoft sejak 1/10/2014 dapat kamu lihat di sini tp tentu itu sudah diperbaiki
      klo mau bug windows 10 yg sudah resmi release yang nnt dong baru ketahuan

      cheer ๐Ÿ™‚

    1. setiap akan melakukan perubahan pada sistem operasi sangat disarankan untuk membackup
      akan tetapi jika yakin 100% yang anda lakukan tidak akan mengakibatkan kerusakan atau kehilangan data sih tidak apa2
      jika data terlalu besar dan anda malas untuk melakukan backup ini saran ITPoIn:
      1. pastikan daya tidak akan terputus saat proses
      2. jika upgrade online pastikan koneksi internet tidak akan down
      3. pastikan ruang hardisk cukup minimal 2x ukuran yg sekarang sedang terpakai
      4. pastikan sistem yg sedang ada berkerja dengan baik (tidak sering hang atau tidak dalam “penguasaan” virus/trojan)
      5. PASTIKAN BAHWA ANDA BENAR2 YAKIN TIDAK AKAN ADA MASALAH SAAT PROSES UPGRADE ๐Ÿ™‚

  12. windows 10 saya Build 10130, update nya gak jalan, mksdnya tidak selesai cuman 67% kembali ke restart dst. Kira-kira apa ya maslhnya, pdhl wifi lumayan bagus?

    1. wah ini lumayan aneh juga bisanya klo restart pada saat update itu permintaan windowsnya
      – coba pada saat proses update pastikan daya listrik dalam kondisi baik
      – klo kamu update menggunakan koneksi wifi pastikan juga koneksinya lancar tidak lumayan hehehe
      – sudah coba update menggunakan koneksi kabel? ini lebih stabil dari pada wifi, lebih reliablelah
      salam

    1. Kalau mau data di C ga ilang INGAT: saat muncul pilihan “Choose what to keep” JANGAN pilih “Nothing”. Pilih opsi 1 atau 2.

  13. Gan setelah install koq jadi blank hitam yachgx masuk ke dekstop,,,cuma ada kursor mouse saja?,,,
    Knp yach ada yang bisa bantu,,,

    1. Sepertinya agan Danz menggunakan Laptop. Ini juga terjadi pada saya beberapa kali, tunggu saja atau lakukan “HARD REBOOT”. Matikan laptop dan cabut baterainya, tekan tombol power 5 detik, masukkan lagi baterai, hidupkan lagi laptop. Banyak masalah “black screen” adalah kegagalan elektronik/driver untuk bangun dari keadaan low power yang telah diaktifkan secara default oleh Windows. Sering terjadi dengan laptop karena mereka memiliki power cadangan baterai.

  14. Maaf Mas, kalau driver VGA, Audio, Chipset, dsb., yang biasa bisa kita download dari website laptop, misalnya driver ASUS, kan biasanya versi yang didukung sampai Win. 8 aja. Apa di Windows 10 driver-driver itu masih diperlukan? Bisa diinstal di Win. 10 & compatible?

    1. Kalau Audio tidak perlu, tapi VGA dan Chipset perlu. Sebagian driver-driver itu masih compatible dan sebagian lagi tidak. Coba kunjungi website ASUS dan cek sudah ada untuk Windows 10 atau belum? Empat hari yang lalu saya install notebook dan ternyata sudah ada driver untuk Windows 10.

  15. Gan, notebook saya selesai di upgrade ke win 10 sampai selesai, setelah itu notebook saya matikan, sesampainya dirumah saya coba hidupkan kembali akan tetapi star up nya lama sekali saya tunggu sampai 1 jam ga muncul2 sepeti blank putih….kira2 kenapa ya gan, mohon pencerahannya….terima kasih

    1. Mengatasi masalah seperti ini biasanya dengan force shutdown (shutdown paksa), tekan tombol power sampai laptop mati kemudian cabut baterai. Tekan tombol power 5 detik, masukkan kembali baterai dan hidupkan laptop.

  16. Gan klo saya install menggunakan FD tp pke cara booting dr bios, klo langsung sya timpah data’y ke drie C, aman gk file2 yg di C, mksudnya gk bkal ilang

    1. Kalau yang dipilih upgrade tidak hilang tapi kalau fresh install hilang. INGAT! Selalu backup/amankan file-file penting sebelum upgrade/instal Windows.

  17. gan……..saya udah coba upgrade..tapi pas abis proses ‘creating media windows 10’ kok gak ada lanjutannya gimana gan?

  18. Mau Tanya gan.setlh finish installed windows 10.apkh ada resikonya di PC yang awalnya windows 8.1.mksh untuk jwbnnya?

  19. Saya upgrade melalui file iso yg sudah saya masukan ke fd, tp saat melakukan proses upgrade windows meminta serial key. Dan tidak bisa di skip, itu kenapa ya. Makasih

    1. Seharusnya bisa. Sedangkan fressh install bisa di skip apalagi hanya upgrade. Bila tidak menemukan tombol skip, temukan tombol “do this later”.

  20. Saya instal windows 10 dari windows 7 dengan menggunakan koneksi internet. Download windows 10 selama 1jam . Dan menunggu instalasi selesai samฤบai 5 jam. Namun saat penggunaan sekarang. Saya tidak bisa membuka folder di file explore pada window yang sama. Apabila saya klik akan kembali ke halaman dekstop. Mohon penjelasannya

    1. Coba jalankan perintah: sfc /scannow dari Command Prompt (Admin). Klik kanan tombol Start (lihat sudut kiri bawah) kemudian paste-kan sfc /scannow lalu tekan Enter.

  21. Gan ane minta pencerahanya nih…
    Setelah up win 7 ke win 10 laptop ane black screen..
    Udah coba 3x cabut batre tekan power 5 detik trus masukin lagi tekan power tetapi hasilnya sama aja ( black screen ) cuma ada kursor aja..
    Udah coba masuk task manager seperti bantak saran dari blogger n youtuber tetapi hasilnya sama aja gan..
    Tolong pencerahannya ya suhu…
    Thnks

    1. Erwin, jika Windows 7 Anda original (bawaan laptop, bisa dibuktikan dengan sticker product key di belakang laptop) atau jika Windows 7 Anda sudah diaktivasi melalui skype maka silahkan instal ulang WINDOWS 7 terlebih dahulu. Tidak perlu instal driver dan software langsung saja aktivasi lagi menggunakan skype (baca:Cara Aktivasi Windows 7 & 8 via Skype). Setelah berhasil aktivasi silahkan lanjutkan dengan upgrade ke Windows 10 melalui Windows update (jika koneksi internet Anda mantap, misalnya pakai Indie Home) atau upgrade melalui ISO (baca: Edisi Windows 7 dan 8 yang bisa Upgrade ke Windows 10).

  22. Ini saya lg upgrade (yg backgrou d layar item), barusan 60%an tp tiba2 layar laptop jadi hitam keseluruhan tp lampu power masih nyala. Mohon bantuannya dong :((

  23. gan misalkan cara yang 3 di gunakan untuk upgrade apakah masih akan active windows gratisnya, berhubungan yang di gunakan adalah windows 8.1 Profesional .. Tolong Konfirmasi Nya Sensei

    1. Saya rasa maksud Anda adalah cara yang kedua, yaitu upgrade menggunakan file ISO. Iya masih gratis jika dilakukan sebelum 29 Juli 2016.

  24. ane pengguna win 7 64bit
    mau pake win 10 64 bit

    tapi driver dari asus ga ada untuk win 10.

    solusi nya bagaimana ya?

  25. Saya install wim 10 di asus x45u setelah selesai dvdram saya belum terbaca mohon bantuan nya agan2,,,

  26. Gan ,,,saya install wimdows 10 di asus x45u series
    Lancar2 aja
    Prblam nya dvd ram tak terbaca,,,
    Tollong dong gan solusi nya

  27. Gan saya mau bertanya : Apakah gk ada masalah kalau mengupgrade dari windows 7 ke windows 10 menggunakana laptop ??
    mohon pencerahannya ๐Ÿ™‚

  28. mau tanya.. kalau awalnya laptop udah windows 10 tapi pas dibeli minta dijadiin windows 7, bisa dikembaliin lagi gak windowsnya jadi windows 10 tanpa harus ke toko laptop?

    1. Hmmm… kalau Windows 7 nya itu clean instal maka kalau mau Windows 10 lagi silahkan clean instal (instal ulang) Windows 10. Silahkan telusuri artikel-artikel Windows 10 untuk info lebih.

  29. saya baru install ulang windows 10 tapi setelah proses instal hampir selesai selalu kembali lagi ke jendela “let’s get connected”

    1. Anda menggunakan ISO Windows 10 build berapa? Coba gunakan yang terbaru (bukan yang preview).

  30. Upgrade dari windows 7 ke windows 10 Lebih aman yg mana? Supaya data di C tidak hilang…

  31. kalau window 7 pas instal di akhir, lalu karna terlalu lama langsung dimatikan pas dinyalain lagi tidak bisa masuk ke dekstop pas itu ada pilihan bnyak.. nah itu harus gmana mas.

  32. mau tanya saya menggunakan windows 8 pro ,,
    cara menghilangkan logo perusahaan pada saat booting bagaimana? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.