Cara Install Windows 7 dan Windows 8 dari Flash Disk

Hari ini pekerjaan kita semakin mudah saja dalam urusan menginstal komputer. Saya masih ingat masa-masa sulit menginstall Windows XP. Begitu juga dengan Windows 98 bahkan Windows 7 dan Windows 8 dari keping CD/DVD. Kadang-kadang instalasi berhenti ditengah jalan karena CD yang sudah tergores-gores. Sangat menjengkelkan!

Tapi kini Windows XP sudah mulai ditinggalkan orang untuk beralih ke Windows 7 dan sebentar lagi Windows 8. Banyak kemajuan dan kemudahan yang terhampar padanya. Keindahan antarmukanyapun sangat berbeda jauh dibandingkan Windows sebelum-sebelumnya. Selain itu -dan ini yang menjadi topik  pembicaraan kita- instalasi tidak harus dari keping DVD melainkan dapat juga dari Flash Disk. Mudah bukan?

Di luar sana Anda dapat menemukan software (misalnya Win to Flash) yang dapat membantu Anda membuat Windows 7 dan Windows 8 dapat booting dari Flash Disk. Dengan begitu Anda tidak membutuhkan keping DVD untuk meng-install Windows 7/8. Saya pernah menggunakannya tapi kini tidak lagi. Karena saya sudah menemukan cara mudah dan cepat membuatnya. Mungkin Anda dapat menebak atau bahkan tidak sama sekali cara yang saya maksudkan.

BACA JUGA:  Share Internet PC ke Android via USB (Android Reverse Tethering)

Cara Install Windows 7 dan Windows 8 dari Flash Disk

Caranya mudah saja. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat flash disk bootable Windows yang nanti dapat digunakan untuk menginstal Windows 7 atau 8.

  1. Siapkan file ISO Windows 7 atau Windows 8 atau Windows 8.1 atau Windows 10.
  2. Siapkan Flash Disk yang cukup memuat file ISO tersebut (siapkan saja Flash Disk 4 GB atau lebih).
  3. Format Flash Disk tersebut, tapi boleh juga tidak.
  4. Ekstrak file ISO Windows ke Flash Disk.
  5. Selesai. Kini Anda dapat meng-instal Windows 7 atau Windows 8 dari Flash Disk.
BACA JUGA:  Cara Test Kecepatan USB Flashdisk dan Eksternal HDD

Cara Install Windows 7 dan Windows 8 dari Flash Disk
Catatan :

  • Jika yang Anda miliki bukan file ISO melainkan DVD bootable, copy-paste saja seluruh isi DVD ke Flash Disk.
  • Jika Anda tidak mem-format Flash Disk maka hapus dahulu file "autorun.inf" yang ada. Jadi Anda dapat membuat bootable Flash Disk meskipun di dalamnya sudah terdapat file atau folder pribadi Anda.

Mudah bukan? Saya sudah mencobanya untuk Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Saya menggunakan flash disk merk Kingston, Toshiba, dan beberapa lagi. Anda dapat mencobanya menggunakan merek-merek lain.

Selamat mencoba 🙂

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.