Cara Mengubah Wallpaper Windows 10 Tanpa Aktivasi

Default-nya Anda tidak bisa mengubah wallpaper desktop Windows 10 yang belum diaktivasi. Perubahan wallpaper terkunci sampai Anda melakukan aktivasi terhadap Windows yang terinstall. Setelah Windows 10 teraktivasi barulah Anda dapat mengubah wallpaper/gambar latar belakang desktop Windows 10.

Ketika Windows 10 tidak diaktivasi, halaman Personalization dari aplikasi Settings kelihatan seperti ini:

Activate Windows before you can personalize

Wallpaper yang tersedia terkunci (terlihat agak redup) dan tidak bisa dipilih. Tetapi jangan khawatir ternyata ada trik untuk melompati kuncian ini. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana cara mengubah wallpaper desktop Windows 10 tanpa harus aktivasi? Caranya sangat mudah, kemungkinan besar Anda tahu tetapi tidak memperhatikannya. Ayo, ikutilah tutorialnya berikut ini.

Cara Mengubah Wallpaper Windows 10 Tanpa Aktivasi

Pertama, gunakan File Explorer

BACA JUGA:  Shortcut Keyboard Calculator Windows 10

Buka File Explorer dan pergilah ke folder dimana wallpaper Windows 10 tersimpan. Lokasi foldernya adalah:

C:\Windows\Web\Wallpaper

Ada tiga subfolder di sana, yaitu Flowers, Windows, dan Windows 10. Anda dapat memilih gambar di dalamnya. Pilih satu gambar, klik kanan > set as dekstop background.

Mengubah wallpaper windows 10 tanpa aktivasi

Gambar akan langsung menjadi wallpaper meskipun Windows 10 belum diaktivasi.

Tip: Anda tidak harus menggunakan wallpaper Windows 10 yang ada dalam folder-folder di atas melainkan gambar apapun di folder manapun.

Kedua, gunakan Internet Explorer

Buka Internet Explorer: Start > All apps > Windows Accessories > Internet Explorer. Buka sebuah gambar kemudian klik kanan padanya dan pada menu konteks pilih Set as background. Klik gambar yang terbuka bukan thumbnail, sebab kalau thumbnail resolusi gambarnya kecil sehingga wallpaper akan terlihat kabur. Gambar terpilih akan menjadi wallpaper setelah konfirmasi "Are you sure you want to replace your desktop wallpaper?".

BACA JUGA:  Cara Restart Firefox Menggunakan "Command"

Cara Mengubah Wallpaper Windows 10 Tanpa Aktivasi

Apakah hanya Internet Explorer saja? Tidak. Saya coba menggunakan Firefox dan ada pilihan untuk menjadikan background tetapi Chrome tidak ada. Anda dapat mencobanya menggunakan browser lain seperti Opera atau lainnya.

Mudah bukan? Menggunakan trik sederhana ini Anda bisa mengubah wallpaper Windows 10 tanpa aktivasi.

Dan di sini, watermark bertuliskan "Activate Windows - Go to Settings to activate Windows" juga akan menghilang. Itu setelah saya mengganti wallpaper dengan cara yang dijelaskan di atas. Namun demikian, sayang sekali hanya sementara.

Sekian.

4 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.