Rahasia Mengubah Wallpaper Laptop Tanpa Aktivasi Windows Mudah & Cepat!

Tampilan visual laptop bisa merubah suasana hati dan kenyamanan kita. Banyak pengguna laptop ingin mengubah tema warna mereka. Ini agar sesuai dengan selera dan cerminan diri mereka. Tapi kadang mereka terhalang oleh Windows yang belum diaktivasi. Untuk mengakses pengaturan seperti perubahan tema warna, Windows harus aktif. Jadi, bagi yang belum aktivasi, mengganti tema terasa sulit.

Anda ingin tahu cara mengubah wallpaper laptop tanpa aktivasi Windows? Caranya ada dalam artikel ini!

Kunci Utama

  • Tampilan visual laptop berpengaruh pada suasana hati dan kenyamanan pengguna.
  • Aktivasi Windows diperlukan untuk mengubah tema warna dan pengaturan pada laptop.
  • Terdapat cara mengganti wallpaper tanpa aktivasi Windows.
  • Aplikasi pihak ketiga dapat dimanfaatkan untuk mengubah tema warna laptop.
  • Langkah-langkah mudah untuk mengaktivasi Windows dan mengganti tema warna.

Mengapa Aktivasi Windows Diperlukan untuk Mengubah Wallpaper?

Pengguna yang belum mengaktivasi Windows mungkin kesulitan mengubah wallpaper. Ini terjadi karena adanya kebijakan grup yang memblokir ubahannya.

Kebijakan Grup Mencegah Penggantian Wallpaper

Kebijakan ini cegah kamu mengganti wallpaper menggunakan Properti Tampilan. Namun, you need to activate windows before you can personalize your pc, artinya kamu bebas menggunakan cara lain.

Cara lain ini termasuk mengganti setelan melalui Pratinjau Gambar. Dengan cara ini, tidak ada batasan seperti yang ada di Properti Tampilan.

Pemecahan Masalah untuk Mengatasi Batasan

Untuk hindari kesulitan ganti wallpaper di Windows 10, tetapkan Wallpaper Desktop Aktif dalam Kebijakan Grup. Ini mencegah ganti wallpaper tanpa melalui Properti Tampilan.

Jadi, you need to activate windows before you can personalize your pc artinya Windows harus diaktivasi dulu. Setelah itu, baru bisa personalisasi wallpaper.

cara mengganti wallpaper laptop tanpa activate windows

Bagi yang masih belum mengaktifkan Windows, ada cara sederhana ubah wallpaper. Anda bisa gunakan menggunakan menu konteks dan mengubah registry.

Menggunakan Menu Konteks

Klik kanan pada gambar lalu pilih Atur sebagai Latar Desktop. Dengan cara ini, Anda bisa ubah wallpaper meski seting Cegah penggantian wallpaper diatur admin. Ini mengabaikan aturan tadi.

Mengubah Registry

Bukan itu saja, Anda juga bisa mengubah registry untuk merubah wallpaper. Dengan langkah simpel pada registry, Anda bisa lewati pembatasan tentang ganti wallpaper.

Kedua metode di atas memudahkan Anda menggunakan aplikasi photos untuk ganti wallpaper. Semua tanpa perlu aktivasi Windows terlebih dahulu.

Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengganti Tema Warna

Jika belum mengaktifkan Windows, Anda masih bisa ubah tema warna laptop. Gunakan aplikasi khusus pihak ketiga. Contohnya, Customizer GodStardock WindowBlinds, dan Rainmeter.

BACA JUGA:  Website atau Blog Cepat Diakses, Google Berikan Ranking

Customizer God

Customizer God memungkinkan Anda ubah banyak hal. Misal, tema warna, ikon, dan font. Tanpa mengaktifkan Windows, Anda bisa menyesuaikan laptop sesuai keinginan.

Stardock WindowBlinds

Stardock WindowBlinds menawarkan banyak tema. Anda bisa memilih dan merubah tampilan laptop. Ini bisa dilakukan tanpa perlu mengaktifkan Windows.

Rainmeter

Rainmeter tak hanya ubah tema warna. Anda bisa tambahkan widget dan elemen lain di desktop. Aplikasi ini memungkinkan Anda buat tampilan desktop yang unik.

Langkah-langkah Mengaktivasi Windows dan Mengganti Tema Warna

Untuk aktivasi Windows, langkah pertama adalah buka “Pengaturan” di laptop Anda. Lalu, klik “Update & Keamanan” dan pilih “Aktivasi”. Di situ, Anda bisa masukkan kunci produk untuk mengaktifkan Windows.

Aktivasi Windows

Setelah mengaktivasi Windows, ubah tema warnanya dengan mudah. Klik kanan di desktop dan pilih “Personalisasi”.

Pengaturan Tema

Ketika di jendela “Personalisasi”, berbagai tema akan muncul. Pilih yang Anda suka dan terapkan ke laptop Anda.

Kustomisasi Tambahan

Tidak hanya itu, Anda bisa kustomisasi lebih lanjut. Misalnya, ubah warna aksen, latar belakang, ikon, dan suara sesuka hati.

Penyimpanan dan Pengaturan

Jika sudah siap dengan tema barunya, jangan lupa simpan perubahan. Klik “Simpan” untuk menyimpan semua pengaturan yang telah dilakukan.

Ketika Windows 10 tidak diaktivasi, halaman Personalization dari aplikasi Settings kelihatan seperti ini:

Activate Windows before you can personalize

Wallpaper yang tersedia terkunci (terlihat agak redup) dan tidak bisa dipilih. Tetapi jangan khawatir ternyata ada trik untuk melompati kuncian ini. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana cara mengubah wallpaper desktop Windows 10 tanpa harus aktivasi? Caranya sangat mudah, kemungkinan besar Anda tahu tetapi tidak memperhatikannya. Ayo, ikutilah tutorialnya berikut ini.

Cara Mengubah Wallpaper Windows 10 Tanpa Aktivasi

Pertama, gunakan File Explorer

Buka File Explorer dan pergilah ke folder dimana wallpaper Windows 10 tersimpan. Lokasi foldernya adalah:

C:\Windows\Web\Wallpaper

Ada tiga subfolder di sana, yaitu Flowers, Windows, dan Windows 10. Anda dapat memilih gambar di dalamnya. Pilih satu gambar, klik kanan > set as dekstop background.

Mengubah wallpaper windows 10 tanpa aktivasi

Gambar akan langsung menjadi wallpaper meskipun Windows 10 belum diaktivasi.

Tip: Anda tidak harus menggunakan wallpaper Windows 10 yang ada dalam folder-folder di atas melainkan gambar apapun di folder manapun.

Kedua, gunakan Internet Explorer

Buka Internet Explorer: Start > All apps > Windows Accessories > Internet Explorer. Buka sebuah gambar kemudian klik kanan padanya dan pada menu konteks pilih Set as background. Klik gambar yang terbuka bukan thumbnail, sebab kalau thumbnail resolusi gambarnya kecil sehingga wallpaper akan terlihat kabur. Gambar terpilih akan menjadi wallpaper setelah konfirmasi “Are you sure you want to replace your desktop wallpaper?”.

BACA JUGA:  Mudah! Begini Cara Mengaktifkan Data Seluler Saat HP Terkunci

Cara Mengubah Wallpaper Windows 10 Tanpa Aktivasi

Apakah hanya Internet Explorer saja? Tidak. Saya coba menggunakan Firefox dan ada pilihan untuk menjadikan background tetapi Chrome tidak ada. Anda dapat mencobanya menggunakan browser lain seperti Opera atau lainnya.

Mudah bukan? Menggunakan trik sederhana ini Anda bisa mengubah wallpaper Windows 10 tanpa aktivasi.

Dan di sini, watermark bertuliskan “Activate Windows – Go to Settings to activate Windows” juga akan menghilang. Itu setelah saya mengganti wallpaper dengan cara yang dijelaskan di atas. Namun demikian, sayang sekali hanya sementara.

Kesimpulan

Merubah warna laptop sangat efektif. Itu membuat tampilan sesuai dengan kepribadian Anda. Untuk tema Windows, aktivasi diperlukan. Namun, Anda bisa pakai aplikasi lain untuk ganti tema.

Artikel ini tunjukkan cara ganti wallpaper dengan cepat tanpa aktivasi Windows. Anda juga bisa bebas ganti tema kapan saja.

Ada banyak cara untuk ubah tampilan laptop. Bisa dengan fitur bawaan Windows atau aplikasi pihak ketiga. Ikuti langkah di artikel ini untuk sesuaikan tampilan laptop Anda.

FAQ

Bagaimana cara mengganti wallpaper laptop tanpa mengaktivasi Windows?

Anda bisa ganti wallpaper tanpa Windows aktif. Caranya, gunakan menu konteks atau ubah registry. Juga bisa lewat aplikasi dari pihak ketiga.

Mengapa aktivasi Windows diperlukan untuk mengubah wallpaper?

Mengaktifkan Windows penting. Ini membuat fitur dan pengaturan tertentu, termasuk warna tema, dapat diakses. Aktivasi juga perlu agar aturan Grup Cegah tidak menghalangi ganti wallpaper.

Bagaimana cara mengatasi batasan untuk mengubah wallpaper jika Windows belum diaktivasi?

Membula batasan itu gampang. Misal, set setelan Wallpaper Desktop Aktif di Kebijakan Grup. Atau, gunakan cara Pratinjau Gambar tanpa melalui Properti Tampilan.

Apa saja aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengganti tema warna laptop tanpa aktivasi Windows?

Udah ada beberapa aplikasi. Seperti Customizer GodStardock WindowBlinds, dan Rainmeter. Mereka menawarkan setelan tema yang lebih variatif.

Bagaimana langkah-langkah untuk mengaktivasi Windows dan mengganti tema warna laptop?

Langkah pertama, aktifkan Windows via menu “Pengaturan” > “Update & Keamanan” > “Aktivasi”. Lalu, ganti tema warna di desktop lewat “Personalisasi”. Ini cara termudah.

Sekian.

Check Also

Cara Previous Windows 10 Upgrade: Kembali ke Versi Sebelumnya

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang menawarkan berbagai fitur dan keamanan yang …

close