Inilah Alasan Windows 10 Mengalahkan Windows 7

windows-10-mengalahkan-windows-7Inilah alasan mengapa jumlah pengguna Windows 10 mengalahkan Windows 7 hanya dalam waktu dua bulan sejak peluncurannya.

Ah, sudah lama saya tidak beropini. Nah, di akhir pekan ini saya tertarik untuk memberikan sedikit opini bagi artikel yang diterbitkan oleh Softpedia (link ada di bagian akhir artikel ini).

OS Windows berhasil menguasai lebih dari 90 persen PC di dunia, sisanya Linux dan Mac OS X (Desktop Operating System Market Share tahun 2014 oleh Netmarketshare).

Bagaimana jika kita membandingkan sesama Windows, versi manakah yang paling berhasil?

Banyak yang mengklaim Windows 10 adalah produk khusus yang dikembangkan untuk memperbaiki kejengkelan pada Windows 8 dan itulah alasannya mengapa Microsoft menghadirkan kembali menu Start dan fitur lainnya. Tetapi saingan nomor satu dari OS baru ini sebenarnya adalah Windows 7, bukan Windows 8.

Saat ini, Windows 7 adalah sistem operasi terkemuka pada PC desktop dan merupakan versi Windows yang paling sukses dari semua Windows yang pernah dirilis oleh Microsoft, sehingga ketika membandingkan keberhasilan Windows 10, orang mengacu pada saat peluncuran dua generasi Windows terdahulu (Windows 8 dan Windows 7).

BACA JUGA:  Cara Instal dan Menggunakan Tema Kustom Pihak Ketiga di Windows

Statistik yang disediakan oleh NetMarketShare dan disatukan dengan Statista menunjukkan bahwa Windows 10 sudah lebih berhasil dibandingkan Windows 7, setidaknya dalam dua bulan pertama di pasar. Jika kita melihat Windows 8, Windows 10 melesat lebih jauh mendekati pangsa pasar terbaik dari pendahulunya hanya dalam beberapa bulan setelah peluncuran.

Secara khusus, Windows 10 adalah 6,6 persen setelah dua bulan ketersediaan, sedangkan Windows 7 hanya 5,8 persen setelah periode waktu yang sama peluncurannya. Sebagai perbandingan, Windows 8 hanya mencapai pangsa pasar 1,7 persen dalam dua bulan. Dari ketiga OS ini yang paling menyedihkan perkembangannya adalah Windows 8, pencapaiannya bahkan tidak sampai setengah dari dua OS lainnya. Mungkin Anda setuju jika saya mengatakan bahwa Windows 8 merupakan Windows Vista jilid 2.

Tapi seperti yang Anda lihat sendiri, sebenarnya Windows 7 memiliki debut lebih lambat di awal, tetapi selanjutnya meningkat dengan cepat segera setelah itu, sehingga pangsa pasar sistem operasi ini meningkat terus setiap bulan dan menguasai 56 persen lebih pada tahun 2014.

Alasan Windows 10 Mengalahkan Jumlah Pengguna Windows 7

Sekarang, Windows 7 yang diluncurkan enam tahun lalu tepatnya pada tahun 2009, dikatakan hampir menguasai 50 persen PC di dunia, yang tidak diragukan lagi mengesankan untuk sebuah sistem operasi, dan prioritas Windows 10 adalah melakukan hal yang sama dalam waktu sesingkat mungkin. Bagaimana caranya?

BACA JUGA:  Windows 10 Build Terbaru, Changelog dan History

Inilah sebenarnya salah satu alasan mengapa Microsoft menawarkan Windows 10 sebagai upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan 8.1. Akankah strategi ini berhasil? Hanya waktu yang akan menjawab jika OS baru ini benar-benar dapat menghancurkan pendahulunya berkat tawaran gratis ini.

Secara statistik mungkin angka 0,8 persen (Windows 7 = 5,8% dan Windows 10 = 6,6% jadi selisihnya 0,8 %) itu cukup signifikan, tetapi jika melihat hal lain dibalik angka itu, seperti Windows 10 yang ditawarkan gratis sedangkan Windows 7 tidak, maka mungkin Windows 10 tidak benar-benar mengalahkan Windows 7. Jadi, menurut saya kurang fair jika kita membandingkan perkembangan Windows 10 dan dua Windows terdahulu hanya dua bulan pertama sejak peluncurannya. Akan lebih fair jika dibandingkan pada bulan ke 13 dst., yaitu setelah masa Windows 10 gratis upgrade berakhir.

Sumber:

http://news.softpedia.com/news/windows-10-beats-windows-7-in-two-month-adoption-race-494177.shtml

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.