Cara Cepat Disable JavaScript dan Image di Firefox

Sejak Firefox versi 23, Mozilla telah menghilangkan opsi untuk men-disable JavaScript dari GUI Firefox. Padahal mungkin masih banyak orang yang sering menggunakan fitur disable JavaScript, termasuk saya. Itu saya gunakan bila sebuah situs tidak bisa diklik kanan atau tidak bisa disalin (copy) teksnya. Fitur ini juga berfungsi bila sebuah situs yang Anda kunjungi terlalu banyak memuat JavaScript (termasuk popup mengganggu) yang memperlambat Firefox dan memakan banyak memory.

Walaupun opsi tersebut telah hilang dari GUI Firefox tetapi kita masih bisa men-disable JavaScript dari fitur about:config, seperti yang sudah kita bahas pada artikel Cara Disable atau Menonaktifkan JavaScript di Firefox 23 dan di atasnya.

Itu sedikit agak repot. Untungnya ada alternatif yang lebih mudah dan cepat. Kita dapat menggunakan pengaya (add-on) Just Disable Stuff yang menyediakan opsi untuk men-disable JavaScript dengan cepat tanpa repot. Sebagai tambahan, add-on ini juga menyediakan opsi untuk mencegah Firefox memuat gambar (disable image) saat memuat sebuah halaman situs. Ini sangat berguna bila koneksi internet Anda sedang turun atau pada keadaan di mana Anda hanya membutuhkan teks saja.

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + A bersamaan untuk membuka Add-ons Manager pada tab baru di Firefox. Ketahui lebih banyak lagi hotkey-hotkey Firefox berguna lainnya di artikel Daftar Hotkey Browser Mozilla Firefox.
    add-ons manager
    Alternatif lain, Anda juga bisa klik "Add-ons" dari menu Tools untuk membukanya. Tekan tombol Alt jika Anda tidak melihat Menu Bar di Firefox untuk menampilkannya.
  2. Dalam kotak pencarian, ketik Just Disable Stuff dan tekan Enter. Klik tombol Install untuk menambahkan addon ini ke Firefox:
    Just Disable Stuff-add-on
  3. Tidak dibutuhkan restart setelah add-on terinstall, Anda langsung dapat menggunakannya melalui Menu bar. Tekan tombol Alt di keyboard untuk menampilkan menu. Di bawah item Tools, Anda akan menemukan dua opsi baru, yaitu Just Disable JavaScript dan Just Disable Images:
    Just Disable Stuff installed
  4. Untuk disable JavaScript dengan cepat, klik Just Disable JavaScript. JavaScript akan langsung dinonaktifkan.Untuk mengaktifkannya kembali, klik Tools -> Just Enable JavaScript.
BACA JUGA:  9 Alat Bantu Untuk Mengetahui Performa/Status Server

Selesai. Dengan cara yang sama, Anda dapat men-disable atau meng-enable gambar (image) pada peramban Firefox. Pada browser Vivaldi, fitur disable image sudah ada secara default dan dapat diakses dengan sangat mudah, hanya sekali klik.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.