Update Windows XP Masih Ada, Setelah Setahun Kematiannya

Beberapa hari yang lalu saya bernostalgia dengan Windows XP, menginstal kembali Windows XP Professional SP3 original (untouched) di hard disk yang lain. Ini seperti memutar balik waktu, mengulang kembali memori dan menikmati kembali langkah demi langkah instalasi Windows XP. Mulai dari mengatur BIOS (untuk laptop saya butuh mengubah mode AHCI ke Compatibility), menekan sebarang tombol keyboard saat booting CD, menghapus partisi dengan menekan salah satu tombol di keyboard, memasang driver Display, memasang driver Audio, memasang driver Bluetooth, dan driver lain-lain. Terasa sangat berbeda dengan instalasi Windows 7, 8, dan Windows 10.

Untuk apa saya menginstal Windows XP lagi? Jawabannya sederhana, ingin mengatahui apa yang terjadi setelah Microsoft mengakhiri dukungan terhadap Windows XP setahun yang lalu. Tentu kalian semua sudah tahu bahwa dukungan terhadap Windows XP telah berkahir.

Apa maksud dukungan telah berakhir (end of support)?

Setelah 12 tahun, dukungan untuk Windows XP berakhir pada 8 April 2014. Menurut Microsoft tidak akan ada lagi update keamanan atau dukungan teknis apapun untuk sistem operasi Windows XP. Misalnya, jika kalian mengalami masalah dengan Windows XP lalu menelpon layanan dukungan Microsoft maka kalian tidak akan dilayani.

BACA JUGA:  Cara Melihat Waktu Jaga PC pada Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, dan XP

Microsoft sangat menganjurkan pengguna Windows XP untuk bermigrasi ke sistem operasi yang lebih modern seperti Windows 8.1. Migrasi akan memberikan keuntungan peningkatkan keamanan secara dramatis, pilihan perangkat yang luas untuk kerja mobile, produktivitas pengguna yang lebih tinggi, dan lain-lain. Bersamaan dengan berakhirnya dukungan untuk Windows XP, dukungan untuk Office 2003 juga berakhir pada tanggal 8 April 2014.

Apa artinya ini?

Ini berarti Anda harus mengambil tindakan. Microsoft memberikan satu alasan yang paling "menakutkan" yaitu masalah kemanan. Setelah 8 April 2014, Microsoft tidak akan lagi memberikan update keamanan atau dukungan teknis untuk Windows XP. Celah keamanan tidak mungkin lagi untuk ditambal (patch), oleh karena itu sangat besar kemungkinan malware memanfaatkan celah tersebut untuk mengeksploitasi data pengguna. PC yang menjalankan Windows XP setelah 8 April 2014, tidak boleh dianggap terlindungi, dan penting bahwa Anda bermigrasi ke sistem operasi yang didukung saat ini - seperti Windows 8.1 - sehingga Anda dapat menerima update keamanan rutin untuk melindungi komputer mereka dari serangan berbahaya. Begitu penjelasan Microsoft.

BACA JUGA:  Mengapa Saya Masih Menggunakan Windows XP?

Masih bisakah Windows XP Online setelah 8 April 2014?

Saya penasaran apakah Windows XP masih dapat bekerja setelah akhir dukungan. Bagaimana jika saya online sementara windows update diaktifkan? Apakah saya masih bisa meng-update Windows? Atau apakah Windows tiba-tiba padam atau apa?

Yang terjadi adalah Windows XP masih tetap bekerja normal. Tidak terjadi apa-apa, tidak layar hitam, paling tidak kalian akan mendapat pesan bahwa dukungan terhadap Windows XP telah berakhir, seperti screenshot berikut.

Windows XP end 8 april 2014

Akan update yang ada masih tersedia melalui Windows Update setelah 8 April 2014?

Ya, semua update dan perbaikan Windows XP yang ada masih akan tersedia melalui Windows Update dan WSUS. Ini buktinya.

Update Windows XP masih tersedia

Tulisan ini bukan berarti anjuran bagi kalian untuk tetap menggunakan Windows XP sebagai OS utama. Tetapi jika tepaksa menggunaknnya karena sayang pada PC/Laptop tua maka ini tidak mengapa dengan catatan tidak untuk pekerjaan online.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.