Shortcut Rahasia Mematikan Windows XP, Vista, dan 7

Shortcut Rahasia Mematikan Windows XP, Vista, dan 7Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.

Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT.

Windows XP adalah versi Windows berbasis arsitektur NT yang dikenal dengan stabilitas dan efisiensi yang lebih baik ketimbang versi Windows 9x. Dibandingkan dengan Windows 2000 Professional dan Windows Me, Windows XP lebih user-friendly karena menyajikan antarmuka grafis yang dirancang ulang secara signifikan.

BACA JUGA:  Langkah Pemulihan dari Efek Google Penguin 3.0

Setelah Windows XP, Microsoft merilis Windows Vista. Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).

Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.

Dibandingkan dengan Windows XP, Windows Vista memiliki ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang diubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkan kemampuannya.

Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Windows 7 diharapkan dapat menghapus kegagalan Windows Vista. Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras. Tidak seperti Windows Vista yang memperkenalkan banyak fitur baru. Diantaranya: Windows Aero, Windows Shell, Fasilitas Pencarian (Quick Search), Windows Sidebar, Internet Explorer 7+, Windows Media Player 11, Windows Media Center, dll.

BACA JUGA:  Solusi Windows 8.1 Lambat Booting/Startup

Sistem operasi Windows banyak memiliki shortcut, tetapi diantara sekian banyak itu ada saja shortcut yang luput dari perhatian kita. Shortcut itu sendiri adalah kombinasi tombol pada keyboard untuk melakukan perintah tertentu. Misalnya untuk menyalin (Copy) Anda dapat menggunakan Ctrl + C (menekan tombol CTRL dan tombol huruf C secara bersamaan). Nah untuk kali ini saya akan menunjukkan shortcut untuk mematikan computer.

Nah, itulah sekilas tentang Windows yang kita bicarakan.

Shortcut Rahasia Mematikan Windows XP, Vista, dan 7

Semua versi Windows yang telah disebutkan di atas memiliki tombol shutdown yang mudah dioperasikan dengan klik mouse. Dalam kasus Anda tidak bisa menggunakan mouse maka menggunakan shortcut untuk shutdown adalah pilihan yang tepat. Shortcut yang dapat digunakan untuk ituadalah sebagai berikut:

Windows 7

  • Tombol Windows, kemudian Panah Kanan kemudian Enter

Windows Vista

  • Tombol Windows, Panah Kanan, Panah Kanan, Panah Kanan, U

Windows XP

  • Tombol Windows, U, U

Semoga Bermanfaat!

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.