Agar Baterai Android Cepat Penuh Saat di Charge

Jaman sekarang betapa menderitanya kalau ponsel mati. Apalagi bagi Anda yang tidak bisa lepas dari sosial media. Di sisi lain mengisi (charge) baterai ponsel (smartphone) cukup lama dan tidak bisa dikatakan sebentar. Saat melihat indikator baterai menunjukkan angka 10% saja sudah membuat panik. Beberapa tip berikut dapat membantu Anda pengguna ponsel Android agar baterai cepat terisi saat dicharge!

Gunakan Sambungan dan Charger yang tepat

Ponsel Android Anda dapat dicharge melalui sambungan ke laptop atau komputer. Jangan lakukan ini jika Anda ingin baterai cepat penuh. Sambungkan langsung dengan sumber listrik utama (PLN). Toh tidak sulit menemukan lubang colokan. Namun bila Anda sedang tergesa-gesa maka sambungan ke laptop atau komputer sangat membantu. Kemudian gunakan charger bawaan ponsel. Meskipun Anda dapat menggunakan charger ponsel lain tetapi tetap utamakan charger bawaan ponsel karena mereka sudah diuji dipabrik sebelum diluncurkan.

BACA JUGA:  Mengunci Aplikasi di Android Menggunakan BMS

Beralih ke airplane mode

Beralihlah ke "Airplane mode" atau mode terbang. Mode ini akan mematikan semua jaringan jadi Anda tidak akan menerima SMS, panggilan, notifikasi, dll tetapi alarm masih dapat berbunyi. Mode ini dapat diakses dengan mudah dan cepat bergantung jenis ponsel. Misalnya pada Samsung Galaxy S2, saya hanya menekan tombol power agak lama kemudian memilih Airplane mode. Setiap perangkat mungkin berbeda, bacalah buku manual ponsel.

Matikan Ponsel

Jika Anda benar-benar tidak membutuhkan ponsel untuk beberapa saat, misalnya saat sedang rapat maka matikan saja ponsel agar baterai cepat terisi penuh. Ini cara paling efektif agar baterai cepat penuh.

BACA JUGA:  Cara Membersihkan Riwayat Pencarian Google Play Store

Matikan Fitur tak Penting

Mungkin Anda sedang menunggu SMS atau panggilan maha penting sehingga mematikan ponsel tidak mungkin. Jika demikian maka cukup matikan sementara beberapa fitur yang tidak dibutuhkan seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dll. Tutup semua aplikasi dan cegah ponsel melakukan pekerjaan otomatis seperti backup dan update.

Jangan sentuh!

Jangan sentuh atau jangan gunakan ponsel saat dicharge. Bahkan hanya untuk mengecek SMS atau email yang masuk sekalipun. Mengapa? Sebab salah satu komponen yang sangat menguras baterai adalah layar ponsel yang lebar. Apalagi bermain game sambil ngecas, jangan sampai!

Itulah beberapa tip sederhana tapi saya yakin sangat berharga jika Anda tergesa-gesa 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.