Apa yang Baru di Windows 10 Build 10130?

3D Builder Windows 10

App 3D Builder Windows 10 sudah berjalan

Build baru dari Windows 10 telah dirilis oleh Microsoft (build 10130), membawa beberapa perubahan fitur dibandingkan build Windows 10 Insider Preview yang dirilis sebelumnya. Sebelum Anda memperbarui Windows 10 Anda ke build 10130 atau men-download file ISO Windows 10 Build 10130 untuk clean install, mungkin Anda tertarik untuk mengetahui apa sebenarnya yang berubah dalam build ini. Berikut adalah daftar singkat dari perubahan.

Customizable Start menu - Menu Start bisa diubahsuaikan

Microsoft telah menambahkan beberapa pilihan kustomisasi untuk menu Start. Pilihan baru di Settings app akan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan item yang ditampilkan di area kiri bawah menu Start. Item seperti File Explorer, Settings, Documents, Downloads, Music, Pictures, Videos, HomeGroup, Network, Personal Folder dapat ditambahkan ke daerah itu.Pergilah ke Settings > Personalization > Start.

customize start menu windows 10

Namun sayang di build ini semua icon dari opsi customize berupa icon Smiley saat tampil di Start.

Disain Icon baru

Penampilan ikon diperbarui lagi untuk mencerminkan bahasa desain Microsoft, dibuat sedikit lebih ramping dan modern. Dirancang agar sama bagusnya saat tampil pada berbagai perangkat, baik PC maupun perangkat mobile seperti ponsel. Anda dapat memeriksa perbedaannya pada gambar berikut.

BACA JUGA:  Instal Windows 10 Menggunakan Media Creation Tool

icons-iterations

Baris ikon paling bawah adalah milik Windows 10 build 10125 dan 10130. Apakah akan tetap seperti itu? Entahlah, tergantung masukan dari pengguna. Yang jelas, Microsoft mendesain ulang ikon-ikon dengan tampilan yang lebih segar dengan keseimbangan antara ikon mono line style pada ponsel, dan kedalaman tiga dimensi ikon desktop. Pada build sebelumnya Microsoft dikritik bahwa ikon terlalu datar dan tidak memiliki kekayaan.

Ikon-ikon dirancang dan didesain ulang, antara ikon gaya-aero (aero-style) terdahulu dan ikon-ikon aplikasi baru. Mereka mengaku mengeksplorasi desain grafis Swiss, desain produk Belanda, dan arsitektur modern untuk menginspirasi proses desain. Ikon akan terus berevolusi hingga tercapai fungsionalitas yang lebih baik.

Jump List di Taskbar

new-jump-lists

Tampilan Jump Lists dalam build ini tampak lebih halus. Sekarang sudah cocok dengan UI baru Start dan Taskbar pada Windows 10. Coba klik kanan pada File Explorer jika Anda telah menempelkannya (pinned) ke Taskbar Anda dan lihat Jump Lists yang diperbarui.

Pembaruan-pembaruan lain yang diterapkan di Windows 10 Build 10130 mencakup:

  • Microsoft Edge (browser baru pengganti IE) dengan nama kode "Spartan"pada build ini memiliki kemampuan untuk pin/unpin Cortana pane, Favorites pane, Reading list pane, dan panel lain dalam browser.
  • Cortana punya shortcut keyboard, Win + C. Sebelumnya, di Windows 8/8.1 hotkey ini digunakan untuk membuka panel Charms.
  • Fitur pada Windows 10 untuk mencetak ke PDF disebut "Microsoft Print to PDF" yang sebelumnya bernama "Printing to PDF". Untuk mencobanya, silahkan pilih "Print" dari sebuah aplikasi dan pilih "Microsoft Print to PDF" sebagai printer. Ini bukan perbaikan terobosan - Anda bisa menginstal aplikasi desktop gratis seperti doPDF untuk mencapai hal yang sama pada Windows 7 dan sebelumnya.
  • 3D Builder. Pada build 10122 app ini muncul tapi tidak bisa dijalankan. Di build 10130 app ini ini bisa dijalankan dan ini akan menjadi app built-in Windows 10. App ini digunakan untuk merancang design bangunan 3D.
  • Perbaikan aplikasi pemutar Film & TV: Anda sekarang dapat memutar video di aplikasi Film & TV dalam modus layar penuh.
BACA JUGA:  Windows 10 Build 10074 Sudah Ada, Ayo Download!

Sekian.

Berita terbaru mengatakan Windows 10 RTM akan keluar 29 Juli 2015. Semoga tidak molor lagi 🙂

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.