Mengatasi Masalah Nomor Halaman Dokumen Word yang tidak Tercetak/Terprint

Print Halaman Word
Print Word

Apakah ini bug Microsoft Office Word? Begitu banyak menu yang disediakan Micorosoft Office Word (biasa disebut Word saja) untuk mempermudah pekerjaan kita, hanya klik sana-sini langsung beres. Begitu mudahnya, bahkan sangat-sangat mudah jika dibandingkan dengan penggunaan mesin tik jaman dahulu. Meskipun begitu, bekerja dengan Micorosoft Office Word kadang-kadang bisa membuat kesal. Pengaturan yang serba otomatis malah membuat layout dokumen yang kita buat jadi kacau balau. Lain yang dimaksud lain pula yang keluar. Celakanya lagi, kita tidak tahu dimana letak kesalahannya.

Salah satu contohnya seperti yang dialami teman saya ini. Dia sedang memperbaiki tesisnya. Dia bingung dan bertanya kepada saya. Masalahnya adalah ketika dia mencetak satu halaman dokumen yang memiliki gambar maka nomor halaman tidak ikut tecetak. Padahal di halaman-halaman lain yang tidak memiliki gambar, nomor halamannya tercetak. Ketika gambar itu coba dibuang, kemudian dicetak ternyata nomor halaman tercetak dengan baik. Wow, bertahun-tahun bekerja dengan Word belum pernah saya mengalami hal seperti ini.

BACA JUGA:  Cara Menambah Aplikasi ke Office Word 2013

Sambil mencoba mengingat-ingat kemungkinan penyebab masalahnya, saya mulai klik sana-sini dokumen yang bermasalah tersebut. Karena yang bermasalah adalah dokumen yang bergambar maka saya memulai pemeriksaan pada pengaturan gambarnya. Sepertinya tidak ada masalah dengan pengaturan gambar, dan saya pikir memang tidak ada hubungan antara gambar dengan nomor halaman. Kemudian saya mengalihkan perhatian pada keterangan gambar. Setelah saya klik ternyata ada bingkai yang muncul. Naluri saya mengatakan disitulah masalahnya. Dan ternyata benar, setelah saya hapus keterangan gambar tersebut dan membuat ulang keterangan gambarnya, masalah pun terpecahkan. Hasil print out sudah terlihat ada nomor halamannya. Oooh… rupanya keterangan gambar tersebut dibuat menggunakan Text Box bukan diketik seperti biasa. Jadi, jalan keluarnya adalah mengetik keterangan gambar tidak menggunakan Text Box melainkan Image Caption (menu References -> Insert Caption) atau diketik langsung di bawah gambar juga bisa.

Saya juga heran, kok “Text Box” berpengaruh terhadap hasil cetak nomor halaman? Apakah ini bug Microsoft Office Word?

5 comments

  1. Saya mengalami itu, dan saya cek apa ada bingkai atau border tetap tidak ada halamannya saat di print out
    Mohon bantuannya

    1. memang untuk membuat keterangan gambar seharusnya tidak menggunakan text box melainkan Image Caption (menu References -> Insert Caption) dengan demikian terhindar dari masalah tersebut.

      1. Saya coba lagi dengan mengetikkan keterangan gambar secara manual dan insert gambar melalui perintah insert picture tetap tidak muncul nomor halamannya, apakah dokumen saya error atau bagaimana, tetapi jika saya hapus gambarnya nomor halaman bisa tercetak, mohon bantuannya

  2. gambar saya tidak ada bingkai, tapi tetap saja diprint tidak ada nomor halaman, sedangkan halaman tanpa foto bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.