Balabolka Mengubah Teks Menjadi Bicara

Balabolka Mengubah Teks Menjadi BicaraSebagaimana dijelaskan dalam situs resminya, Balabolka adalah sebuah program Text-To-Speech (TTS). Apa itu TTS? Program yang menyuarakan teks atau dengan kata lain sebuah program yang mengubah teks menjadi bicara. Teks yang telah diubah menjadi bicara dapat disimpan sebagai (save as) file WAV, MP3, MP4, OGG atau WMA. Balabolka dapat membaca isi clipboard, mengenali teks dari file-file CHM, DjVu, DOC, EPUB, FB2, HTML, ODT, PDF dan RTF.

Lebih lanjut, program ini menggunakan berbagai versi Microsoft Speech API (SAPI). Hal ini memungkinkan untuk mengubah parameter suara, termasuk rate dan pitch. Pengguna dapat menerapkan daftar substitusi khusus untuk meningkatkan kualitas artikulasi suara itu. Fitur ini berguna ketika Anda ingin mengubah ejaan kata-kata. Aturan untuk koreksi pengucapan menggunakan sintaks ekspresi reguler.

BACA JUGA:  Cara Reset Settingan Google Chrome

Selain itu, Balabolka dapat menyimpan teks yang telah disinkronkan dalam file LRC eksternal atau di tag MP3 dalam file audio. Ketika sebuah file audio yang dimainkan pemutar audio di komputer atau pemutar audio digital modern, teks yang ditampilkan serentak (pada cara yang sama, seperti lirik lagu).

Download Balabolka

Operating System: Microsoft Windows XP/Vista/7/8/10

Languages: English, Arabic, Bulgarian, Chinese (Simplified), Chinese (Traditional), Croatian, Czech, Dutch, Finnish, French, German, Greek, Hungarian, Italian, Japanese, Korean, Persian, Polish, Portuguese (Brazil), Portuguese (Portugal), Romanian, Russian, Serbian, Slovenian, Spanish, Turkish, Ukrainian, Vietnamese.

Bahasa-bahasa di atas adalah bahasa untuk antar-muka program bukan bahasa suara mesin si pembicara. Si pembicara tetap berbicara dalam ejaan bahasa Inggris. Jadi jika kita measukkan teks berbahasa Indonesia maka si pembicara tetap mengeja dalam bahasa Inggris. Misalnya kata "dan" akan diucapkan "den".

BACA JUGA:  Apa yang Baru di Windows 10 Technical Preview Build 9901?

Tetapi Anda bisa menggunakan TTS engine selain Inggris, tersedia Prancis, Jerman, Itali, dan Spanyol.

Sayang sekali program ini tidak dapat melakukan hal sebaliknya. Sekiranya Balabolka dapat melakukannya, saya yakin program ini akan sangat laris. Penulis artikel seperti saya tentu akan sangat-sangat girang karena saya tidak perlu capek mengetik. Hanya berbicara, teks langsung tersedia. Luar biasa bukan? Ini akan menyingkat waktu dan sangat produktif.

Balabolka Mengubah Teks Menjadi Bicara

Anda dapat mengunduh versi portabel sebagai percobaan sebelum menginstalnya di sistem Anda.

Portable Version Size 9,9 MB

2 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.