Berhasil Cara Cepat Copy Data Table dari Web ke Google Sheet

Bagi Anda yang bekerja sebagai Admin yang mendapatkan tugas untuk mencopy data tabel dalam dari sebuah web. Atau bagi mahasiswa atau siswa yang memiliki tugas untuk mengumpulkan banyak data tabel dari website. Maka Anda perlu mengikuti tips berikut.

Pada umumnya bila kita ingin mengcopy data tabel dari sebuah website biasanya akan dilakukan secara manual dengan memblok data lalu klik copy. Namun, jika Anda menggunakan spredsheet ada trik mudah agar proses copy data lebih mudah dan cepat.

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah untuk mengcopy data table dari sebuah web ke Google Spreadsheet:

Cara Copy Data Table ke Google Spreadsheet

Pertama, silahkan copy alamat URL dari website yang terdapat data table yang ingin di copy.

Kemudian, buka google spreadsheet Anda.

Pada lembar kerja, ketikkan =IMPORTHTML(“ Paste alamat URL”;”Table”), lalu tekan ENTER.

Sebagai  contoh ketikkan =IMPORTHTML(https://ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/Pages/Daftar-Alamat-Kantor-Pusat-Bank-Umum-Dan-Syariah.aspx;”Table”). ENTER

Silahkan tunggu beberapa detik, maka secara otomatis tabel yang terdapat di web tadi secara otomatis telah tercopy paste di lembar google spreadsheet.

BACA JUGA:  Cara Copy Tabel Excel Tanpa Mengubah Bentuk Tabel

Sebagai catatan, untuk tanda penghubung yang digunakan di spreadsheet, bergantung pada tanda penghubung yang berlaku di spreadsheet. Ada yang menggunakan “;” ada juga yang hanya tanda koma “,”. Jadi pastikan penggunaan tanda penghubung yang tepat.

Dengan menggunakan langkah ini, maka Anda dapat dengan cepat mengambil data tabel dari website tertentu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Check Also

Cara Memindahkan File Spreadsheet ke Folder lain

Bagi Anda pengguna spreadsheet pasti telah mengetahui bahwa file spreadsheet yang digunakan akan secara otomatis …

close