Bitrate Video yang Bagus untuk Youtube Perlu Kalian Coba

Jika kaian pemula di dunia youtube jangan sepelekan bitrate, berikut ini bitrate video yang bagus untuk youtube.

Bagus atu tidaknya kualitas video setelah diupload ke youtube salah satunya adalah bitrate video. Bitrate adalah banyaknya bit yang diproses di tiap detiknya pada sebuah file video ketika video tersebut diputar, satuan bitrate adalah kilobit per detik (Kbps) atau Megabit per detik (Mbps).

Semakin tinggi bitrate video maka kualitasnya semakin bagus (tidak buram) saat diuptar di youtube, namun penggunaan kuota internet untuk memutar video tersebut semakin besar pula.

BACA JUGA:  Rahasia Cara agar video di halaman 1 (pertama) di YouTube

Pihak google memberikan standar bitrate untuk video sebelum diupload ke youtube, Baca: https://support.google.com/youtube/answer/1722171?hl=id

bitrate video yang bagus

Google memberikan 2 standar bitrate yaitu SDR & HDR. SDR ukuran bitrate lebih kecil daripada HDR namun kualitas HDR lebih bagus. Sebagai contoh jika kalian ingin mempunyai video HDR dengan resolusi 1080p dengan FPS 60 maka bitrate yang dipakai adalah 15 Mbps. Lalu bagimanakah cara setting bitrate video?

Cara Setting Bitrate Video saat Export Video Youtube 

Saya menggunakan software edit video Filmora, jika kalian menggunakan software lain bisa disesuaikan terutama pada menu setting videonya. Pilih tombol EXPORT -> SETTINGS di filmora.

setting bitrate video youtube

Kemudian ubah pada frame rate (FPS) dan Bitrate sesuai dengan tabel rekomendasi dari youtube. Setelah itu silahkan kalian render videonya dan upload ke youtube.

BACA JUGA:  Cara Melihat dan Copy Link Youtube di HP Android

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.