Cara Aktivasi Permanen Windows 10 RTM

Meskipun secara resmi Windows 10 RTM akan rilis 29 Juli tetapi para peserta program insider sudah mendapatkan update Windows RTM build 10240. Lalu, bagaimana dengan aktivasinya? Apakah masih membutuhkan key? Jawabannya iya dan tidak. Satu kondisi akan membutuhkan key, kondisi lainnya tidak.

Seperti yang dijanjikan bahwa upgrade ke Windows 10 dari Windows 7 dan 8 akan gratis tentu saja aktivasinya tidaklah begitu sulit. Anda bisa menekan tombol Skip saat instalasi jika Anda ingin memasukkan key belakangan.

Aktivasi Windows 10 RTM yang TIDAK membutuhkan product key

Aktivasi tidak membutuhkan key Windows 10 RTM jika memenuhi persyaratan berikut:

  • Windows 7 SP1 dan Windows 8/8.1 sudah diaktivasi permanen (legal tentunya, bukan bajakan) dan kemudian melakukan upgrade ke Windows 10 RTM.
  • Upgrade ke Windows 10 RTM dilakukan dalam rentang masa satu tahun sejak Windows 10 RTM rilis.
  • Fresh install alias instal ulang Windows 10 RTM pada mesin/perangkat yang sudah melakukan upgrade dan teraktivasi.
BACA JUGA:  Cara Download Official ISO Windows 10

Jadi, jika sekarang Anda memiliki Windows 7 SP1 atau Windows 8/8.1 yang sudah teraktivasi kemudian melakukan upgrade maka Anda tidak memerlukan product key saat upgrade ke Windows 10 RTM nanti. Windows sudah mencatat ID komputer/laptop Anda dan aktivasi Windows 10 RTM otomatis setelah PC Anda terhubung ke internet.

Jika Anda telah melakukan upgrade ke Windows 10 RTM dan Windows 10 RTM tersebut telah teraktivasi maka saat instal ulang/clean install/fresh install Windows 10 RTM nanti tidak akan membutuhkan product key. Memang pada saat proses instalasi kolom isian untuk memasukkan product key tetap muncul, tetapi Anda dapat mengabaikannya. Nanti, setelah instalasi Windows 10 selesai silahkan sambung PC ke internet, aktivasi akan berjalan otomatis.

Baca juga: Cara upgrade windows 7 dan 8 ke Windows 10

Aktivasi Windows 10 RTM yang membutuhkan product key

Jika sekarang Anda memiliki Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang sudah teraktivasi permanen TETAPI tidak pernah melakukan upgrade kemudian langsung melakukan clean install maka kondisi ini mengharuskan Anda memasukkan product key saat aktivasi.

BACA JUGA:  Windows 10 RTM akan Final minggu ini

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur melakukan clean install tanpa pernah melakukan upgrade sebelumnya?

Caranya mudah, instal kembali Windows 7/8 Anda, kemudian lakukan aktivasi. Setelah itu lakukan upgrade dan barulah Anda clean install Windows 10 RTM.

Perintah berikut digunakan untuk mengecek status aktivasi, ketik pada Command Prompt Admin:

slmgr.vbs -XPR

Jika berhasil Anda akan melihat jendela berikut.

KMS manual aktivasi Windows 10 RTM

Download Windows 10 RTM Build 10240

Update: Pada Widows 10 Build 10586 (versi 1511) sudah bisa aktivasi langsung menggunakan key Windows 7 atau 8 original.

Jadi jika Anda memiliki Windows 7 dan Windows 8 original (aseli) Anda dapat menggunakannya untuk aktivasi langsung Windows 10. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik Acion Center.
  2. Klik All settings.
  3. Klik Update & security
  4. Klik Activation
  5. Klik Change product key
  6. Masukkan product key Windows 7 atau Windows 8 Anda pada kolom tersedia.

Lakukan ini dengan online.

Sekian.

17 comments

    1. Seharusnya permanen karena key tersebut resmi dari Microsoft. Tetapi Fajar bisa coba cara lain, yaitu menginstal Windows 7 atau Windows 8 kemudian aktivasi permanen online atau via skype (http://itpoin.com/cara-aktivasi-windows-8-via-skype/). Kini semua Windows 7 dan 8 yang teraktivasi permanen (tidak menggunakan aktivator) dapat penawaran gratis upgrade ke Windows 10 full version bukan trial, silahkan baca: http://itpoin.com/windows-10-full-version-gratis-sudah-bisa-dipesan/.

    1. Permanen jika:
      – Upgrade dari Windows 7 atau 8 yang sudah aktivasi permanen, atau
      – Upgrade dari Windows 10 Insider yang sudah aktivasi permanen (gratis), dan
      – Install baru Windows 10.

    1. dari info yang kami dapat saat ini edisi Windows 10 yang resmi adalah

          Windows 10 Home
          Windows 10 Professional
          Windows 10 Enterprise
          Windows 10 Education
          Windows 10 Mobile
          Windows 10 Mobile Enterprise
          Windows 10 IoT Core

      klo yg bos maksud versi paktani adalah versi bajakan maaf banget kami dari tim ITPoIn* no comment
      🙂
      salam

  1. saya sudah instal terlebih dahulu windows 10 home, dan telah mengikuti tutor diatas dengan cara upgrade, tapi kok tetap tidak bisa teraktivikasi dan saya lihat di tutor diatas kalau yang lewat CMD kok ga ada key untuk windows 10 home…

  2. ask newbie
    sblmnya win sy win7 genuine, dan coba upgrade win 10 dgn flasdisk dan berhasil, stlh bbrapa bln sy tdk knjung dpt key actvtor,
    sy googling2 sampe win 10 sy aktiv tp tdk prmanen (donlot app bla bla bla) dan apes nya sy blm backup win 7 saya.
    smpe skrg win 10 sy blm aktiv stlah upgrde ke build (update terbaru dr windows update minggu lalu).
    mohon bantuannya cara agar win 10 sy bisa aktive genuine spt win 7 saya dulu.
    reply email yah..

    1. Cara agar Windows 10 Jeje aktif genuine seperti Windows 7:

      1. Instal ulang Windows 7
      2. Aktivasi Windows 7 via Skype, caranya baca di artikel Cara Aktivasi Windows 7 & 8 via Skype
      3. Setelah aktivasi lewat skype beres, silahkan upgrade ke Windows 10
      4. Windows 10 akan teraktivasi otomatis saat terkoneksi dengan internet

      Selamat mencoba.

  3. maaf min,saya mau bertanya.saya sudah aktivasi windows 8.1 via skype ,dan itu aktif permanent.jika saya ingin upgrade ke windows 10 apakah saya harus aktivasi lagi?
    terimakasih sebelumnya 🙂

    1. Tidak perlu aktivasi setelah upgrade, akan teraktiavsi otomatis. Catatan, tidak semua versi Windows 8/8.1 bisa upgrade ke Windows 10. Misalnya Windows 8.1 Enterprise tidak bisa diupgrade ke Windows 10. Untuk mengetahui Windows 8.1 (dan Windows 7) versi apa saja yang bisa upgrade ke Windows 10 silahkan baca artikel Edisi Windows 7 dan 8 yang bisa Upgrade ke Windows 10, baca juga Perbedaan Upgrade Windows 10 Menggunakan ISO dengan Windows Update Langsung.

  4. Mas, saya baru beli laptop dengan isi win 10 asli asus x455lj sudah diinstall oleh tokonya. terus setelah sy cek di rumah kayaknya ga asli krn masih ada exp date-nya sampai juli 2016 n CD nya juga tidak ada. di internet saya liat kalau asli tidak ada exp date nya. setelah sy tanya kata tokonya emang tidak ada cd nya, sudah masuk di dalam hard dics nya. apakah ini benar mas. bagaimana ini asli atau tidak. terima kasih.

    1. Windows 10 build berapa? Versi stabil (http://itpoin.com/daftar-versi-dan-build-windows-10-yang-sudah-stabil/) atau masih preview? Jika Windows 10 preview memang ada exp date-nya. Tapi kalau Windows 10 build stabil yang terinstal dan ternyata masih ada exp date-nya maka itu belum teraktivasi. Kalau masalah CD/DVD mungkin saja tidak ada karena Windows 10 bisa di download langsung baik file ISO nya atau dari Windows update. Jadi, jika toko mengatakan Windows 10 yang mereka instal asli mintalah product key nya dan jika berhasil diaktivasi maka itu Windows 10 asli tetapi jika tidak kemungkinan besar Anda di bohongi. Cara lain untuk mengecek asli atau tidak adalah pergi halaman resmi ASUS, cari laptop Anda di sana. Apakah laptop Anda memang dibundel dengan Windows 10 atau hanya freeOS. Baca juga buku manual yang ada. Lihat juga partisinya apakah ada partisi recovery, laptop yang dibundel dengan Windows asli emmiliki partisi itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.