Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP dengan Mudah dan Aman

PIN ATM adalah kode rahasia yang digunakan untuk mengakses rekening bank Anda melalui mesin ATM. PIN ATM sangat penting untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan transaksi Anda. Namun, terkadang Anda mungkin lupa atau kehilangan PIN ATM Anda. Apa yang harus Anda lakukan jika hal itu terjadi?

Tenang saja, Anda tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek PIN ATM BRI lewat HP. Cara ini sangat praktis dan aman karena Anda tidak perlu datang ke kantor cabang BRI atau menghubungi customer service. Anda hanya perlu menggunakan HP Anda yang sudah terdaftar sebagai nomor telepon yang terhubung dengan rekening BRI Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat SMS Banking

SMS Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan Anda melakukan berbagai transaksi melalui SMS. Anda bisa cek saldo, transfer, bayar tagihan, dan lain-lain. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh SMS Banking BRI adalah cek PIN ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda sudah mengaktifkan layanan SMS Banking BRI. Jika belum, Anda bisa mendaftar melalui ATM, internet banking, atau mobile banking BRI.
  2. Ketik SMS dengan format: PIN(spasi)Nomor Rekening(spasi)6 Digit PIN Baru. Contoh: PIN 1234567890 123456.
  3. Kirim SMS tersebut ke nomor 3300.
  4. Anda akan menerima SMS balasan yang berisi kode OTP (One Time Password) yang berlaku selama 5 menit.
  5. Masukkan kode OTP tersebut ke mesin ATM BRI terdekat untuk mengaktifkan PIN baru Anda.
  6. Selesai. Anda sudah berhasil cek dan mengganti PIN ATM BRI Anda.
BACA JUGA:  Link Download Software Gratis

Catatan: Biaya SMS yang dikenakan adalah Rp. 500 per SMS. Pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup untuk mengirim dan menerima SMS.

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat Mobile Banking

Mobile Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan Anda melakukan berbagai transaksi melalui aplikasi di HP Anda. Anda bisa cek saldo, transfer, bayar tagihan, dan lain-lain. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Mobile Banking BRI adalah cek PIN ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi BRI Mobile di HP Anda. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi BRI Mobile dan masukkan user ID dan password Anda.
  3. Pilih menu “Lainnya” lalu pilih “Ganti PIN ATM”.
  4. Masukkan nomor rekening dan PIN ATM lama Anda.
  5. Masukkan PIN ATM baru Anda sebanyak dua kali.
  6. Anda akan menerima SMS yang berisi kode OTP (One Time Password) yang berlaku selama 5 menit.
  7. Masukkan kode OTP tersebut ke aplikasi BRI Mobile untuk mengkonfirmasi perubahan PIN ATM Anda.
  8. Selesai. Anda sudah berhasil cek dan mengganti PIN ATM BRI Anda.

Catatan: Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk menggunakan aplikasi BRI Mobile. Jangan pernah memberitahukan user ID, password, PIN ATM, atau kode OTP Anda kepada siapa pun.

Cara Cek PIN ATM BRI Lewat Internet Banking

Internet Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan Anda melakukan berbagai transaksi melalui website di browser Anda. Anda bisa cek saldo, transfer, bayar tagihan, dan lain-lain. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Internet Banking BRI adalah cek PIN ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda sudah mendaftar dan memiliki user ID dan password untuk mengakses Internet Banking BRI. Jika belum, Anda bisa mendaftar melalui ATM, SMS Banking, atau Mobile Banking BRI.
  2. Buka website Internet Banking BRI di https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  3. Masukkan user ID dan password Anda.
  4. Pilih menu “Administrasi” lalu pilih “Ganti PIN ATM”.
  5. Masukkan nomor rekening dan PIN ATM lama Anda.
  6. Masukkan PIN ATM baru Anda sebanyak dua kali.
  7. Anda akan menerima SMS yang berisi kode OTP (One Time Password) yang berlaku selama 5 menit.
  8. Masukkan kode OTP tersebut ke website Internet Banking BRI untuk mengkonfirmasi perubahan PIN ATM Anda.
  9. Selesai. Anda sudah berhasil cek dan mengganti PIN ATM BRI Anda.
BACA JUGA:  Windows 10 Build 15031 Sudah Rilis untuk Fast Ring Insiders

Catatan: Pastikan Anda menggunakan browser yang aman dan terpercaya untuk mengakses Internet Banking BRI. Jangan pernah memberitahukan user ID, password, PIN ATM, atau kode OTP Anda kepada siapa pun.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek PIN ATM BRI lewat HP. Cara ini sangat mudah dan aman karena Anda tidak perlu datang ke kantor cabang BRI atau menghubungi customer service. Anda hanya perlu menggunakan HP Anda yang sudah terdaftar sebagai nomor telepon yang terhubung dengan rekening BRI Anda. Anda juga bisa mengganti PIN ATM Anda jika Anda merasa perlu. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Check Also

Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus

Messenger adalah salah satu aplikasi pesan populer yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. …

close