Cara Disable-Enable Windows Defender Windows 8.1

Hingga kini, entah mengapa saya masih belum mengandalkan Windows Defender sebagai pelindung tunggal dan tulang punggung OS Windows. Bagaimana dengan Anda?

Windows Defender ini sama dengan Microsoft Security Essentials yaitu perangkat lunak anti virus buatan Microsoft yang memberikan “perlindungan dasar”untuk Windows 7, Vista dan, XP, ya hanya perlindungan dasar. Keduanya sama saja bagi saya tidak bisa diandalkan sebagai pelindung utama Windows dari virus dan kejahatan internet lainnya. Solusinya adalah menggunakan anti virus yang terkenal seperti Bitdefender, ESET, atau Kaspersky, dsb. Jika Anda menggunakan anti virus maka mungkin Anda perlu disable Windows Defender agar menghemat resources komputer kita.

BACA JUGA:  Cara Mengambil Screenshot di Windows 8.1 Tanpa Software Tambahan

Beberapa anti virus akan otomatis men-disable Windows Defender, contohnya Bitdefender. Jadi anda tidak perlu repot-repot men-disable lagi. Sedangkan anti virus lain tetap membiarkan Windows Defender menyala. Oleh karena itu kita perlu mematikannya (disable) secara manual. Membiarkan Windows Defender menyala padahal ada juga terpasang anti virus tentu memberatkan komputer. Apalagi reputasi Windows Defender tidak begitu bagus, bahkan dilaporkan kadang-kadang membuat browser ‘hang’.

Berikut cara Disable-Enable Windows Defender Windows 8 dan Windows 8.1.

Buka Start Screen dengan menekan tombol Windows dan langsung ketik Windows Defender atau win def.

BACA JUGA:  Cara Menentukan Jenis Akun Pengguna di Windows

Setelah terlihat aplikasi Windows Defender, silahkan di klik untuk memanggil Windows Defender. Setelah terbuka klik tab Setting lalu klik item Administrator,

Kemudian untick (hilangkan tanda centang) opsi ‘Turn on this app’.

Klik ‘Save changes’.

Selesai, Windows Defender telah dimatikan.

Namun, bila ternyata anda seorang pecinta ‘mati’ Microsoft dan menyerahkan ‘segalanya’ pada Microsoft lalu merasa sayang dan ingin menyalakan (enable) Windows Defender kembali maka anda dapat menghidupkannya kembali melalui Control PanelSystem and SecurityAction Center.

Klik tombol ‘Turn on now’ untuk menyalakan Windows Defender kembali.

Itu saja.

13 comments

    1. Sebagian besar anti-virus akan men-disable Windows Defender, salah satu alasannya adalah menghemat resources komputer, ini hal baik. Tetapi jika Iwan ingin menjalankan McAfee bersamaan dengan Windows Defender coba ikuti langkah-langkah berikut:

      Step 1
      Klik tombol Start dan ketik “services.msc” dalam kotak pencarian (bisa juga lewat kota dialog RUN). Tekan tombol “Enter” untuk melihat Windows Services yang bisa Anda kustom.

      Step 2
      Double-click item “Windows Defender” untuk membuka jendela properties. Atur “Startup type” menjadi “Automatic.”

      Step 3
      Click tombol “Start” di “Windows Defender Properties” untuk menjalankan Windows Defender. Restart computer, McAfee dan Windows Defender seharusnya berjalan saat startup.

  1. gan kalo windows defendernya ga bisa di turn on padahal ga ada antivirus lain gimana cara benerinnya? setiap di klik tombol start now trus nutup sendiri windows defendernya, al hasil tetep off

    1. Tidak ada anti-virus lain itu apakah berarti tidak pernah menginstal anti-virus sama sekali? Jika sekarang tidak ada anti-virus lain padahal sebelumnya ada maka kemungkinan uninstal tidak sempurna. Gunakan removal tool. Masing-masing anti-virus punya removal tool sendiri, contohnya Kaspersky removal Tool, Norton Removal Tool, dan selainnya. Tetapi jika tidak pernah sama sekali terinstal anti-virus coba jalankan perintah ini dari command line aka CMD: “sc start WinDefend Enable” (tanpa tanda petik).

  2. assalamualaikum gan, pertanyaan saya sama seperti agan iwan, sudah saya coba saran dari agan namun win defender tetap tutup sendiri, tetap off dan action centre security nya gk ada, saya pgn kirim gambar ssnya ke email agan, boleh minta emailnya gan?

  3. Gan mau nanya. Kok windows defender saya gak mau di non aktifkan keterangan nya begini “for your protection some setting ara managed by your security administrator”. Mohon bantuan nya gan.

  4. Klo ada ad tulisan ini “for your protection, some setting are managed by your security administrator” pas mw nonaktifkan windows defender gimana gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.