Cara Kompres PDF Maksimal 300kb, 500kb, 800kb untuk Pendaftaran CPNS

Untuk mendaftar CPNS kalian harus mempersiapkan file PDF dengan ukuran maksimal 300kb, 500kb dan 800kb. Berikut ini cara mengecilkan file PDF agar sesuai dengan persyaratan CPNS.

Cara Mengecilkan File PDF untuk Pendaftaran CPNS

Saya akan memberikan cara termudahnya kepada kalian gimana cara kompres file PDF paling cepat dan bisa dilakukan oleh siapapun. Ada 3 tahapan yaitu:

1.Merubah PDF ke JPEG

Jika file scanan kalian sudah terlanjut dalam format PDF maka kalian harus merubahnya ke format JPEG. Jika scanan kalian sudah dalam bentuk JPEG bisa skip cara pertama ini.

Untuk merubah PDF ke JPEG perlu software yang harus diinstall di komputer kalian yaitu PDF To JPG Expert (Link Download) GRATIS.

Setelah terinstall di komputer silahkan kalian buka aplikasinya, kemudian pilih tombol ADD FILE. Pilih file PDF kalian, selanjutnya untuk settingan default seperti gambar di bawah ini.

Untuk output folder silahkan default saja. Silahkan pilih CONVERT. Ok ke tahap ke-2

2. Menegcilkan ukuran file JPEG dari PDF

Untuk mengecilkan file JPEG yang berasal dari convert PDF to JPEG tadi sangat mudah, Kita gunakan web online yaitu https://compressimage.toolur.com/

BACA JUGA:  Cara Mengunci File Word Agar Tidak Berubah

Silahkan kalian upload file JPEG semuanya dengan menekan tombol CTRL dan pilih gambar. Tunggu proses upload selesai, yang perlu disetting yaitu Image Quality. Ketikkan misalnya 30% ukuran gambar akan dikecilkan, lalu klik COMPRESS IMAGE.

Kompres pdf maksimal 800kb

Pada bagian bawah akan muncul berapa ukuran file yang sudah berhasil dikompres, karena hasil kompresan saya berhasil yaitu dibawah 800kb maka saya bisa langsung klik download. Jika punya kalian hasilnya masih diatas 800kb maka kecilkan lagi persentase Image Qualitynya.

3. Menggabungkan file JPEG ke PDF

Setelah saya dapatkan hasil kompres file gambar dari 2,1 MB menjadi 655,1Kb maka file JPEG tersebut saya gabungkan kembali dan menghasilkan 1 file PDF dengan menggunakan Miscrosoft Word (Min 2007)

BACA JUGA:  Trik Mengatasi Dokumen Microsoft Word yang Rusak Tanpa Sebab

Buka MS Word kalian, pilih menu file INSERT -> PICTURE. Lalu pilih semua file JPEG yang sudah dikompres tadi.

Selanjutnya atur margin halaman word dengan pilih menu PAGE LAYOUT -> MARGINS -> CUSTOM MARGINS.

Atur semua margin 1cm, lalu OK.

Selanjutnya jika gambar ukurannya kecil silahkankalian besarkan sesuai dengan batas margin.

selanjutnya pilih menu file SAVE atau tekan CTRL S.

mengecilkan file pdf cpns

Yang perlu diperhatikan yaitu pada Save as Type ganti ke format PDF. selanjutnya pilih Minimum Size pada Optimize for. Lalu SAVE.

Maka file PDF kalian yang tadinya ukuran besar akan tersimpan dengan ukuran kecil, selamat mencoba

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.