Cara Langsung Boot ke Desktop di Windows 8.1

Windows 8 dan Windows 8.1 tidak langsung boot ke Desktop melainkan singgah terlebih dahulu di Startscreen (Metro UI). Dari Startscreen Anda dapat memilih ke Desktop dengan cara mengelik ‘Desktop tile’ (ubin Desktop atau icon Desktop). Ini adalah gaya Windows phone, seperti Anda ketahui, Microsoft menambahkan Startscreen gaya windows phone ini pada Windows 8 dan gaya ini tetap dipertahankan pada Windows 8.1. Meski banyak peengguna tidak menyukai Metro UI ini, terutama pengguna desktop tradisional, namun Microsoft tetap bersikukuh mempertahankannya. Meski bersikukuh mempertahankan Metro UI rupanya Microsoft tidak menafikan sama sekali keluhan-keluhan pengguna Windows 8. Lalu, pada Windows 8.1, Microsoft menanggapinya dengan menambahkan pilihan yang memungkinkan pengguna langsung boot ke Desktop tanpa singgah terlebih dahulu di Startscreen.

BACA JUGA:  Install dan Test Sistem Operasi (OS) Virtual di Windows Menggunakan Hyper-V

Pada artikel Fitur-fitur baru di Windows 8.1 Preview, kami telah menginformasikan sedikit cara boot langsung ke Desktop. Jadi saat pengguna telah memilih opsi langsung boot ke Desktop maka Windows 8.1 akan langsung boot ke Desktop tanpa terlebih dahulu singgah di Startscreen.

Selengkapnya Cara Langsung Boot ke Desktop di Windows 8.1 adalah sebagai berikut,

  1. Klik kanan Taskbar lalu pilih Properties.
  2. Anda akan mendapatkan jendela Taskbar and Navigation properties.
  3. Klik tab Navigation, lihat option Start screen, centang When I sign in or close all apps on a screen, go to the desktop instead of Start.
  4. Klik Apply lalu OK untuk menyimpan perubahan.
BACA JUGA:  Pengguna Windows 8 Hanya Diberi Waktu Dua Tahun untuk Kemudian Beralih ke Windows 8.1

Selamat belajar.

Check Also

5 Cara Mengunci atau “Lock” Windows 8

Saat bekerja di kantor mungkin sesekali Anda meninggalkan laptop atau PC. Anda dapat mengunci (lock) …

close