Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus

Messenger adalah salah satu aplikasi pesan populer yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Messenger memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau orang lain dengan mudah dan cepat. Anda dapat mengirim teks, gambar, video, stiker, emoji, dan bahkan panggilan suara atau video melalui Messenger.

Namun, terkadang Anda mungkin ingin menghapus pesan yang Anda kirim atau terima di Messenger. Mungkin karena Anda salah kirim, menyesal, atau khawatir tentang privasi Anda. Apakah Anda pernah mengalami hal ini? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara untuk melihat pesan Messenger yang sudah dihapus.

Jawabannya adalah, tergantung. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melihat pesan Messenger yang sudah dihapus, tetapi tidak ada yang menjamin 100% berhasil. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

Cara 1: Menggunakan Arsip Pesan

Arsip pesan adalah fitur yang disediakan oleh Messenger untuk menyimpan pesan yang tidak ingin Anda lihat di daftar percakapan Anda, tetapi masih ingin menyimpannya. Anda dapat mengarsipkan pesan dengan menekan dan menahan percakapan yang ingin Anda arsipkan, lalu pilih “Arsipkan”.

Untuk melihat pesan yang diarsipkan, Anda dapat membuka Messenger, lalu ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas. Pilih “Arsip Pesan” dan Anda akan melihat semua percakapan yang Anda arsipkan. Anda dapat membuka percakapan yang Anda inginkan dan melihat pesan yang ada di dalamnya.

Namun, cara ini hanya berlaku jika Anda mengarsipkan pesan sebelum Anda menghapusnya. Jika Anda menghapus pesan setelah Anda mengarsipkannya, maka pesan tersebut akan hilang selamanya dan Anda tidak dapat melihatnya lagi.

Cara 2: Menggunakan Backup Data

Backup data adalah proses menyimpan data penting Anda di tempat lain, seperti komputer, hard disk, atau cloud. Backup data dapat membantu Anda mengembalikan data Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kehilangan, kerusakan, atau pencurian perangkat Anda.

Untuk menggunakan backup data untuk melihat pesan Messenger yang sudah dihapus, Anda harus memiliki backup data sebelum Anda menghapus pesan tersebut. Anda juga harus menggunakan perangkat yang sama dengan backup data Anda, atau perangkat yang kompatibel dengan backup data Anda.

Ada beberapa cara untuk membuat backup data untuk Messenger, tergantung pada jenis perangkat dan sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Untuk pengguna Android, Anda dapat menggunakan fitur backup Google Drive yang disediakan oleh Messenger. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka Messenger, lalu ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas. Pilih “Cadangkan dan Pulihkan Percakapan”, lalu pilih akun Google Drive yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih untuk membackup data secara otomatis atau manual. Anda juga dapat memilih untuk membackup data saat menggunakan data seluler atau hanya saat menggunakan Wi-Fi.
  • Untuk pengguna iOS, Anda dapat menggunakan fitur backup iCloud yang disediakan oleh Messenger. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka Messenger, lalu ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas. Pilih “Cadangkan dan Pulihkan Percakapan”, lalu pilih akun iCloud yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih untuk membackup data secara otomatis atau manual. Anda juga dapat memilih untuk membackup data saat menggunakan data seluler atau hanya saat menggunakan Wi-Fi.
  • Untuk pengguna komputer, Anda dapat menggunakan fitur backup lokal yang disediakan oleh Messenger. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka Messenger di browser Anda, lalu klik ikon roda gigi di pojok kanan atas. Pilih “Pengaturan”, lalu pilih “Cadangkan dan Pulihkan Percakapan”. Anda dapat memilih untuk membackup data secara otomatis atau manual. Anda juga dapat memilih lokasi penyimpanan backup data Anda.
BACA JUGA:  2 GB Hadiah dari Google Drive untuk Anda!

Setelah Anda memiliki backup data, Anda dapat mengembalikannya dengan cara yang sama dengan cara Anda membuatnya. Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan versi Messenger yang sama atau lebih baru dengan backup data Anda. Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki pesan baru yang belum Anda backup, karena mengembalikan backup data akan menghapus semua pesan yang ada di perangkat Anda saat ini.

Namun, cara ini juga memiliki beberapa keterbatasan. Pertama, Anda harus memiliki backup data yang terbaru dan lengkap, karena jika tidak, Anda mungkin tidak dapat melihat pesan yang Anda inginkan. Kedua, Anda harus menggunakan perangkat yang sama atau kompatibel dengan backup data Anda, karena jika tidak, Anda mungkin tidak dapat mengembalikan backup data Anda. Ketiga, Anda harus bersedia menghapus semua pesan yang ada di perangkat Anda saat ini, karena mengembalikan backup data akan menghapusnya.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang yang tidak berafiliasi dengan Messenger atau Facebook. Aplikasi pihak ketiga dapat menawarkan fitur tambahan atau alternatif yang tidak disediakan oleh Messenger atau Facebook. Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat membantu Anda melihat pesan Messenger yang sudah dihapus.

BACA JUGA:  Apa itu Windows 10 Creators Update (Redstone 2)?

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di pasar, baik gratis maupun berbayar. Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang populer adalah:

  • Dr.Fone – Dr.Fone adalah aplikasi yang dapat membantu Anda memulihkan data yang hilang atau terhapus dari perangkat Android atau iOS Anda. Anda dapat menggunakan Dr.Fone untuk memindai perangkat Anda dan melihat pesan Messenger yang sudah dihapus. Anda juga dapat memilih untuk memulihkan pesan tersebut ke perangkat Anda atau menyimpannya di komputer Anda. Dr.Fone adalah aplikasi berbayar yang membutuhkan lisensi untuk menggunakannya.
  • PhoneRescue – PhoneRescue adalah aplikasi yang dapat membantu Anda memulihkan data yang hilang atau terhapus dari perangkat Android atau iOS Anda. Anda dapat menggunakan PhoneRescue untuk memindai perangkat Anda dan melihat pesan Messenger yang sudah dihapus. Anda juga dapat memilih untuk memulihkan pesan tersebut ke perangkat Anda atau menyimpannya di komputer Anda. PhoneRescue adalah aplikasi berbayar yang membutuhkan lisensi untuk menggunakannya.
  • GT Recovery – GT Recovery adalah aplikasi yang dapat membantu Anda memulihkan data yang hilang atau terhapus dari perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan GT Recovery untuk memindai perangkat Anda dan melihat pesan Messenger yang sudah dihapus. Anda juga dapat memilih untuk memulihkan pesan tersebut ke perangkat Anda atau menyimpannya di komputer Anda. GT Recovery adalah aplikasi gratis yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.

Namun, cara ini juga memiliki beberapa risiko dan tantangan. Pertama, Anda harus memercayai aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan, karena mereka mungkin mengakses data pribadi Anda tanpa izin Anda. Kedua, Anda harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga dengan hati-hati, karena mereka mungkin membutuhkan Anda untuk melakukan beberapa langkah yang rumit atau berbahaya, seperti meng-root atau jailbreak perangkat Anda. Ketiga, Anda harus memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan kompatibel dengan perangkat dan versi Messenger Anda, karena jika tidak, Anda mungkin tidak dapat melihat pesan yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melihat pesan Messenger yang sudah dihapus. Tidak ada cara yang pasti untuk melakukannya, tetapi Anda dapat mencoba beberapa cara yang telah kami jelaskan di atas. Namun, Anda harus berhati-hati dengan risiko dan keterbatasan yang mungkin ada. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Check Also

Cara Melihat Kunjungan Profil di Instagram Tanpa Aplikasi

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer di dunia. Banyak orang yang menggunakan …

close