Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul, 100% Work!

Aplikasi Whatsapp banyak dipergunakan orang karena sangat praktis dan mudah diakses. Terkadang muncul masalah seperti kontak Whatsapp tidak muncul padahal ada dalam kontak ponsel. Problem ini dalam terjadi karena masalah sistem pada Whatsapp, pengaturan pada kontak, perizinan, dan lain sebagainya. Berikut ini penjabaran tentang cara-cara mengatasi masalah kontak di Whatsapp.

Trik Mengatasi Masalah Kontak Whatsapp Tidak Muncul

1. Melakukan Reset Factory

Banyaknya aplikasi pada ponsel dapat menambah data atau file yang tidak perlu pada memori internal. Beban dapat menjadi masalah pada sistem android. Hal ini bisa juga berdampak pada sistem operasi dari aplikasi seperti Whatsapp. Oleh karena itu, dibutuhkan reset factory untuk membersihkan data-data tersembunyi. Caranya dengan masuk pengaturan lalu pilih buat cadangan & setel uang, terakhir pilih setelan pabrik.

2. Setelan pada Whatsapp

Pada pengaturan Whatsapp sudah ada menu setelan kontak. Sebelum mencoba cara lain, lakukan dahulu pengecekan pada setelan kontak. Caranya dengan masuk manu lalu pilih setting, akan ada beberapa pilihan mulai dari akun hingga bantuan. Pilih bagian kontak untuk melakukan penyetelan. Setelah itu pada pilihan show all contacts beri tanda centang. Terakhir cek apakah nama kontak sudah muncul.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Android Esensial untuk Produktivitas

3. Pemblokiran Kontak

Whatsapp menyediakan fitur untuk memblokir kontak yang dianggap spam. Memasukkan nomor ke daftar blokir akan membuat kontak tidak muncul dan tidak dapat berkirim pesan.

Cara menanganinya dengan masuk menu di Whatsapp, lalu pilih setting dan klik privacy. Lihat pada apakah ada daftar nomor pada block contact. Bila ada nomor yang ingin di buka blokirnya, lakukan unblock dengan memilih nomor yang dimaksud.

4. Perizinan Akses Kontak

Masalah perizinan mengakses kontak dapat menjadi kendala kontak Whatsapp tidak muncul. Ada sistem android terbaru yang membutuhkan pengaturan, agar aplikasi dapat mengakses kontak ponsel. Bila ini yang terjadi, maka cara mengatasinya dengan membuka setting ponsel. Lalu cari menu apps, pilih aplikasi Whatsapp. Selanjutnya pada bagian permission, aktifkan izin untuk contacts.

5. Memperbarui Kontak

BACA JUGA:  Cara Mengunci Chat (Obrolan) WA di Android

Memperbarui kontak sebenarnya dilakukan Whatsapp secara otomatis ketika menambahkan suatu kontak baru di ponsel. Tapi bisa saja ada suatu hal yang menghambat hal ini, sehingga memperbarui kontak dapat menjadi pilihan mengatasinya. Caranya sederhana, pada aplikasi Whatsapp, pilih bagian daftar kontak lalu tekan ikon berbentuk tiga titik lalu pilih perbarui.

6. Sinkronisasi Kontak Whatsapp

Kontak Whatsapp tidak muncul bisa disebabkan karena ada masalah sinkronisasi kontak dengan aplikasi Whatsapp. Cara menanganinya dengan masuk pada menu pengaturan, lalu pilih bagian akun lalu klik Whatsapp. Kemudian lakukan sinkronisasi kontak. Untuk melakukan sinkronisasi dibutuhkan koneksi internet. Bila terjadi masalah saat sinkronisasi maka gunakan koneksi wifi.

Aplikasi Whatsapp banyak digemari sebagai alat untuk berkomunikasi. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan biaya pulsa. Hanya saja, kadang ada masalah pada kontak Whatsapp. Masalah yang paling sering ada adalah kontak Whatsapp tidak muncul. Untuk mengatasinya dapat dilakukan pengaturan kontak, mengatur perizinan, melakukan pembaruan kontak, dan lain-lain.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.