Cara Mengatasi Masalah Tethering Android

Ada tiga macam tethering pada Android yaitu USB tethering, Wireless tethering, dan Bluetooth tethering. Istilah tethering mengacu pada menghubungkan sebuah perangkat ke perangkat yang lain. Contoh, seorang pengguna menghubungkan atau menyambungkan sebuah ponsel Android dengan sebuah laptop melalui USB (menggunakan kabel data), Wireless (tanpa kabel/Wi-Fi), dan Bluetooth. Tujuannya antara lain untuk memindahkan data (data transfer) dari ponsel Android ke laptop atau komputer dan begitu juga sebaliknya. Tidak hanya itu, selain berfungsi untuk transfer data, sambungan ini juga digunakan untuk tujuan lain misalnya browsing internet. Jadi, sebuah ponsel Android dapat berfungsi sebagai modem yang dapat diakses melalui laptop atau komputer. Laptop ini tersambung ke ponsel Andorid melalui USB maupun Wireless. Namun kadang-kadang sambungan ini bermasalah sehingga browsing internet dari laptop melalui ponsel modem tidak dapat dilakukan alias gagal. Bagaimana cara mengatasi masalah tethering pada Android ini?

BACA JUGA:  Cara Menambah Akun di Android

Kembali ke topik cara mengatasi masalah tethering Android. Namun sebelum itu ada baiknya kita lihat dahulu cara tethering ponsel Android ke laptop. Langkah-langkahnya adalah sebagi berikut:

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Kemudian ketuk Pengaturan lainnya
  3. Ketuk Tethering dan portable hotspot
  4. Ketuk tombol hidup Hotspot Wi-Fi portable, pilihan ini adalah untuk menggunakan ponsel sebagai modem melalui sambungan Wireless atau ponsel difungsikan sebagai Wi-Fi Hostpot. Centang Penambatan USB jika Anda menggunakan ponsel sebagai modem melalui sambungan kabel data, centang Bluetooth tethering untuk menggunakan ponsel sebagai modem melalui sambungan Bluetooh (pilih salah satu lho bukan semuanya hehe).
  5. Selamat Anda sudah bisa mengkases internet di laptop melalui ponsel.

Setelah mengetahui cara tethering Android sekarang  kita beralih ke cara mengatasi masalah tethering pada Android. Saya akan memberi dua contoh kasus kegagalan tethering Andorid yang pernah saya alami, yaitu tethering USB dan tethering Wireless. Berikut ini adalah silusinya,

  1. Android gagal tethering USB, SOLUSI-nya lepas sambungan kabel kemudian atur ponsel Android Anda, pergi ke Pengaturan, hidupkan Pilihan pengembang, lalu centang Mendebug USB. Sambungkan kabel kemudian ulangi langkah-langkah tethering yang saya berikan di atas.
  2. Android gagal tethering Wireless/Wi-Fi, kasus yang saya alami adalah tidak bisa tersambung ke HostSpot padahal sebelumnya bisa. SOLUSI-nya adalah ganti nama HotSpot termasuk passwordnya.
BACA JUGA:  Solusi Tombol Yes Tidak Aktif di UAC Windows 10, Windows 8 dan Windows 7

Mudah bukan? Semoga bermanfaat.
Sebagai catatan, saya menggunakan ponsel Samsung dengan Android versi 4.1.2. Adapun Windows yang saya gunakan adalah Windows 7 dan Windows 8.1. Tanpa memasang Samsung Kies dan Samsung USB Driver. Namun lebih baik memasang Samsung Kies atau Samsung USB Driver. Jika Anda telah memasang Samsung Kies maka tidak perlu lagi memasang Samsung USB Driver.

33 Comments

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.