Cara Mengatasi Masalah Tethering Android

Ada tiga macam tethering pada Android yaitu USB tethering, Wireless tethering, dan Bluetooth tethering. Istilah tethering mengacu pada menghubungkan sebuah perangkat ke perangkat yang lain. Contoh, seorang pengguna menghubungkan atau menyambungkan sebuah ponsel Android dengan sebuah laptop melalui USB (menggunakan kabel data), Wireless (tanpa kabel/Wi-Fi), dan Bluetooth. Tujuannya antara lain untuk memindahkan data (data transfer) dari ponsel Android ke laptop atau komputer dan begitu juga sebaliknya. Tidak hanya itu, selain berfungsi untuk transfer data, sambungan ini juga digunakan untuk tujuan lain misalnya browsing internet. Jadi, sebuah ponsel Android dapat berfungsi sebagai modem yang dapat diakses melalui laptop atau komputer. Laptop ini tersambung ke ponsel Andorid melalui USB maupun Wireless. Namun kadang-kadang sambungan ini bermasalah sehingga browsing internet dari laptop melalui ponsel modem tidak dapat dilakukan alias gagal. Bagaimana cara mengatasi masalah tethering pada Android ini?

BACA JUGA:  Cara Cek Status Barang Impor di Bea Cukai

Kembali ke topik cara mengatasi masalah tethering Android. Namun sebelum itu ada baiknya kita lihat dahulu cara tethering ponsel Android ke laptop. Langkah-langkahnya adalah sebagi berikut:

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Kemudian ketuk Pengaturan lainnya
  3. Ketuk Tethering dan portable hotspot
  4. Ketuk tombol hidup Hotspot Wi-Fi portable, pilihan ini adalah untuk menggunakan ponsel sebagai modem melalui sambungan Wireless atau ponsel difungsikan sebagai Wi-Fi Hostpot. Centang Penambatan USB jika Anda menggunakan ponsel sebagai modem melalui sambungan kabel data, centang Bluetooth tethering untuk menggunakan ponsel sebagai modem melalui sambungan Bluetooh (pilih salah satu lho bukan semuanya hehe).
  5. Selamat Anda sudah bisa mengkases internet di laptop melalui ponsel.

Setelah mengetahui cara tethering Android sekarang  kita beralih ke cara mengatasi masalah tethering pada Android. Saya akan memberi dua contoh kasus kegagalan tethering Andorid yang pernah saya alami, yaitu tethering USB dan tethering Wireless. Berikut ini adalah silusinya,

  1. Android gagal tethering USB, SOLUSI-nya lepas sambungan kabel kemudian atur ponsel Android Anda, pergi ke Pengaturan, hidupkan Pilihan pengembang, lalu centang Mendebug USB. Sambungkan kabel kemudian ulangi langkah-langkah tethering yang saya berikan di atas.
  2. Android gagal tethering Wireless/Wi-Fi, kasus yang saya alami adalah tidak bisa tersambung ke HostSpot padahal sebelumnya bisa. SOLUSI-nya adalah ganti nama HotSpot termasuk passwordnya.
BACA JUGA:  Cara Menjadikan Laptop Sebagai Wi-Fi Hotspot di Windows 8 dan Windows 7

Mudah bukan? Semoga bermanfaat.
Sebagai catatan, saya menggunakan ponsel Samsung dengan Android versi 4.1.2. Adapun Windows yang saya gunakan adalah Windows 7 dan Windows 8.1. Tanpa memasang Samsung Kies dan Samsung USB Driver. Namun lebih baik memasang Samsung Kies atau Samsung USB Driver. Jika Anda telah memasang Samsung Kies maka tidak perlu lagi memasang Samsung USB Driver.

33 comments

  1. Masalah ane gabisa tethering wifi gan,
    udah diganti nama & pasword hotspot, udah direstar segala tetep gabisa..
    tapi kalo nangkep wifi dari henpon andro lain bisa

    ada solusi lain?

  2. Masalah saya, kenapa hostpot saya tidak bisa di pake, contoh nya, teman saya mau konek in ke hospot saya, pdahal bbm udah terhubung. Tp kalo buat buka COC kok try again terus min, ada solusinya kah?

    1. Game online butuh lalu lintas data yang besar dan stabil. Kalau tidak stabil apalagi jaringan yang tersedia Edge maka game pasti sering disko (disconnect). Coba setel jaringan (Mode jaringan) ke WCDMA saja daripada mode otomatis.

  3. Mau tanya gan,
    Dengar2, hp dari luar negri tidak bisa dipakai wifi tethering di indonesia y ?
    Hanya bisa dipakai menangkap wifi, tp tidak bisa memberi..
    Itu benar atau tidak ?

    1. Saya rasa tidak benar, teknologi pada semua perangkat harus sesuai standar yang berlaku global.

  4. pak klo tethering hotspot dah enable tp nggak keluar icon hotspot wifi itu kirakira masalahnya apa ia mohon pencerahanya..

  5. pak klo tethering hotspotnya kan dah aktif tp nggak muncul icon hotspotnya itu kira kira masalahnya apa ia .. dan itu juga nggak kedetek sma device lain

    1. Saya belum pernah mengalami/bertemu masalah seperti itu, jadi saya sulit menjawabnya. Secara umum laptop hang banyak penyebabnya, mencakup kehabisan RAM karena banyak aplikasi yang berjalan, virus, aplikasi yang bentrok (misalnya memasang antivirus lebih dari satu), dll.

  6. Kenapa gan hotspot seluler selalu terputus sendiri,, harus di konekan terus tapi tetap terputus sendiri.. thanks gan..!

  7. Tanya pak.
    Apa hotspot tethering di android untuk bermain game hanya di batasi 1 pengguna saja ? Soalnya saya main game offline menggunakan hotspot, jika hanya 1 pengguna lancar. Saat ditambah 1 lagi (2 yang terhubung) langsung lag di game nya. Kadang terputus. Di coba hp lain yg jadi hotspot tetep sama masalahnya. Itu kenapa ya.? Mohon bantuan nya. Game offline ya pak bukan online.
    Terima kasih

  8. Saya menghidupkan hotspot, pas saya coba konek di laptop saya gak bisa padahal udah saya masukin passwordnya. katanya troubleshoot apalah itu, itu gimana cara mengatasinya? makasih

  9. kalau sudah menghidupkan hotspot, pas dicoba tidak bisa konek ke laptop/hp/perangkat lain padahal sudah coba cara diatas gimana mengatasinnya ya min..???

  10. Pak, wifi tethering dari hp saya bisa terhubung di hp suami saya, tapi tidak bisa konek ke internet. Kira2 bagaimana ya solusinya?
    *saya sudah coba ganti nama wifi dan pasword tp tetap tidak berhasil

  11. Permisi mas mohon bantuannya .
    Hp saya samsung s5 active sm-g870a kitkat.
    Tetheringnya tidak bisa nyala/on.
    Tapi wifinya aman aman saja gak masalah mohon solusinya mas…!

    Terima lasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.