Cara Mengetahui NISN: Panduan Lengkap untuk Siswa dan Orang Tua

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

NISN memiliki banyak fungsi dan manfaat, baik bagi siswa, orang tua, maupun pihak sekolah. Namun, tidak jarang ada siswa atau orang tua yang lupa atau tidak tahu nomor NISN mereka. Padahal, nomor ini penting untuk berbagai keperluan, seperti pendaftaran ujian nasional, bantuan operasional sekolah (BOS), beasiswa, hingga seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Lalu, bagaimana cara mengetahui NISN jika Anda lupa atau tidak tahu nomor tersebut? Tenang saja, Anda bisa mencarinya secara online dengan mudah dan cepat. Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengetahui NISN secara lengkap dan terbaru. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu NISN?

Sebelum membahas cara mengetahui NISN, mari kita pahami dulu apa itu NISN dan mengapa nomor ini penting. Menurut situs resmi NISN Kemendikbud, NISN adalah:

> Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

BACA JUGA:  Rahasia! Dapatkan Kursi Super Air Jet Paling Nyaman untuk Penerbangan Anda

Dengan kata lain, NISN adalah nomor identitas yang khusus diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah di Indonesia. Nomor ini berbeda dengan nomor induk sekolah (NIS), yang hanya berlaku di sekolah masing-masing. NISN bersifat nasional dan permanen, artinya tidak akan berubah meskipun siswa pindah sekolah atau lulus.

Fungsi dan Manfaat NISN

Lalu, apa fungsi dan manfaat dari NISN? Berikut adalah beberapa di antaranya:

– Mengidentifikasi setiap individu siswa secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
– Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.
– Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
– Sebagai syarat administrasi untuk berbagai keperluan pendidikan siswa, seperti pendaftaran ujian nasional, bantuan operasional sekolah (BOS), beasiswa, seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN), hingga verifikasi lulusan.

Cara Mengetahui NISN Secara Online

Jika Anda lupa atau tidak tahu nomor NISN Anda atau anak Anda, Anda bisa mencarinya secara online melalui situs resmi NISN Kemendikbud[^1^][1]. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka laman [nisn.data.kemdikbud.go.id](https://nisn.data.kemdikbud.go.id/) di browser Anda.
2. Klik menu Data Siswa di sebelah kiri layar.
3. Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama.
4. Masukkan nama lengkap siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung pada kolom yang tersedia.
5. Centang bagian Captcha untuk verifikasi.
6. Klik Cari Data untuk mencari informasi terkait nomor NISN.
7. Jika data sudah benar, maka data NISN akan muncul di layar.

BACA JUGA:  Windows 10 Build 15031 Sudah Rilis untuk Fast Ring Insiders

Anda juga bisa mencari NISN berdasarkan nomor induk sekolah (NIS) dengan cara yang hampir sama. Hanya saja, Anda perlu memasukkan NIS dan nama sekolah pada kolom pencarian.

Kesimpulan

NISN adalah nomor identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa. NISN memiliki banyak fungsi dan manfaat, seperti mengidentifikasi siswa secara nasional, mendukung program Dapodik, dan menjadi syarat administrasi untuk berbagai keperluan pendidikan.

Jika Anda lupa atau tidak tahu nomor NISN Anda atau anak Anda, Anda bisa mencarinya secara online melalui situs resmi NISN Kemendikbud[^1^][1]. Anda hanya perlu memasukkan nama lengkap siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung pada kolom pencarian.

Demikian artikel tentang cara mengetahui NISN yang kami buat untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang NISN. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Check Also

Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus

Messenger adalah salah satu aplikasi pesan populer yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. …

close